LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Ini Rekomendasi Penggunaan Oktan Bensin Toyota New Avanza dan New Veloz

Auto2000.co.id

PT Toyota Astra Motor (TAM) belum lama ini telah meluncurkan Toyota New Avanza yang memiliki tampilan berbeda dibandingkan dengan model sebelumnya.
Urusan jantung pacu, memang tidak mengalami ubahan, sehingga untuk rekomendasi penggunaan bahan bakar minyak (BBM) masih tetap sama seperti pendahulunya.
Sapta Agung Nugraha, Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat mengatakan, konsumen New Avanza sebaiknya selalu menggunakan BBM yang memiliki spesifikasi Research Octane Number (RON) miminal 90, lebih tinggi RON 92 lebih baik demi memberikan performa terbaik mesin.
“Jadi rekomendasi penggunaan BBM-nya masih tetap sama. Tidak ada yang berubah, karena karakter dan juga setingan mesinnya masih tetap sama dengan yang dulu, dan tentunya sangat tangguh,” ujar Sapta di Jakarta.
BACA JUGA : Begini Cara Cegah Karat Tumbuh di Bodi Mobil, Nomor 1 Deteksi Dini

Pilihan mesin sendiri, New Avanza dan New Veloz memiliki dua pilihan, yaitu 1.3-liter dan 1.5-liter, serta transmisi manual 5-speed dan otomatis 4-speed.
Kedua jantung pacu tersebut memiliki 4-silinder, 16 Valve, DOHC, dan Dual VVT-i, yang tentunya mesin tersebut terbukti tangguh dan paling penting mampu memberikan nilai efisiensi BBM yang optimal.
“Tetapi balik lagi untuk efisiensi BBM tergantung dari cara mengemudi seseorang. Secara dasar, mesin pada New Avanza dan New Veloz ini sudah ramah lingkungan dan irit,” kata Sapta.
Selain itu, kata Sapta sebaiknya jika sudah direkomendasikan untuk menggunakan BBM dengan RON di atas, sebaiknya dipatuhi oleh pemilik mobil.
BACA JUGA : Ada Gempa Bumi dan Tsunami, Lakukan 2 Tahapan Ini Untuk Menyelamatkan Diri dan Mobil Toyota Kesayangan Anda
​​​​​​​
Sebab jika pakai BBM dengan RON di bawah yang ditentukan, maka performa mesin menjadi tidak maksimal.
“Sebelum piston secara sempurna mencapai titik mati atas, sudah terjadi pembakaran, maka performa mesin pun akan menjadi tidak maksimal,” tegas Sapta.
Gejala tersebut biasa disebuat awam sebagai ngelitik karena terdengar suara tik tik tik dari dalam ruang mesin ketika mobil berakselerasi. Istilah teknisnya adalah knocking.
Selain bikin boros bensin, lambat laun komponen mesin jadi lebih cepat rusak. Sehingga, cara terbaik untuk menjaga kondisi mesin New Avanza dan New Veloz adalah menggunakan BBM dengan nilai oktan yang sesuai.

Share this article
Tanya Tasia