Ini Cara Rawat Ban Serep Mobil Toyota, Jangan Sampai Bikin Repot"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Ini Cara Rawat Ban Serep Mobil Toyota, Jangan Sampai Bikin Repot

Auto2000.co.id – Salah satu kegiatan yang sering dilupakan oleh pemilik mobil adalah merawat ban cadangan. Padahal secara fungsi cukup penting.

Apalagi dalam kondisi darurat, jika ternyata ban cadangan sedang dalam kondisi kurang baik, maka pemilik mobil akan lebih kesulitan karena tidak bisa mengganti ban yang rusak dengan ban cadangan.

Sehingga harus dipastikan bahwa ban cadangan pada mobil Anda selalu dalam kondisi yang prima, minimal bisa digunakan ketika dibutuhkan pada situasi darurat.

Deni Adrian, Kepala Bengkel Auto2000 Cibinong menjelaskan, merawat ban cadangan sangat mudah karena tidak ada perlakuan khusus.

BACA JUGA : Jangan Pakai Oli Transmisi Matik Biasa Untuk Matik CVT, Ini Alasannya

Pemilik mobil hanya diminta untuk rajin mengecek kondisi ban cadangan yang ada di bagian belakang atau kolong mobil setiap dua pekan sekali.

“Pastikan saja kondisi bannya yang utama masih layak pakai, kembanganya masih bagus, tidak mengalami masalah seperti bocor, atau tekanan udara kurang,” ungkap Deni belum lama ini di Jakarta.

Selain itu yang juga harus diperhatikan oleh pemilik mobil yaitu ketika mengisi udara dipastikan berbeda dengan ban yang dipakai di mobil.

Dalam artian tekanan udaranya dilebihkan sekitar 5 psi. Sebab, jika lama tidak digunakan dan tekanannya berkurang, tidak terlalu besar turunnya atau bahkan sampai habis total.

BACA JUGA : Bikin Kagum, Ini Beda New Avanza dan New Veloz Dari Pendahulunya

“Tekanan udara cenderung berkurang lantaran tersimpan dalam jangka waktu lama. Saat akan digunakan, tekanan udara bisa disesuaikan dengan ketiga ban yang lainnya. Ini mengurangi risiko ban serep kempes karena lama tidak terpakai,” kata Deni.

Langkah terakhir, jangan lupa juga untuk selalu membersihkan ban serep seperti mencuci atau dilap agar tetap dalam kondisi bersih.

Hal ini tentu ada fungsinya, yaitu salah satunya untuk tetap menjaga elastisitas ban selama tersimpan. Selain untuk menjaga kebersihan area penyimpanan ban cadangan.

“Hanya itu saja yang perlu diperhatikan oleh pemilik mobil dalam kegiatan melakukan perawatan pada ban cadangan. Jangan sampai hal tersebut terlupakan, karena bisa lebih repot kalau kondisi ban utama sedang bermasalah,” kata Deni.

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia