LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Ini Cara Kenali Gejala Kapan Sudah Waktunya Melakukan Spooring

Auto2000.co.id – Pengecekan kaki-kaki usai melakukan perjalanan jauh menjadi agenda penting yang wajib dilakukan pemilik mobil.

Apalagi bila medan jalan yang dilalui saat berlibur kemarin cukup beragam, mulai dari aspal mulus, sampai jalanan rusak seperti bergelombang atau berlubang.

Penting diketahui, saat mobil digunakan melintas jalan yang bergelombang atau berlubang, membuat kerja komponen penunjang roda akan semakin berat.

Kondisi tersebut memungkinkan terjadi perubahan pada sudut geometri roda yang ujungnya bisa mengurangi kenyamanan saat berkendara.

Lebih parah lagi, kalau diabaikan, putaran roda tidak akan sempurna sehingga mempengaruhi pengendalian kendaraan, sehingga bisa menimbulkan bahaya.

BACA JUGA : Waspadalah! Ini Pemicu Karat Tumbuh di Bodi Mobil Anda

Pengujian gejala paling mudah dilakukan adalah dengan berjalan pada kecepatan konstan, dan lepas tangan sebentar dari kemudi. Tentu dilakukan di tempat aman ya.

Kalau laju kendaraan perlahan tapi pasti membuang ke kanan atau ke kiri, sudah waktunya dilakukan penyetelan ulang kaki-kaki atau spooring. Gejala ini menunjukkan kalau terjadi pergeseran dudukan roda kendaraan.

Menurut Kepala Bengkel Auto2000 Cikarang Indah Yuliana, saat sudah terjadi pergeseran pada roda akibat sering melibas jalan bergelombang dan tidak rata, maka bisa menimbulkan beberapa perubahan yang membuat berkendara menjadi tidak nyaman.

“Gejala utama mobil yang membutuhkan spooring bisa dirasakan saat ada perubahan ketika mengendarainya,” terangnya.

BACA JUGA : Tidak Naik! Inilah Daftar Harga New Avanza dan New Veloz 2019

“Biasanya mobil akan terasa ngebuang atau menyimpang ke salah satu sisi, baik kanan atau kiri padahal kondisi kemudi diarahkan ke depan atau lurus,” urai Indah.

Lebih lanjut Indah menjelaskan bila kondisi ini terjadi akibat setelan toe in-out serta chamber dan caster roda telah bergeser atau berubah dari posisi standar.

Tidak hanya kemudi yang akan terasa tertarik pada satu sisi, ketika kondisi sudah parah, maka akan diikuti dengan getaran pada setir saat berkendara.

Untuk mengatasi hal ini, disarankan pemilik mobil untuk segera melakukan pengecekan di bengkel resmi Auto2000.

BACA JUGA : Begini Cara Cegah Karat Tumbuh di Bodi Mobil, Nomor 1 Deteksi Dini

Bila ternyata terjadi pergeseran, maka teknisi akan menyarankan pemilik mobil untuk segera melakukan proses spooring guna mengembalikan kembali posisi roda.

Indah menjelaskan bila sebenarnya spooring menjadi bagian dari salah perawatan akibat pemilik tidak rutin melakukan servis berkala, dan bukan hanya ketika usai menempuh perjalanan jauh.

Karena dengan rutin melakukan spooring, sudut keselarasan roda akan selalu terjaga dan mobil terasa nyaman saat dikendalikan. Ini juga sebagai langkah awal untuk melihat kondisi kaki-kaki mobil.

“Dalam proses spooring biasanya kedua roda depan yang akan diluruskan dan diatur kembali sesuai dengan standar,” jelas Indah

“Proses spooring sebaiknya dilakukan secara periodik atau wajib usai mengganti ban baru, dengan begitu kemudi akan tetap stabil karena tidak hanya berpengaruh pada kenyaman tapi juga keselamatan,” tutupnya.

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia