Ini Beda Transmisi CVT dan Matik Konvensional Biasa"/>
Cancel

Ini Beda Transmisi CVT dan Matik Konvensional Biasa

Auto2000.co.id – Meski sudah cukup banyak populasinya, ternyata sampai saat ini masih banyak pemilik mobil yang bingung membedakan antara transmisi otomatis konvensional dengan continous variable transmission (CVT).

Bicara teknologi, sejatinya CVT dengan sabuk baju lebih modern dibandingkan matik konvensional yang kerap disingkat menjadi AT.

Tetapi, transmisi AT masih tetap menjadi andalan pada sejumlah mobil baru. Satu hal yang perlu diingat, walau sama-sama otomatis dan tak perlu injak pedal kopling, namun secara teknologi keduanya sangat berbeda.

Perbedaan paling mendasar menurut Suparman, selaku Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso, dari cara kerjanya. Transmisi otomatis versi konvensional sistem perpindahan gigi menggunakan planetary gear set.

BACA JUGA : Apa itu Aquaplaning Yang Bikin Mobil Kecelakaan Terbalik di Jalan Tol?

Sementara untuk transmisi CVT, proses perpindahan tersebut dihasilkan dari perubahan diameter sepasang puli atau dikenal dengan drive dan driven pulley yang mengikuti putaran mesin mobil.

“Sistem kerja transmisi CVT sudah menggunakan puli yang dihubungkan oleh belt atau sabuk baja. Dampaknya, kerja CVT lebih senyap dan tiap perpindahan gigi yang dihasilkan lebih halus atau bisa dibilang minim entakan,” ujar Suparman.

Tiap puli pada transmisi CVT bekerja dengan didorong oleh sistem pompa fluida, kondisi tersebut membuat beban kerja mesin jauh lebih ringan.

Karena kelebihan tersebut, transmisi CVT pun diklaim punya sensasi perpindahan level kecepatan yang lebih smooth dan nyaman.

BACA JUGA : Sambut Tahun Baru Imlek, Auto2000 Punya Banyak Program Promo Memikat

Untuk transmisi otomatis konvensional sistematikanya menggunakan torque converter yang berguna sebagai pengganti perangkat kopling pada transmisi manual.

Torque converter bekerja dengan memanfaatkan tekanan oli dari valve body yang menggerakkan input shaft dari transmisi otomatis yang berguna untuk menggerakkan mobil.

Menurut Suparman, biasanya mobil yang menggunakan transmisi matik konvensional Toyota memiliki sistem empat percepatan atau 4-speed. Pilihan percepatanya terdiri dari gigi 1, 2, 3, 4, dan gigi mundur.

Sementara untuk CVT, seiring dengan kemajuan teknologi ikut mengalamai perkembangan. Bila dulu penerapannya tak berbeda jauh seperti transmisi matik konvensional, kini sudah banyak dikembangkan.

BACA JUGA : Waspadalah, Ini Sebab dan Cara Mengatasi Aquaplaning

Seperti pengoperasian dua mode, yakni otomatis dan manual, sampai disematkan fitur paddle shift yang memberikan pengendara sensasi memindahkan transmisi hanya dengan sentuhan jari.

CVT sendiri bukan teknologi baru bagi deretan produk Toyota, transmisi jenis ini sudah diterapkan para New Yaris. Bahkan sudah lengkap dengan fitur paddle shift yang siap memberikan sensasi baru bagi pengendaranya.

“Memang secara teknologi, CVT lebih advance dibandingkan otomatis konvensional,” jelas Suparman.

“Dari sisi kenyamanan, CVT menawarkan kehalusan, sedangkan untuk matik biasa masih terasa entakan, tapi dari sisi konsumsi bahan bakar tidak ada bedanya” tutupnya.

Auto2000

Share this article
Avatar

Auto2000 Digiroom

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang tersebar di seluruh Indonesia.

Temui kami di Media Sosial
Promosi Lainnya
Tukar Tambah Mobil Toyota Innova Zenix Hybrid Terbaru
Halo AutoFamily!

Yuk, tukar tambah mobil Toyota AutoFamily menjadi Toyota Innova Zenix Hybrid terbaru di Auto2000!
Segera nikmati berbagai benefit eksklusif dari program tukar tambah mobil Toyota ini mulai dari voucher travel gift dan road trip kit, voucher bahan bakar, hingga uang elektronik dengan total benefit hingga Rp 4.1 Juta loh!

Nikmati juga benefit berupa AstraPay hingga Rp 2 Juta untuk seluruh program tukar tambah/ Trade In Innova Zenix Hybrid. Jadi tunggu apa lagi? Segera klik button di bawah ini dan nikmati berbagai keuntungan Tukar Tambah hanya di Auto2000 Digiroom.

It’s time to Trade in, It’s time to #AutoHybrid

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.

01 Desember 2022
Cicilan Ringan Mobil Toyota Avanza
Halo AutoFamily! sssst… ane punya kabar baik nih, kalau sekarang ada promo khusus untuk AutoFamily yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya loh!

Cicilan Ringan Toyota Avanza siap membuat hari hari mu lebih seru dengan cicilan mulai dari Rp 4,4 Jutaan saja. Dengan desain baru yang modern dan mengusung platform baru yang membuat kenyaman dan kehandalan pengendalian menjadi lebih unggul. All New Toyota Avanza juga hadir dengan fitur keamanan yang canggih yang termasuk dalam sistem Toyota Safety Sense (TSS) yang membuat perjalanan lebih aman dan nyaman.

Promonya tidak berhenti sampai situ loh! AutoFamily wilayah Jakarta bisa mendapatkan perawatan mobil menyeluruh dengan Free biaya Jasa Servis dan Suku Cadang salama 3 tahun atau 60.000 KM dan Extended Warranty untuk setiap On Time Service.*

Tunggu apalagi? dapatkan yuk Cicilan Ringan Toyota Avanza dari Program hanya di Digiroom!

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.

*syarat dan ketentuan berlaku
01 November 2022
Cicilan Ringan untuk Mobil Baru Toyota DKI Jakarta
Hai AutoFamily!

Wujudkan impian untuk memiliki mobil idaman dengan program Cicilan Ringan. Karena dengan cicilan mulai dari Rp 3 Jutaan, sekarang sudah bisa membawa pulan Toyota idaman dari Auto2000.

Ini dia beberapa model yang bisa di bawa pulang dengan Paket Kredit Cicilan Ringan:
Toyota Agya: Cicilan mulai dari Rp 3 Jutaan*
Toyota Calya: Cicilan mulai dari Rp 3 Jutaan*
Toyota Rush: Cicilan mulai dari Rp 3.9 Jutaan*
Toyota Yaris: Cicilan mulai dari Rp 4.1 Jutaan*
Toyota All New Avanza: Cicilan mulai dari Rp 4.4 Jutaan*

Dapatkan juga perawatan mobil menyeluruh dengan Free biaya Jasa Servis dan Suku Cadang salama 3 tahun atau 60.000 KM dan Extended Warranty untuk setiap On Time Service untuk tipe mobil tertentu.*

Tunggu apa lagi? Dapatkan Toyota impian dengan isi formulir di bawah untuk dapatkan penawaran terbaik.*

*syarat dan ketentuan berlaku

01 Desember 2022
Promo Servis Toyota Akhir Tahun di Auto2000
Hai AutoFamily!

Kejutan servis Toyota di akhir tahun belum berakhir! Nikmati perjalanan yang lebih seru dan aman dengan mobil yang prima menggunakan Promo Hari Servis Online Nasional Akhir Tahun.

Nikmati diskon Jasa Servis hingga 20% dan Suku Cadang 10% untuk General Repair (GR) di bengkel dan THS Auto2000 Home Service. Selain itu, dapatkan juga diskon hingga Rp 300 ribu untuk pengerjaan Body & Paint di seluruh bengkel Body and Paint Auto2000.*

Segera dapatkan berbagai diskon servis di akhir tahun dengan cara berikut ini:
- Klik button di bawah ini dan dapatkan diskon booking layanan body & paint,
- Melakukan pengisian form untuk mendapatkan potongan jasa dan servis untuk Servis Bengkel dan THS.

Tunggu apalagi? Segera siapkan Toyotamu untuk perjalanan bersama keluarga dan nikmati kejutan diskonnya.


Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom

01 November 2022
More News
digiroom
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF