Gak Perlu Bingung Atasi Kunci Kontak Yang Tidak Mau Berputar Ini Caranya"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Gak Perlu Bingung Atasi Kunci Kontak Yang Tidak Mau Berputar Ini Caranya

Lebih sering dari yang Anda duga, kunci kontak yang tidak mau diputar bisa membuat Anda frustasi dan membuang waktu. Ada beberapa alasan penyebab kunci kontak tidak mau diputar, dan beberapa di antaranya tergantung pada jenis mobil Anda, atau situasi disaat kunci tidak mau diputar. Namun, ada beberapa cara untuk mengatasi masalah ini, yang patut dicoba.

1.    Sebelum mencoba apapun, periksa apakah rem tangan sedang aktif. Dilakukan agar mobil tidak berjalan sendiri saat Anda mengutak-atik kunci.

2.    Tekan kunci dan putar sedikit setir ke kiri dan kanan, untuk mencari celah bebas agar kunci dapat berputar. Alasan paling umum bagi kunci yang tidak mau diputar pada mobil-mobil modern adalah, biasanya kunci setir sedang dalam posisi terkunci erat. Saat hal ini terjadi, Anda harus berusaha memutar kunci dengan lebih kuat, sambil coba goyang-goyangkan setir.

3.    Jika Anda memiliki mobil bertransmisi otomatis, periksa apakah tuas persneling berada dalam posisi P. Beberapa mobil akan mencegah kunci kontak bisa diputar bila persneling tidak berada pada posisi P atau N, demi keamanan. Hal ini bisa terlewat jika Anda sedang terburu-buru.

4.    Bersihkan dan lumasi silinjder kunci. Semprotkan secukupnya dengan menggunakan cairan pembersih kontak elektrik untuk membersihkannya dari kotoran, diikuti dengan semprotan silikon, atau teteskan sedikit cairan grafit cair, untuk melumasinya. Berhati-hatilah jangan sampai mengotori karpet. Biarkan sirkulasi udara mengalir bebas, dan hindari timbulnya api. Setelah Anda selesai melumasinya, coba kembali.

5.    Pada beberapa jenis silinder kunci, selongsong mungkin berada pada posisi terkunci, dan pernya tidak mampu mendorongnya kembali untuk membebaskan selongsong dari kuncian.

6.    Periksa anak kuncinya. Letakkan pada permukaan yang datar dan keras, periksa apakah kunci terletak dengan datar sempurna atau ada bagian yang bengkok. Jika terlihat bengkok, segeralah melakukan pemesanan kunci baru di bengkel resmi Toyota Auto2000 terdekat.

Selamat mencoba

(Mitha Purnama Dewi)

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia