Cancel

Inilah 3 Ciri-ciri Relay Starter Mobil Rusak

Ciri-ciri relay starter mobil rusak yang paling mudah untuk AutoFamily kenali adalah ketika kunci kontak sudah diputar, yang terjadi hanyalah starter berbunyi cetak-cetek atau dinamo starter tidak mau berputar untuk menghidupkan mesin. Inilah alasan yang paling memungkinkan adanya indikasi kerusakan pada ciri-ciri relay starter mobil rusak. 

Relay starter adalah komponen penting pada sistem mesin kendaraan dengan fungsi sebagai pengaman sekaligus saklar elektromagnetik. Komponen yang termasuk sistem kelistrikan ini kemudian akan mengaktifkan dinamo starter untuk membuat mesin menyala.

Memahami Ciri-Ciri Relay Starter Mobil Rusak

Makanya, jika relay starter rusak, ciri utamanya adalah mesin mobil tidak bisa menyala dan kendaraan tidak bisa hidup. Mari bahas lebih lanjut mengenai ciri relay starter mobil rusak. 

1. Tidak Ada Reaksi pada Dinamo Starter

Sebagai komponen yang bertanggung jawab untuk menyalakan dinamo starter pada mobil, maka salah satu ciri-ciri relay starter mobil rusak adalah tidak adanya reaksi pada dinamo.

Bahkan saat AutoFamily sudah memutar kunci kontak ke arah starter atau menekan tombol start stop engine, tidak ada tanda-tanda mesin akan menyala. 

Menariknya, Anda akan tetap dapat melihat panel-panel pada dashboard kendaraan menyala dengan normal. Namun, mesin kendaraan tidak akan bisa menyala dan hanya menimbulkan bunyi cetak-cetek. Kalau sudah begitu kondisinya, maka bisa dipastikan yang bermasalah adalah bagian relay starter. 

Baca juga: Mengintip Biaya Servis Mobil Toyota

2. Bodi Relay Starter Hitam Menggembung

Kalau tadi ciri-ciri relay starter mobil rusak bisa diketahui dari luar, ditandai dengan mesin yang tidak mau menyala, maka ciri satu ini mengharuskan Anda membongkar kotak relay di dalam mesin mobil. Agar bisa tahu apakah benar penyebab mesin mobil tidak bisa menyala adalah relay-nya, maka Anda bisa cek komponen tersebut.

Saat Anda mengecek bagian permesinan kendaraan, coba lihat pada relay yang mirip dengan saklar atau sekring berbentuk kotak. Bila Anda menemukan komponen tersebut berwarna hitam, dengan bentuk bodi yang menggembung seolah habis terbakar, maka itu tandanya relay rusak. 

Kondisi bodi relay menggelembung dan hitam biasanya disebabkan oleh komponen di dalamnya rusak karena panas berlebih. Makanya, tidak heran kalau bentuknya jadi mirip benda habis terbakar. 

DAPATKAN MOBIL IMPIAN TOYOTA NEW ALPHARD DI AUTO2000

3. Tidak Ada Sambungan Arus Listrik

Ciri-ciri relay starter mobil rusak yang paling kentara dan meyakinkan adalah tidak adanya sambungan arus listrik.

Mengingat relay adalah salah satu sistem kelistrikan dalam mesin mobil, maka apabila tidak ada listrik sudah pasti komponen tersebut rusak. Untuk memastikannya, Anda butuh ohm meter dalam mengetahui sambungan listrik. 

Di dalam relay starter terdapat terminal dan lilitan yang menghantarkan arus listrik. Terminal 85 dan 86 yang bentuknya kumparan/lilitan terhubung dengan kunci kontak.

Sedangkan, terminal 87 terhubung dengan solenoid starter dan terminal 30 terhubung dengan aki mobil. Apabila saat diukur dengan ohm meter terminal 85 dan 86 tidak saling terhubung, maka relay starter sudah rusak.

Namun, bila keduanya terhubung, maka pemeriksaan lanjutan dengan cara memberikan arus listrik bisa dilakukan. 

​​​​​Baca Juga: Penyebab Starter Nyala Tapi Mesin Tak Hidup

Untuk memastikan dengan tepat ciri-ciri relay starter mobil rusak, Anda perlu bantuan profesional. Sebab, tidak semua orang paham dengan sistem kelistrikan mobil, termasuk pula bagian-bagian mesin. 

Agar mobil Toyota Anda segera terbebas dari masalah relay, kunjungilah Auto2000 Digiroom sekarang juga. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk membawa mobil ke bengkel, silakan lakukan booking layanan THS-Auto2000 Home Service melalui website atau aplikasi Auto2000 Mobile kami.

Kunjungi Dealer Toyota sekarang juga dan dapatkan berbagai Promo Dealer Mobil Toyota terbaru untuk berbagai jenis layanan purna jual Auto2000. Anda bisa jadwalkan kunjungan di sini.

Share this article
Avatar

Auto2000 Digiroom

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang tersebar di seluruh Indonesia.

Temui kami di Media Sosial
Promosi Lainnya
Mobil Aman Tetap Prima dengan Promo Mantap
Hai AutoFamily!

Mobil lebih awet dan prima dengan promo Mobil Aman Tetap Prima dari Auto2000. Dapatkan diskon 10% untuk pembelian TMO Injector Cleaner melalui Auto2000 Digiroom. Dapatkan juga berbagai diskon suku cadang dan aksesoris hingga 30% selama bulan September ini.

Tunggu apa lagi? Dapatkan promo mantap dengan klik button di bawah ini.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.
01 September 2022
Promo September Ceria Bersama THS
Hai AutoFamily!

Servis mobil yang profesional dan terjamin seringkali sulit ditemukan dilokasi anda. Jangan khawatir, servis Toyota yang profesional, lengkap bahkan tanpa biaya kunjungan kini hadir di manapun lokasi Auto Family dengan layanan THS dari Auto2000.

Nikmati mudahnya servis dari lokasi Anda dengan program September Ceria bersama THS dari Auto2000. Dapatkan TMO Cabin Disinfectant secara Gratis untuk setiap Servis Berkala & ganti oli selama bulan September 2022. Selain itu AutoFamily juga masih bisa menggunakan fasilitas Free Check Up kendaraan via THS selama program ini berlangsung.

Yuk booking THS sekarang dan dapatkan promonya!
01 September 2022
Promo - Pengecekan Komponen Toyota Bali
Hai AutoFamily Bali!

Tak hanya kesehatan tubuh, kesehatan Toyota AutoFamily juga perlu dijaga lho agar selalu prima!

Beberapa komponen Toyota seperti aki (battery), kopling, shock absorber dan ban memiliki peran yang cukup vital. Dengan menyepelekan perawatan keempatnya akan merugikan diri sendiri lho!

Yuk, lakukan pengecekan komponen Toyota AutoFamily sekarang juga! Tersedia pengecekan GRATIS dan diskon part hingga 700 Ribu* loh.

Tunggu apalagi? Yuk, segera isi formulir di bawah ini dan tim Auto2000 akan segera menghubungi Anda untuk pengecekan komponen Toyotamu.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.
*Syarat dan ketentuan berlaku
12 September 2022
Hemat servisnya banyak untungnya
Jangan sampai ketinggalan perawatan hemat kendaraanmu dengan promo-promo istimewa bulan ini. Dapatkan diskon hingga 30% untuk jasa dan 15% untuk Sparepart saat melakukan pemesanan berbagai layanan servis di program Auto Sehat Hemat Servisnya, Banyak Untungnya. Dapatkan juga Oli TMO Synthetic secara Gratis setiap pemesanan servis berkala dan THS dengan menggunakan kode promo.*

Ini dia beberapa paket servis (kode promo) yang bisa AutoFamily gunakan:
- SEHATOLI → Free 1L Oli TMO Synthetic senilai Rp 101.000 untuk Pemesanan Servis Berkala atau pekerjaan Ganti Oli.
- SEHATKOPLING → Diskon Jasa 30% dan Part 15% untuk Pekerjaan Ganti Kopling.
- SEHATSHOCK → Diskon Jasa 30% dan Part 15% untuk Pekerjaan Ganti Shock Abs.
- SEHATAKI → Diskon Jasa 30% dan Part 10% untuk Pekerjaan Ganti Aki.
- SEHATBAN → Diskon Ban 10% untuk Pekerjaan Ganti Ban.
- SEHATBRAKE → Diskon Jasa 30% dan diskon Part 10% untuk Brake Pad dan Brake Shoe (Non-Servis Berkala).

Promo ini dapat didapatkan melalui :
1. Pemesanan melalui Website Auto2000 Digiroom, dengan mengisi form di bawah ini.


Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.
*Syarat dan ketentuan berlaku
01 Agustus 2022
Tanya TasiaBackground Lazy GIF