Cancel

4 Fungsi Tie Rod pada Sistem Kemudi Mobil

Fungsi tie rod pada umumnya untuk menjaga keseimbangan pada mobil. Komponen tie rod ini berhubungan dengan sistem kemudi mobil. Tanpa adanya tie rod, mobil mustahil berjalan stabil, bahkan sulit dikendalikan.

Tie rod terletak di antara steering gearbox dan cakram roda depan. Untuk bentuknya, tie rod mengikuti sistem kemudi yang digunakan mobil. Artikel ini akan membahas tentang fungsi tie rod pada sistem kemudi mobil. Mari simak bersama penjelasannya berikut. ini.


1. Menghubungkan steering gearbox dan cakram roda 


Fungsi tie rod yang pertama adalah sebagai penghubung antara steering gearbox dengan cakram roda (wheel knuckle), tepatnya rem cakram roda bagian depan mobil. Alhasil, gerak roda mobil pun dapat selaras dengan putaran kemudi.

Pada mobil yang menerapkan sistem kemudi steering rack, terdapat dua tipe tie rod yang digunakan, long tie rod serta tie rod end. 

Long tie rod dipasang pada belahan ujung steering gearbox, sedangkan tie rod end dipasang pada cakram roda. Keduanya saling terhubung agar roda dapat dikendalikan dengan hanya memutar kemudi.

Baca juga: Fungsi Poros Engkol Crankshaft Mobil


2. Meneruskan putaran roda kemudi


Fungsi tie rod selanjutnya adalah meneruskan putaran roda kemudi, tepatnya ke roda depan mobil. Dengan begitu, saat Anda memutar kemudi, maka roda depan pun akan ikut bergerak. Jika kemudi bergerak ke kanan, maka roda depan pun akan bergerak ke kanan. 

Ini karena saat Anda memutar kemudi, sebenarnya gerakan tersebut akan diteruskan pada steering gearbox. Gerakan tersebut kemudian akan dikonversikan tie rod menjadi gerakan menarik atau mendorong sisi roda. Dengan begitu, roda depan dapat bergeser dan berbelok sesuai arah gerak roda kemudi.


3. Mengatur selisih toe


Selanjutnya, tie rod juga berfungsi untuk mengatur selisih toe. Toe adalah istilah yang digunakan untuk menyebut jarak antara sisi depan roda depan dengan sisi belakang roda depan saat dilihat dari atas mobil.

Pada kendaraan, toe terbagi menjadi dua, yakni toe in serta toe out. Mengapa selisih toe penting? Dengan adanya selisih toe, maka roda depan dapat berjalan stabil. Toe juga berfungsi mencegah keausan pada ban yang tidak merata.

Selisih toe dapat diatur dengan menyesuaikan sambungan antara long tie rod dan tie rod end. Caranya adalah mengatur panjang-pendek uliran di antara kedua komponen tersebut hingga mendapatkan selisih toe yang diinginkan.


4. Meredam getaran roda


Terakhir, fungsi tie rod adalah untuk meredam getaran dari roda agar tidak mencapai roda kemudi. Saat mesin dalam kondisi hidup dan mobil sedang melaju, roda akan bergerak. Gerakan roda tersebut akan menghasilkan getaran yang mungkin terasa hingga kemudi.

Untuk itu, tie rod berperan sebagai semacam ball joint (sambungan bola) yang dapat memutus gerakan naik-turun maupun ke arah kanan dan kiri dari roda.

Tepatnya, long tie rod memutus gerakan naik-turun, sedangkan tie rod end memutus gerakan ke kanan dan kiri. Dengan begitu, getaran tidak akan naik ke kemudi maupun kabin penumpang.

Keempat fungsi tie rod di atas membantu komponen ini untuk dapat mengendalikan kemudi agar tetap stabil. Dengan tie rod yang berfungsi baik, mengemudi pun terasa lebih ringan. Merasakan gangguan pada sistem kemudi Anda? Mungkin sudah saatnya untuk melakukan service. 

​​​​​​​Segera service mobil Toyota kesayangan Anda di bengkel Auto2000 terdekat. Booking service online bisa Anda lakukan melalui website dan aplikasi. Supaya lebih mudah, pastikan Anda menemukan cabang Auto2000 di sekitar wilayah Anda. 

Dapatkan berbagai promosi hingga informasi mengenai spesifikasi mobil MPV pilihan untuk Anda yaitu Toyota Kijang Innova. Hingga promo hot deals Toyota Fortuner di Auto2000 Digiroom.

Baca juga: Mobil Tidak Bisa Masuk Gigi atau Sulit Masukkan Perseneling, Ini Penyebabnya!
​​​​​​

PROMO MENARIK DI AUTO2000 DAPATKAN SEKARANG!

PROMO1  ​​​​​​ promo sehat toyotaku

lebih ringan cicil toyota corolla cross digiroom new normal deals

bayar setengah cicilan promo promo perkasa

promo new yaris promo spontan  ​​​​​​

promo spontan promo spontan

promo spontan​​​​​​​​​​​​​​

​​​​​​​

Share this article
Avatar

Auto2000 Digiroom

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang tersebar di seluruh Indonesia.

Temui kami di Media Sosial
Promosi Lainnya
Promo Servis Toyota Akhir Tahun di Auto2000
Hai AutoFamily!

Kejutan servis Toyota di akhir tahun belum berakhir! Nikmati perjalanan yang lebih seru dan aman dengan mobil yang prima menggunakan Promo Hari Servis Online Nasional Akhir Tahun.

Nikmati diskon Jasa Servis hingga 20% dan Suku Cadang 10% untuk General Repair (GR) di bengkel dan THS Auto2000 Home Service. Selain itu, dapatkan juga diskon hingga Rp 300 ribu untuk pengerjaan Body & Paint di seluruh bengkel Body and Paint Auto2000.*

Segera dapatkan berbagai diskon servis di akhir tahun dengan cara berikut ini:
- Klik button di bawah ini dan dapatkan diskon booking layanan body & paint,
- Melakukan pengisian form untuk mendapatkan potongan jasa dan servis untuk Servis Bengkel dan THS.

Tunggu apalagi? Segera siapkan Toyotamu untuk perjalanan bersama keluarga dan nikmati kejutan diskonnya.


Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom
01 November 2022
Promo Cicilan Ringan Mobil Toyota Innova Zenix
Hal AutoFamily!

Miliki MPV terbaik untuk keluarga Indonesia, Toyota Innova Zenix dengan mudah melalui Auto2000 Digiroom. Toyota Innova Zenix yang modelnya sudah teruji secara lintas generasi memang telah dipercaya kualitasnya. Mengusung platform TNGA, All New Kijang Innova Zenix memiliki tampilan yang mewah dan sporty, kabin yang luas dan nyaman, Innova Zenix juga dilengkapi 10 Inch Head Unit dan Rear Seat Entertaintment dengan smartphone connectivity.

Fitur keselamatan yang lengkap seperti 6 SRS Airbag, VSC (Vehicle Stability Control), HSA (Hill Start Assist), ABS (Anti-Lock Breaking System) yang membuat perjalanan bersama orang tersayang semakin nyaman dan aman. Dapatkan juga perawatan mobil menyeluruh dengan Free biaya Jasa Servis dan Suku Cadang salama 3 tahun atau 60.000 KM dan Extended Warranty untuk setiap On Time Service.*

Dengan Program Cicilan Ringan mulai dari Rp 7.3 Jutaan/bulan, Anda dapat memiliki Kijang Innova Zenix terbaru. Tunggu apalagi? Yuk isi form penawaran dibawah ini untuk proses pemesanannya! *syarat dan ketentuan berlaku

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.
21 November 2022
Promo Cicilan Innova Zenix Hybrid
Hai AutoFamily!

MPV pilihan keluarga Indonesia kini hadir dengan teknologi baru yang lebih ramah lingkungan. Mengusung mesin Hybrid Toyota yang sudah teruji ketangguhannya, All New Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid EV siap memberikan pengalaman perjalanan yang luar biasa. Lengkap dengan fitur Panoramic Sunroof eksklusif yang menambah kenyamanan perjalanan AutoFamily.

Dapatkan juga perawatan mobil menyeluruh dengan Free biaya Jasa Servis dan Suku Cadang salama 3 tahun/60.000 KM, Extended Warranty untuk setiap On Time Service, dan Garansi baterai hybrid selama 8 tahun atau 160.000 KM.*

Dengan Program Cicilan Ringan mulai dari Rp 7.9 Jutaan / bulan, Anda dapat memiliki Kijang Innova Zenix Hybrid terbaru. Tunggu apalagi? Yuk isi form penawaran dibawah ini untuk proses pemesanannya!

*syarat dan ketentuan berlaku

21 November 2022
Promo Body & Paint Kilau Toyota Pilihan
Hi Auto Family!

Ingin Toyotamu berkilau seperti baru lagi? Tenang! Auto2000 punya solusinya nih untuk AutoFamily! Dengan program Kilau Toyota Pilihan, dijamin mobil Toyota AutoFamily akan berkilau seperti baru lagi!

Ada dua pilihan paket yang bisa AutoFamily pilih:
- Kilau Toyota Pilihan 1: Potongan 300 ribu rupiah* untuk perbaikan dan perawatan bodi kendaraan dengan minimal transaksi sebesar 1.5 juta rupiah
- Kilau 2: Dapatkan potongan 150 ribu rupiah* untuk perbaikan dan perawatan bodi kendaraan dengan minimal transaksi 1 juta rupiah

Menarik bukan? Sudah saatnya nih untuk memperoleh kembali kilau sempurna mobil Toyota AutoFamily dengan klik button di bawah ini lalu klik Log In dan Book Sekarang untuk nikmati promo Toyota Pilihan Kilau!

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.


01 Agustus 2022
Tanya TasiaBackground Lazy GIF