persneling.png

Ini Penyebabnya, bila Gigi Persneling Tidak Bisa Dipindah!

Diterbitkan27 Feb 2023

#N/A

Aktivitas awal yang dilakukan pengendara begitu masuk ke dalam kendaraan pastilah meletakkan tangan kiri di tuas persneling. Sementara, kaki menginjak pedal kopling.

Begitu mesin hidup dan siap melaju, tuas persneling harus dipindah dari posisi netral ke gigi 1. Seiring injakan pedal gas atau switch rem, perlahan-lahan mobil akan bergerak. Ini yang biasa dilakukan saat mengendarai kendaraan dengan transmisi manual.

Bisa dibayangkan, apa yang terjadi bila ternyata tuas transmisi tidak bisa dipindahkan ke posisi lain. Meskipun sudah cukup mengerahkan tenaga, terasa ada sesuatu yang mengganjal sehingga susah pindah gigi 1, 2, dst.

Akibatnya jelas. Mobil tidak akan bisa berjalan atau kalau memang sudah berhasil masuk gigi tertentu maka kendaraan akan jalan dengan posisi gigi tersebut. Untuk itu, penting bagi AutoFamily melakukan perawatan mobil berkala agar kondisinya selalu dalam keadaan optimal.

Untuk melakukan perawatan mobil, Anda bisa memanfaatkan Paket Service Toyota dari Auto2000. Paket ini tersedia untuk semua model dan tipe kendaraan yang dikhususkan untuk setiap mobil matic maupun manual pabrikan Toyota yang Anda miliki. Kunjungi Auto2000 sekarang juga untuk memperbaiki gigi persneling mobil Anda.

Pengalaman mengenai gigi persneling yang tidak bisa dipindah ini sering dialami customer Emergency Roadside Assistance (ERA) AstraWorld. Tidak cuma seorang saja. Tiap bulan, ada saja pengendara yang terjebak karena masalah ini. Cari tahu penyebabnya di sini, bila gigi persneling mobil Anda tidak bisa dipindah.

Berbagai Penyebab Bila Gigi Persneling Tidak Bisa Dipindah

Tentu ada berbagai penyebab mengapa gigi persneling mobil tidak dapat dipindah, seperti kampas kopling yang terlalu tipis atau setelan mobil yang tidak tepat. Berikut ini adalah penjelasan dari beberapa penyebab persneling mobil tidak bisa berpindah.

1. Free Play Pada Kopling Terlalu Besar

Menurut Suwarno, Technical dan Training Development Staf ERA, masalah ini memang bisa muncul pada kendaraan bertransmisi manual. Pada banyak kasus, mesin dalam keadaan mati bisa memindah persneling dan masuk ke posisi 1,2,3 dst.

Sementara saat mesin dalam keadaan hidup, perpindahan gigi terasa agak keras bahkan susah masuk atau tidak bisa pindah gigi manapun. Jelas, hal ini amat mengganggu. Bila dipaksakan, maka gigi percepatan pada transimisi akan rusak atau mengeluarkan bunyi yang kasar pada saat jalan.

Penanganan kasus di atas sebetulnya mudah saja. Menurut Suwarno, masalah seperti itu bisa muncul, salah satunya, karena setelanfree play(gerak bebas) pedal kopling terlalu besar. Bila penyebab persneling mobil tidak bisa pindah gigi adalah setelanfree playyang terlalu bebas, maka penyelesaiannya bisa dengan melakukan penyetelan ulang. Menyetel ulang dapat dilakukan dengan mengatur bautadjusteruntuk memperkecilfree play-nya.

Untuk melakukan penyetelan, perlu diketahui dulu tentang sistem penggerak kopling yang umumnya ada pada mobil. Pada dasarnya sistem penggerak kopling ada dua macam. Pertama, menggunakan kabel sebagai penerus injakan pedal kopling ke sistem kopling yang ada di rumah kopling (belakang mesin). Kedua, kopling dengan sistem penggerak hidrolik.

Pada model kabel, penyetelannya terletak di bawah samping kepala babi (rumah kopling). Penyetelan dilakukan dengan memutar baut untuk memperpendek gerak dari garpu pembebas yang ditahan kabel tersebut.

Sementara model hidrolik, penyetelan di pedal kopling yang berada pada ujung pedal. Di sana biasanya terdapat batang pendorong (push rod). Kalau dilihat dari kasus di atas, maka batang pendorong ini kita perpanjang dengan cara mengendorkan baut yang berada pada batang pendorong tersebut. Kemudian batang pendorong tersebut kita putar sesuai dengan arah memanjangnya batang tersebut.

Namun, proses perbaikan ini sebaikanya dilakukan di bengkel Auto2000 untuk menghindari komponen mobil lain mengalami kendala. Teknisi di Auto2000 memiliki pengalaman yang mumpuni untuk mengatasi masalah pada mobil Anda hingga tuntas.

2. Kampas Kopling Tipis

Selain free play, penyebab lain gigi persneling tidak bisa dipindah karena kampas kopling sudah tipis. Solusinya tentu berbeda. Apabila kampas kopling sudah tipis, secara otomatis tenaga yang diteruskan juga tidak maksimal.

Pada gejala awal biasanya kendaraan akan bisa berjalan pada saat putaran mesin tinggi (kendaraan baru bisa jalan pada saat pedal gas diinjak secara dalam). Jika ternyata perpindahan gigi tidak bisa dilakukan karena kampas kopling yang menipis, penyelesaiannya adalah dengan mengganti kampas kopling dengan yang baru.

Khusus kopling dengan sistem hidrolik, kebocoran pada minyak kopling juga bisa menyebabkan gigi transmisi mobil sulit di-oper, bahkan tidak bisa masuk sama sekali.

Penyelesaiannya harus dengan mengganti komponen yang menyebabkan kebocoran tersebut. Misalnya, karet-karet master silinder kopling (silinder kopling atas) dan silinder kopling bawah.

Baca Juga:Mesin Mobil Cepat Panas? Cari Tahu Penyebabnya!

3. Kebocoran Fluida di Master Kopling

Kebocoran fluida pada master kopling menyebabkan tekanan hidrolik yang dihasilkan jadi tidak sempurna, sehingga membuat transmisi roda berputar untuk mengganti gigi menjadi sulit. Hal ini biasanya harus langsung diperbaiki atau dikonsultasikan. Jika dibiarkan, maka akan membuat kopling semakin sulit untuk berpindah.

4. Setelan Pedal Tidak Tepat

Biasanya ketika merasa tidak nyaman dengan pedal, maka pijakan kaki menjadi sulit dikendalikan. Jadi, tidak heran apabila Anda kesulitan memasukkan gigi. Oleh karena itu, perhatikan kenyamanan dan keamanan berkendara juga ya AutoFamily, termasuk saat pedal rem diinjak ketika Anda sedang berkendara.

NIKMATI PROGRAM CICILAN RINGAN TOYOTA ALL NEW AVANZA HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM

5. Shift Fork Aus

Jika shift fork aus, perpihdahan gigi jadi terhalang karena tidak akan mampu menyambungkan pergeseran gigi yang hendak terjadi. Khususnya pada bagian yang bernama shift fork dan hub sleeve.Untuk mengganti komponen mobil yang sudah aus, AutoFamily bisa langsung berkunjung ke bengkel Auto2000.

Baca Juga:Ini 8 Cara Membersihkan Radiator Mobil

Jika AutoFamily merasa kebingungan bagaimana harus memperbaikinya, sementara keadaan sudah sangat membuat berkendara jadi tidak nyaman. Maka segera cek ke bengkel resmi Auto2000 atau lakukanbooking servissecara online melalui website Auto2000.

Dengan begitu, proses perawatan mobil jadi lebih cepat dilakukan. Ada baiknya AutoFamily melakukan servis mobil secara berkala untuk menghindari kerusakan yang lebih parah.

Jika Anda tidak memiliki waktu untuk membawa mobil ke bengkel, silakan lakukan booking layanan THS-Auto2000 Home Service melalui websiteatau aplikasi Auto2000 Mobile kami.

KunjungiDealer Toyotasekarang jugadan dapatkan berbagaiPromo Dealer Mobil Toyotaterbaru untuk berbagai jenislayanan purna jualAuto2000. Anda bisa jadwalkan kunjungandi sini.

Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.