LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

*Harga yang tertera mengikuti wilayah DKI Jakarta

Mobil Tidak Bisa Masuk Gigi atau Sulit Masukkan Perseneling, Ini Penyebabnya!

Aktivitas awal yang dilakukan pengendara begitu masuk ke dalam kendaraan pastilah meletakkan tangan kiri di tuas transmisi. Sementara, kaki menginjak pedal kopling.

Begitu mesin hidup dan siap melaju, tuas transmisi harus dipindah dari posisi Netral ke 1. Seiring injakan pedal gas, perlahan-lahan mobil akan bergerak. Ini yang biasa dilakukan saat mengendarai kendaraan dengan transmisi manual.

Bisa dibayangkan, apa yang terjadi bila ternyata tuas transmisi tidak bisa dipindahkan ke posisi lain. Meskipun sudah cukup mengerahkan tenaga, terasa ada sesuatu yang mengganjal sehingga tuas persneling mobil tidak bisa digeser. Sehingga susah masuk ke gigi 1, 2, dst.

Akibatnya jelas. Mobil tidak akan bisa berjalan atau kalau memang sudah masuk gigi tertentu maka kendaraan akan jalan dengan posisi gigi tersebut.

Pengalaman ini sering dialami customer Emergency Roadside Assistance (ERA) AstraWorld. Tak cuma seorang. Tiap bulan, ada saja pengendara yang terjebak karena problem ini. Ini dia salah satu penyebabnya:

Berbagai Penyebab Mobil Tidak Bisa Masuk Gigi

​​​​​​1. Free Play Pada Kopling Terlalu Besar 

​​​​​​Menurut Suwarno, Technical dan Training Development Staf ERA, masalah ini memang bisa muncul pada kendaraan bertransmisi manual. Banyak kasus, pada saat mesin mati persneling bisa dipindah-pindah dan masuk ke posisi 1,2,3 dst. Sementara pada saat mesin hidup, perpindahan transmisi terasa agak keras bahkan tidak bisa atau susah masuk gigi manapun.

Jelas, ini amat mengganggu. Bila dipaksakan maka gigi percepatan pada transimisi akan rusak atau mengeluarkan bunyi yang kasar pada saat jalan.

Penanganan kasus di atas sebetulnya mudah saja. Menurut Suwarno, problem seperti itu bisa muncul, salah satunya, karena setelan free play (gerak bebas) pedal kopling terlalu besar. Bila penyebabnya adalah setelan free play yang terlalu bebas, penyelesaiannya tentu dengan penyetelan ulang. Yaitu, dengan mengatur baut adjuster untuk memperkecil free play-nya.

Untuk melakukan penyetelan, perlu diketahui dulu tentang sistem penggerak kopling yang umumnya ada pada mobil. Pada dasarnya sistem penggerak kopling ada dua macam. Yang pertama, menggunakan kabel sebagai penerus injakan pedal kopling ke sistem kopling yang ada di rumah kopling (belakang mesin). Yang kedua, kopling dengan sistem penggerak hidrolik.

Pada model kabel, penyetelannya terletak di bawah samping kepala babi (rumah kopling). Penyetelan dilakukan dengan memutar baut penyetel tersebut ke arah memperpendek gerak dari garfu pembebas yang ditahan kabel tersebut.

Sementara model hidraulik, penyetel kebanyakan kendaraan di pedal kopling yang berada pada ujung pedal. Di sana biasanya terdapat batang pendorong (push rod). Kalau kita lihat dari kasus di atas, maka batang pendorong ini kita perpanjang dengan cara mengendorkan mur yang berada pada batang pendorong tersebut. Kemudian batang pendorong tersebut kita putar sesuai dengan arah memanjangnya batang tersebut.

2. Kanvas Kopling Tipis

Selain karena setelah free play, bisa juga, gigi yang tidak bisa dipindah terjadi karena kanvas kopling sudah tipis. Solusinya tentu berbeda. Apabila kanvas kopling sudah tipis secara otomatis tenaga yang diteruskan juga tidak maksimal.

Gejala awal, biasanya kendaraan akan jalan pada saat putaran mesin tinggi (kendaraan baru bisa jalan pada saat pedal gas diinjak secara dalam). Jika ternyata penyebabnya adalah kanvas kopling tipis, penyelesaiannya adalah dengan mengganti kanvas kopling dengan yang baru.

Khusus kopling dengan sistem hidraulik, kebocoran minyak kopling juga bisa menyebabkan gigi transmisi sulit ‘di-oper’, bahkan tidak bisa masuk sama sekali. Penyelesaiannya harus dengan mengganti komponen yang menyebabkan kebocoran tersebut.

Misalnya, karet-karet master silinder kopling (silinder kopling atas) dan silinder kopling bawah.

Baca Juga: Mesin Mobil Cepat Panas? Cari Tahu Penyebabnya!​​​​​​​

3. Kebocoran Fluid di Master Kopling

Kebocoran fluid ini menyebabkan tekanan hidrolik yang dihasilkan tidak akan sempurna, sehingga membuat transmis roda berputar untuk mengganti gigi menjadi sulit. Hal ini biasanya harus langsung diperbaiki atau dikonsultasikan. Jika dibiarkan, maka akan membuat kopling semakin sulit untuk berpindah. 

4. Setelan Pedal Tidak Tepat 

Biasanya ketika merasa tidak nyaman dengan pedal, maka pijakan kaki menjadi sulit dikendalikan. Jadi, ketika pijakan tidak tepat, ini akan membuat Anda sulit untuk memasukkan gigi. Jadi, perhatikan kenyamanan dan keaman berkendara juga ya AutoFamily. 

​​​​​​

5. Shift Fork Aus 

Jika shift fork aus ini akan menyebabkan terjading halangan untuk perpindahan gigi , dikarenakan tidak akan mampu menyambungkan pergeseran gigi yang hendak terjadi. Khususnya pada bagian yang bernama shift fork dan hub sleeve. 

Baca Juga: Ini 8 Cara Membersihkan Radiator Mobil

Jika AutoFamily merasa kebingungan bagaimana harus memperbakinya sementara keadaan sudah sangat membuat Anda tidak nyaman. Maka segera lakukan booking servis online pada website Auto2000, sehingga Anda dapat lebih mempercepat proses servis. Sebelumnya, jangan lupa lakukan pengcekan cabang Auto2000terdekat Anda.

Share this article
Avatar

Auto2000 Digiroom

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang tersebar di seluruh Indonesia.

Temui kami di Media Sosial
Promosi Lainnya
Promo OCTOFEST Bunga 1%
Penawaran yang seru di Octo Fest, bisa dapat mobil baru dengan lebih hemat! Miliki mobil Toyota baru dengan bunga 1% untuk tenor 1 tahun! Rasakan kemudahan untuk bawa pulang Vios, Agya, Yaris, Calya, Avanza, Sienta, Rush, CHR, Altis, Corolla Cross, atau Camry sekarang. Potongan PPnBM sampai dengan 100%* juga di perpanjang loh.

Anda juga bisa mendapatkan hadiah langsung berupa Sharp Air Purifier dan juga tambahan uang elektronik 500 ribu untuk pembelian dengan paket kredit melalui Digiroom.

Yuk bawa pulang mobil Toyotanya dan ikutan kemeriahan Octo Fest!

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.

*syarat dan ketentuan berlaku

22 Oktober 2021
Promo OCTOFEST Calya DP Ringan
Penawaran spesial di bulan Oktober, ikutan OCTOFEST dan nikmati keuntungannya! Dapatkan mobil Calya sekarang dengan DP Ringan mulai dari 24 jutaan* aja dan Anda akan mendapatkan hadiah langsung berupa pompa elektrik. Anda juga akan mendapatkan potongan PPnBM hingga 100%* loh.

Yuk dapatkan penawarannya sekarang dan nikmati mudahnya beli mobil bersama Auto2000.

Isi formulir di bawah untuk dapatkan penawarannya.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.

*syarat dan ketentuan berlaku

14 Oktober 2021
Promo OCTOFEST Avanza
Mau beli mobil Avanza yang banyak keuntungannya? Ikutan program special dari Auto2000 di bulan Oktober yuk!

Hanya di Auto2000, Anda bisa mendapatkan asuransi all risk 1 tahun hanya dengan membayar 2 juta rupiah*! Anda cukup melakukan pembelian Toyota Avanza secara cash, dan Anda bisa nikmati keuntungannya.

Tak hanya itu, setiap pembelian melalui Digiroom Anda akan mendapatkan hadiah langsung berupa Sharp Air Purifier! Yuk dapatkan penawarannya sekarang dengan megisi formulir di bawah.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.

*Syarat dan ketentuan berlaku

14 Oktober 2021
Octo Fest Cicilan Ringan
Mau punya mobil stylish tanpa perlu bayar mahal? Ikutan program Cicilan Ringan aja! Melali EZ Deal Anda bisa mendapatkan mobil
- All New Yaris dengan cicilan mulai dari 3,4juta / bulan
-Toyota Raize dengan cicilan mulai 2,7 juta / bulan*
-Toyota Vios dengan cicilan 4 juta / bulan*
-Toyota Rush dengan cicilan mulai 3,4 juta / bulan*

Dengan mengikuti program ini, cicilannya terjamin ringan! Anda juga bisa mendapatkan potongan PPnBM hingga 100%* loh. Yuk isi formulir di bawah untuk dapatkan penawarannya.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.

*syarat dan ketentuan berlaku

11 Oktober 2021
Tanya TasiaBackground Lazy GIF