Kenali_Fungsi_Kampas_Ganda_Kopling_pada_Mobil.jpg

Kenali Fungsi Kampas Ganda Kopling pada Mobil

Diterbitkan31 Jan 2025

Kampas kopling pada mobil bertransmisi manual memiliki tugas sebagai sistem pemindah daya. Mungkin Anda pernah mendengar adanya kampas kopling ganda pada mobil dan motor matic. Apakah fungsinya? Dan bagaimana cara kerja kampas ganda? Auto2000 akan membahasnya pada artikel ini.


Apa itu Kampas Kopling?

Kampas kopling mobil, atau clutch disc, merupakan bagian mobil yang berbentuk piringan dan berguna dalam proses perpindahan gigi pada mesin mobil. Selain untuk membantu kinerja mesin dalam menyalurkan tenaga putaran mesin menuju transmisi, bagian satu ini juga merupakan penunjang berjalannya sebuah mobil.


Sama dengan kampas kopling pada umumnya, kampas ganda kopling pada mobil bertransmisi manual memiliki tugas sebagai sistem pemindah daya. Jika komponen kopling mengalami kendala atau kerusakan, Anda tidak perlu khawatir karena karena Auto2000 menyediakan paket servis Toyota dengan biaya yang lebih terjangkau dan praktis.


Masa berlaku paket servis tersebut adalah 3 tahun. Cek sekarang juga untuk mendapatkan paket servis dari Auto2000 dan lakukan servis dengan segera untuk memperbaiki kampas kopling mobil Anda.


Kampas kopling ini harus selalu dalam keadaan optimal agar mobil bisa beroperasi dengan sempurna. Jika kampas ganda kopling mengalami kendala, bisa jadi mobil Anda sulit dihidupkan hingga tidak bisa dioperasikan.


Baca juga: 5 Penyebab Temperatur Mobil Naik Turun


Cara Kerja Kampas Kopling

Mekanisme kerja dari kopling secara umum adalah untuk meneruskan tenaga dari putaran mesin yang berasal dari poros engkol dan flywheel yang diteruskan oleh kopling, kemudian menuju sistem transmisi manual dan ke roda belakang saat plat kopling(clutch cover) dan kampas kopling merapat.


Lantas, apa saja fungsi kampas ganda kopling serta kerja kampas? Berikut penjelasannya.


3 Fungsi Kampas Ganda Pada Mobil

Selain sebagai pemindah daya, kampas ganda memiliki berbagai fungsi lain pada mobil. Salah satu fungsi kampas ganda yang paling krusial adalah memutus dan menyambung tenaga pada putaran mesin ke transmisi. Untuk fungsi lainnya, mari kita cari tahu di bawah ini.


1. Memutus dan Menyambung Tenaga Putaran Mesin ke Transmisi

Fungsi kampas ganda kopling yang pertama adalah untuk memutus dan menyambung tenaga putar dari mesin ke bagian transmisi mobil. Proses penyaluran tenaga dari mesin ke transmisi inilah yang membuat kampas kopling menjadi bagian langsung memutar input shaft transmisi. Hal ini dikarenakan komponen kampas kopling terpasang menyatu dengan input shaft transmisi.


Saat mesin berputar, tenaga putar mesin akan memutar flywheel yang kemudian disalurkan ke clutch cover. Pada saat clutch cover dalam posisi renggang akibat pedal kopling diinjak, maka tenaga mesin akan terputus karena kampas kopling tidak dijepit dan tidak ikut berputar bersamaan dengan putaran flywheel.


Ketika clutch cover dalam posisi rapat dan menjepit kampas kopling (pedal kopling dilepas), maka tenaga mesin akan tersalurkan dari flywheel menuju ke clutch cover kemudian ke kampas kopling, sehingga kampas kopling akan memutar input shaft transmisi.


CEK DAFTAR HARGA TERBARU TOYOTA NEW RUSH HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM


2. Memperhalus Penyaluran Tenaga Putaran Mesin ke Transmisi

Fungsi kampas ganda kopling yang selanjutnya yaitu untuk memperhalus proses penyaluran tenaga mesin ke transmisi. Saat proses penyaluran tenaga terjadi dari mesin ke transmisi, kampas kopling ikut berperan untuk memperhalus perubahan saat penyaluran tenaga.


Sebagai contoh, ketika mesin berada dalam kondisi akselerasi atau deselerasi, putaran mesin secara tiba-tiba akan berubah dan bergerak lebih cepat (akselerasi) atau lebih lambat (deselerasi) dibanding dengan putaran input shaft transmisi.


Dalam kondisi ini, maka tenaga mesin yang tersalurkan akan berubah dengan tiba-tiba. Perubahan ini akan memperbesar slip yang terjadi antara kampas kopling dengan flywheel, sehingga penyaluran tenaga mesin ke transmisi akan berkurang drastis.


Oleh karenanya, untuk menghindari berkurangnya tenaga mesin akibat slip, maka kampas kopling akan berfungsi untuk memperhalus perubahan tenaga yang terjadi antara mesin dengan transmisi pada kondisi tersebut.


Baca Juga: Memahami Fungsi Transmisi Mobil Otomatis


3. Meredam Hentakan dan Getaran Saat Proses Sambung-Putus

Fungsi kampas ganda kopling yang terakhir adalah untuk meredam hentakan dan getaran yang terjadi saat proses sambung putus tenaga mesin ke transmisi.Tujuannya agar proses berkendara menjadi lebih mulus bagi pemilik kendaraan.


Kampas kopling terdiri dari beberapa komponen yang masing-masing mempunyai fungsi untuk memaksimalkan kerja kopling.

Salah satunya adalah torsion dumper dan cushion plate. Kedua komponen kampas kopling ini akan meredam hentakan dan getaran yang terjadi khususnya pada saat proses putus sambung tenaga mesin ke transmisi.


Ketika hentakan dan getaran yang terjadi bisa diredam, maka slip kampas kopling bisa dikurangi dan mencegah berkurangnya daya/tenaga yang disalurkan dari mesin ke transmisi.


4. Mencegah Kerusakan pada Komponen Transmisi

Fungsi kampas ganda kopling yang tak kalah penting adalah untuk mencegah kerusakan pada komponen transmisi dan rumah kopling. Saat mesin beroperasi, tenaga yang disalurkan ke transmisi harus dikelola dengan baik untuk menghindari kerusakan akibat beban yang berlebihan.


Ketika kampas kopling berfungsi dengan optimal, maka bisa mengurangi dampak langsung dari torsi mesin ke komponen transmisi dan rumah kopling. Ini sangat penting, terutama pada saat penggantian gigi atau ketika terjadi perubahan mendadak dalam putaran mesin, seperti saat akselerasi atau deselerasi.


Dengan adanya kampas kopling yang efektif, tenaga yang diteruskan ke transmisi dan rumah kopling akan lebih halus dan terkendali, sehingga mengurangi risiko terjadinya keausan yang cepat pada komponen transmisi dan rumah kopling.


Baca Juga: Cara Mengatasi Kaca Mobil Macet yang Mengganggu


Ciri-ciri Kampas Ganda Sudah Aus

Kampas ganda yang sudah aus dapat menimbulkan beberapa gejala yang perlu diperhatikan. Mengenali tanda-tanda ini penting agar Anda dapat segera melakukan perawatan atau penggantian sebelum kerusakan lebih lanjut terjadi. Berikut beberapa ciri-ciri kampas ganda yang sudah aus:

  1. Tarikan Motor Terasa Berat: Jika kampas ganda sudah aus, tarikan motor akan terasa lebih berat, terutama saat membawa beban. Hal ini disebabkan oleh penurunan efisiensi dalam menyalurkan tenaga dari mesin ke transmisi.
  2. Kopling Sering Terselip: Kopling yang sering terselip atau tidak dapat menyalurkan tenaga dengan baik bisa menjadi tanda bahwa kampas ganda sudah aus. Ini biasanya terjadi saat Anda mencoba mengakselerasi motor.
  3. Kick Starter Loss: Jika kick starter terasa loss atau tidak memberikan resistensi saat diinjak, kemungkinan besar kampas ganda sudah aus dan tidak dapat menyalurkan tenaga dengan efektif.
  4. Putaran Mesin atau RPM Tiba-tiba Semakin Tinggi: Ketika putaran mesin atau RPM tiba-tiba meningkat tanpa adanya perubahan signifikan dalam kecepatan motor, ini bisa menjadi indikasi bahwa kampas ganda sudah aus.
  5. Gas Motor Mulai Mengeluarkan Suara Lebih Berat: Suara gas motor yang lebih berat atau kasar saat diakselerasi juga bisa menjadi tanda bahwa kampas ganda perlu diganti.
  6. Tenaga Mesin Terasa Semakin Terbebani: Jika tenaga mesin terasa semakin terbebani dan motor tidak responsif seperti biasanya, ini bisa menjadi tanda bahwa kampas ganda sudah aus dan tidak bekerja dengan optimal.

Penyebab Kampas Ganda Cepat Aus

Kampas ganda dapat aus lebih cepat jika tidak dirawat dengan baik atau jika motor sering digunakan dalam kondisi tertentu. Berikut beberapa penyebab kampas ganda cepat aus:

  1. Sering Melintasi Jalan Menanjak: Jika motor sering digunakan untuk melintasi jalan menanjak, kampas ganda akan bekerja lebih keras untuk menyalurkan tenaga, sehingga lebih cepat aus.
  2. Sering Membawa Beban Berat: Membawa beban berat secara terus-menerus dapat meningkatkan tekanan pada kampas ganda, menyebabkan keausan yang lebih cepat.
  3. Sering Berkendara di Kemacetan: Berkendara di kemacetan memaksa kampas ganda untuk sering bekerja dalam kondisi stop-and-go, yang dapat mempercepat keausan.
  4. Gaya Berkendara yang Agresif: Gaya berkendara yang agresif, seperti akselerasi dan deselerasi yang tiba-tiba, dapat menyebabkan kampas ganda cepat aus karena beban kerja yang berlebihan.

Perbedaan Kampas Ganda dan Kampas Rem

Kampas ganda dan kampas rem adalah dua komponen yang berbeda pada sepeda motor, masing-masing dengan fungsi dan karakteristik yang unik. Berikut beberapa perbedaan antara kampas ganda dan kampas rem:

  1. Fungsi: Kampas ganda berfungsi untuk menyalurkan dan memutus tenaga putaran mesin ke transmisi, sedangkan kampas rem berfungsi untuk menghentikan putaran roda dan memperlambat kendaraan.
  2. Bentuk: Kampas ganda biasanya berbentuk bulat dengan bagian tengah yang berlubang, sedangkan kampas rem berbentuk pipih dan kecil, dirancang untuk menjepit cakram atau drum rem.
  3. Letak: Kampas ganda terletak di bagian Continuously Variable Transmission (CVT) pada motor matic, sedangkan kampas rem terletak di bagian rem depan dan belakang motor.
  4. Cara Kerja: Kampas ganda bekerja dengan menggunakan gaya sentrifugal untuk menyalurkan tenaga putaran mesin ke transmisi, sementara kampas rem bekerja dengan menggunakan sistem penjepit untuk menghentikan putaran roda.

Dengan memahami perbedaan ini, Anda dapat lebih mudah merawat dan mengganti komponen yang tepat sesuai dengan kebutuhan sepeda motor Anda.


Cara Merawat Kampas Ganda

Kampas kopling adalah komponen penting dalam sistem transmisi kendaraan dengan transmisi manual. Untuk merawat kampas kopling hal utama yang perlu dilakukan tentu adalah melakukan servis berkala di bengkel Auto2000. Selain ada juga yang perlu dilakukan agar komponen ini selalu terjaga kondisinya, ikuti beberapa langkah berikut:


1. Penggunaan dan Mengemudi yang Berhati-hati

Hindari kebiasaan menginjak pedal kopling secara berlebihan atau terlalu lama. Jangan membiarkan kaki Anda terus menerus menginjak pedal kopling saat kendaraan berhenti. Hindari gaya mengemudi agresif untuk menjaga kondisi komponen ini.


2. Pelajari dan Tingkatkan Gaya Mengemudi dengan Baik

Pelajari teknik mengemudi yang baik, seperti mengurangi kecepatan sebelum berhenti dan memindahkan transmisi ke netral saat menunggu lama. Hal ini dapat mengurangi beban pada kampas kopling.


3. Penggunaan Handbrake

Gunakan rem tangan (handbrake) saat berhenti untuk mencegah beban berlebih pada kampas kopling. Ini dapat mengurangi tekanan pada sistem transmisi.


4. Perhatikan Tanda-tanda Kerusakan

Jika Anda mendengar suara aneh, merasakan getaran, atau melihat perubahan dalam respons kopling, segera periksakan kendaraan ke bengkel untuk pemeriksaan lebih lanjut.


5. Perawatan Rutin di Bengkel Auto2000

Kampas ganda merupakan salah satu komponen vital pada mobil. Oleh karena itu, perawatan yang baik harus dilakukan untuk memastikan kinerjanya tetap optimal. Bengkel Auto2000 menyediakan layanan perawatan berkala dan pemeriksaan menyeluruh untuk mobil Toyota Anda, termasuk penanganan kampas ganda.


Para teknisi yang berpengalaman dan bersertifikat dapat memberikan solusi terbaik untuk menjaga kinerja kendaraan Anda. Untuk melihat bengkel Auto2000 terdekat, Anda dapat mengunjungi showroom Toyota dan menemukan layanan yang sesuai dengan kebutuhan kendaraan Anda.


Dengan begitu, merawat kampas kopling dengan baik dapat memperpanjang umur pakai komponen ini dan mencegah masalah yang lebih serius dalam sistem transmisi kendaraan Anda.


Jika Anda menggunakan transmisi otomatis dengan teknologi dual-clutch, biasanya perawatannya lebih terfokus pada seluruh sistem transmisi dan penggunaan kendaraan.


Baca juga: 5 Ciri Kampas Kopling Mobil Habis & Penyebabnya


Itu dia beberapa fungsi kampas ganda kopling pada mobil. Bagaimana jika kampas kopling sudah terlanjur rusak berat? Apabila hal ini sudah terjadi, mau tidak mau Anda harus membawanya ke bengkel Auto2000 untuk segera diganti dengan yang baru. AutoFamily bisa langsung menjadwalkan kedatangan melalui Auto2000 Digiroom.


Anda juga dapat menikmati berbagai paket layananan service dari kami untuk perawatan berkala maupun pekerjaan perbaikan umum yang berkaitan dengan mesin, sasis/rangka kendaraan, serta kelistrikan untuk seluruh model Toyota.


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Share With:

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.