LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

*Harga yang tertera mengikuti wilayah DKI Jakarta

5 Fungsi Blok Silinder pada Mesin Mobil

Fungsi blok silinder secara garis besar adalah sebagai tempat bagi piston untuk bergerak. Blok silinder sendiri adalah komponen utama pada mesin mobil. Komponen ini bisa dibilang bagian dari jantungnya sebuah mobil. 

Komponen blok silinder ini pada umumnya terbuat dari material cast iron, namun sekarang banyak juga yang terbuat dari aluminium alloy.

Keduanya adalah jenis material yang tebal dan kokoh. Ini karena saat digunakan, blok silinder bersinggungan langsung dengan gesekan kuat yang menghasilkan panas tinggi.Nah, artikel ini akan membahas fungsi blok silinder pada mesin mobil. Berikut uraiannya!


1. Tempat piston bergerak


Fungsi blok silinder yang utama adalah sebagai tempat piston bergerak. Pada mesin, piston bergerak naik turun untuk menerima tekanan dari pembakaran campuran gas, sekaligus meneruskan tekanan tersebut agar poros engkol (crank shaft) dapat berputar. 

Gerakan naik turun tersebut menghasilkan panas tinggi. Nah, blok silinder dengan bahan yang kuat bertugas menjaga agar suhu panas tidak merembet ke bagian lain mesin.

Permukaan blok silinder yang bersinggungan langsung dengan piston dibuat licin. Tujuannya adalah agar gerak piston lebih mulus dan ringan. 

Jika permukaan blok kasar, gerak piston akan cenderung melambat. Akibatnya, mesin pun terasa lebih berat tarikannya. 

Baca juga: Syarat dan Cara Perpanjang SIM Online Terbaru 2020


2. Tempat terjadinya mekanisme poros engkol 


Mekanisme engkol (crank shaft mechanism) adalah proses pembakaran yang melibatkan piston, connecting rod, poros engkol, dan flywheel. Fungsinya adalah mengubah gerakan bolak-balik piston dan connecting rod menjadi gerakan putar pada poros engkol dan flywheel. 

Mekanisme poros engkol ini menghasilkan suhu panas tinggi. Material blok silinder menahan panas tersebut agar tidak menjalar ke komponen mesin mobil lainnya. Fungsi piston tentu penting untuk menjaga prose kompresi mesin. 


3. Mengarahkan hasil pembakaran


Fungsi blok silinder selanjutnya adalah untuk mengarahkan hasil pembakaran. Pada mesin mobil, terjadi pembakaran yang bentuknya mirip ledakan gas.

Proses pembakaran tersebut menghasilkan suatu energi yang disebut energi ekspektasi.

Blok silinder mengarahkan energi ekspektasi tersebut menjadi sebuah daya dorong yang menggerakkan piston. Saat pembakaran sedang berlangsung, piston terdorong turun. 

Sedangkan saat pembakaran usai, energi yang dihasilkan dari pembakaran langsung mengembalikan piston naik.


4. Menjaga temperatur komponen-komponen mesin


Blok silinder mampu mengalirkan cairan pendingin di sela-sela komponen tersebut. Hal ini dapat menjaga temperatur komponen-komponen mesin agar tidak mengalami overheat. 

Selain itu, blok silinder juga punya tugas melepas panas efek dari kerja piston. Maka dari itu beberapa blok silinder didesain memiliki “sirip” yang secara teori mampu mudah melepas kalor dengan cepat. Demi melaksanakan tugasnya dalam melepas panas, bahkan blok silinder juga dibuat dari material logam khusus yang mampu melepas panas dengan cepat.


5. ​​​​​​​Tempat meletakkan engine ID


Sebagai main frame mesin, blok silinder sangat jarang diganti. Berbeda dari kebanyakan komponen mesin lain yang jika rusak diganti dengan komponen baru, blok silinder cukup dibubut ulang jika terdapat kerusakan. 

Oleh karenanya, fungsi blok silinder lainnya adalah sebagai tempat untuk meletakkan engine ID atau nomor mesin dari pabrik. Dengan begitu, nomor mesin tidak akan berubah meski mesin mobil telah mengalami perbaikan. Dari situ, kemudian dapat diketahui jenis mesin serta waktu perakitan mesin mobil.

Secara garis besar, fungsi blok silinder pada mesin mobil berkaitan erat dengan proses pembakaran piston. Di samping itu, blok silinder juga bertugas menjaga temperatur mesin agar tidak terlalu panas. 

Ingin mesin mobil Toyota Anda tetap dalam kondisi prima? Lakukan booking service secara berkala hanya di cabang Auto2000 terdekat Anda. Dapatkan berbagai promo, penawaran hingga detail spesifikasi dari Toyota Fortuner, Toyota Kijang Innova di halaman mobil baru Toyota

Baca juga: Mengintip Biaya Servis Mobil Toyota

 

PROMO MENARIK DI AUTO2000 DAPATKAN SEKARANG!

PROMO1  ​​​​​​ promo sehat toyotaku

lebih ringan cicil toyota corolla cross digiroom new normal deals

bayar setengah cicilan promo promo perkasa​​​​​​​ ​​​​​​​

promo new yaris promo spontan  ​​​​​​

promo spontan promo spontan

promo spontan​​​​​​​​​​​​​​

Share this article
Promosi Lainnya
VIP PPNBM
Potongan PPNBM sampai dengan 100% kembali lagi nih!Sekaranglah saatnya untuk Anda bawa pulang mobil Toyota baru. Nikmati potongan PPNBM sampai dengan 100% untuk mobil Toyota pilihan Anda.

Nikmati Potongan PPNBM 100%* untuk mobil Avanza, Raize, Yaris, Rush, Sienta, dan Vios. Spesial untuk Anda yang ingin bawa pulang mobil Fortuner 4x2 atau Innova, dapatkan potongan PPNBM 50%* dan dapatkan potongan PPNBM 25%* untuk mobil Toyota Fortuner 4x4.

Selain itu, untuk Anda yang melakukan pembelian melalui website atau aplikasi Digiroom, Anda bisa mendapatkan hadiah langsung berupa Sharp Air Purifier dan juga uang elektronik 500 ribu rupiah untuk pembelian dengan paket kredit. Anda juga bisa mengikuti undian dengan hadiah Samsung Galaxy S21 Ultra loh!

Yuk dapatkan penawarannya dan bawa pulang mobil Toyota impian Anda sekarang.

*Syarat dan ketentuan berlaku
19 Juli 2021
Raize Family
Sekaranglah saat yang tepat untuk bawa pulang Toyota Raize! Rasakan berkendara yang nyaman hanya dengan Toyota Raize. Dilengkapi dengan Toyota Safety Sense yang tentu akan menjamin keselamatan Anda dan keluarga. Tak hanya itu, Toyota Riaze juga dilengkapi dengan kabin yang luas agar dapar memberikan pengalaman berkendara yang tidak terlupakan.

Anda bisa membawa pulang Toyota Raize dengan paket kredit bunga 0%* hanya di Auto2000! Tak hanya itu, jika Anda melakukan pembelian melalui Auto2000 Digiroom, Anda akan mendapatkan hadiah langsung berupa Sharp Air Purifier dan juga uang elektronik 500 ribu rupiah. Anda juga bisa mengikuti undian dengan hadiah Samsung Galaxy S2 Ultra loh. Semakin hemat kan?

Yuk dapatkan penawaranya sekarang. Brave to Seize with Raize.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.

*Syarat dan ketentuan berlaku

19 Juli 2021
Raize Millenial
Kini kamu bisa bawa pulang Toyota Raize dengan cicilan yang ringan loh!Toyota Raize yang hadir dengan bodi terlihat gagah dan sporty, cocok untuk kamu yang berjiwa muda. Tak hanya itu, interiornya yang elegan dan tidak lupa dilengkapi dengan teknologi modern, Toyota Raize siap membawamu berkendara untuk menemani sehari-hari.

Miliki sekarang dengan cicilan ringan mulai 3,jutaan* saja! Tak hanya itu, setiap pembelian melalui website atau aplikasi Digiroom, Anda akan mendapatkan hadiah langsung berupa Sharp Air Purifier dan juga uang elektronik 500 ribu rupiah. Anda juga bisa mengikuti undian dengan hadiah Samsung Galaxy S21 Ultra loh!

Tunggu apa lagi, yuk dapatkan penawarannya sekarang!

*syarat dan ketentuan berlaku
19 Juli 2021
VIP Avanza, Rush, Innova, Fortuner
Karena AutoFamily adalah orang yang sangat spesial, perlu dapat penawaran yang VIP juga! Khusus untuk Anda, bawa pulang mobil Toyota impian sekarang dengan cicilan yang ringan! Anda bisa mendapatkan mobil Rush dengan cicilan mulai 4,6 jutaan*, New Avanza dengan cicilan mulai 3,7 jutaan*, New Kijang Innova dengan cicilan mulai 6,4 jutaan*, dan juga All New Fortuner dengan cicilan mulai 10 jutaan* loh.

Tak hanya itu, setiap pembelian melalui website atau aplikasi Digiroom Anda akan mendapatkan hadiah langsung berupa Sharp Air Purifier dan juga uang elektronik 500 ribu rupiah. Anda juga bisa mengikuti undian dengan hadiah Samsung Galaxy S21 Ultra*! Seru kan penawarannya?

Dapatkan penawarannya sekarang dan jangan sampai ketinggalan promonya.

Urusuan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.

11 Juni 2021
Tanya TasiaBackground Lazy GIF