fungsi-torak-mobil.jpg

Fungsi Batang Torak dan Jenisnya

Diterbitkan22 Mar 2021

Apa fungsi batang torak? Sebagai komponen penggerak penting dalam mesin, keberadaan torak sangat dibutuhkan. Komponen ini kerap kali disebut juga sebagai batang piston atau connecting rod. Bagian ujung torak dihubungkan dengan piston dan poros engkol untuk menyalurkan energi, yang kemudian diubah jadi tenaga gerak. Memiliki tiga jenis berdasarkan model pemasangannya, berikut tugas penting torak dalam mesin mobil.

Mengenal batang torak dan fungsinya

Batang torak adalah salah satu komponen mesin yang menerima tekanan tinggi. Bagian ini mengubah gerak lurus piston menjadi gerak putar pada poros engkol. Oleh karena itu, torak harus kuat terhadap regangan dan kaku. Namun, pada saat yang sama juga harus ringan agar tidak membutuhkan tenaga gerak yang besar.

Pada umumnya, batang torak dibuat berbentuk H atau I. Lalu, jenisnya ada tiga berdasarkan pemasangannya. Pertama, model pemasangan pressed-in rod. Kedua, metode clamped in-rod. Ketiga adalah floating pin. Meski ada tiga bentuk pemasangan berbeda, fungsi batang torak tetaplah sama, yaitu sebagai berikut.

1. Penghubung piston dan poros engkol

Fungsi batang torak yang pertama adalah sebagai penghubung piston dan poros engkol. Dengan terhubungnya dua komponen tersebut, maka tenaga mesin hasil pembakaran dapat diteruskan untuk kemudian diubah menjadi gerak putar pada poros engkol.

Bagian batang torak yang terhubung dengan piston adalah ujung bernama small end. Ujung ini dihubungkan ke piston melalui komponen bernama piston pin. Metode pemasangannya ada dua, yaitu model semi floating dan full floating. Kemudian, ujung batang torak yang lain terhubung dengan poros engkol. Ujung ini bernama big end yang dihubungkan menggunakan crank pin. Di antara big end dan crank pin terpasang connecting rod bearing ber-oli untuk mencegah keausan.

CEK PENAWARAN MENARIK TOYOTA NEW VIOS DI SINI!

2. Pengubah gerak lurus piston menjadi gerak putar

Fungsi batang torak yang kedua adalah mengubah gerak lurus piston menjadi gerak putar pada poros engkol. Ketika mesin mobil bekerja, piston akan bergerak lurus naik-turun mengikuti kontur dari silinder blok yang juga lurus.
Selanjutnya, gerak naik dan turun piston di dalam silinder ini akan diteruskan oleh batang piston ke poros engkol dan mendorong crank pin. Karena konstruksi keduanya terpasang sedemikian rupa, maka hal ini memungkinkan gerak lurus piston diubah menjadi gerak putar pada poros engkol.

Baca Juga:6 Cara Mengusir Kecoa dari Dalam Mobil

3. Pemindah gaya piston ke poros engkol dan pembangkit momen putar

Fungsi yang terakhir adalah memindahkan gaya piston ke poros engkol sekaligus membangkitkan momen putar pada komponen tersebut. Gaya tekanan yang diterima oleh piston sesaat setelah pembakaran akan dipindahkan ke poros engkol melalui batang piston.

Proses pemindahan ini akan membangkitkan tenaga putar (momen putar) pada poros engkol ketika sudut crank pin sudah melewati titik puncaknya. Dengan demikian, tenaga yang diterima oleh piston selanjutnya diteruskan ke bagian batangnya untuk diubah menjadi kecepatan sekaligus tenaga putar oleh poros engkol.

Baca Juga:7 Tanda Mobil Toyota Anda Perlu Spooring dan Balancing

Mengingat fungsi batang torak sebagai penghubung piston dan poros engkol guna mengubah energi lurus naik-turun menjadi gerak putar, maka pemasangannya harus benar. Begitu pula dengan bearing batang piston yang harus dipasang sesuai dengan tanda dari pabrikan. Sebab, pemasangan yang salah akan mengakibatkan proses pelumasan dan perubahan gerak tidak terjadi. Lakukan servis rutin mobil Toyota ke bengkel Auto2000 demi menjaga seluruh komponennya prima.KunjungiDealer Toyotasekarang jugadan dapatkan berbagaiPromo Dealer Mobil Toyotaterbaru untuk berbagai jenislayanan purna jualAuto2000. Anda bisa jadwalkan kunjungandi sini.



digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.