LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

7 Tanda Mobil Toyota Anda Perlu Spooring dan Balancing

 

Ban merupakan komponen di kendaraan yang memiliki peran penting dan satu-satunya yang bersentuhan langsung dengan aspal atau jalanan. Mengingat perannya yang tidak bisa dipandang remeh ini, melakukan perawatan secara berkala atau rutin merupakan sebuah kewajiban.

Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk merawat ban di mobil kesayangan Anda adalah dengan melakukan spooring dan balancing.

Spooring adalah alignment atau proses pada mobil untuk meluruskan kembali kedudukan empat roda mobil seperti awal, sesuai dengan settingan pabrik. Biasanya dua roda depanlah yang akan diluruskan dan diatur agar kembali seperti sedia kala.

Sedangkan balancing adalah penyesuaian atau upaya menjaga keseimbang pada titik atas bawah atau kiri kanan roda dengan cara menambahkan timah pada bagian yang kurang. Biasanya ini dilakukan setelah penggantian ban atau velg, dan jika kilometernya sudah mencapai batas untuk balancing.

7 tanda mobil perlu melakukan spooring dan balancing yaitu sebagai berikut.

1) Setir bergetar pada kecepatan tertentu, karena roda depan langsung berkaitan dengan mekanisme kemudi.

2) Mobil seakan berbelok sendiri padahal sedang melaju lurus ke depan, atau selalu bergerak ke arah tertentu.

3) Saat pengendalian setir saat dibelokkan tidak mau kembali berputar pada posisi semula saat dilepaskan.

4) Mobil yang sedang dikendarai seperti berjalan miring, ini tandanya mobil sudah cukup parah dengan keseimbangan.

5) Permukaan ban sudah tidak rata atau aus, bisa di salah satu atau keduanya.

6) Saat dipakai parkir, walau itu parkir di tempat datar dan lurus tapi rodanya ada yang miring.

7) Ban bagian belakang tidak sejajar lurus dengan bagian belakang. Cara mengetahuinya, dengan melihatnya dari belakang dan mengambil jarak beberapa meter.

Untuk itu disarankan melakukan spooring dan balancing rutin tiap 6 bulan atau kelipatan 10.000 km. Langkah perawatan ini tidak lain guna menjaga keselamatan dan kenyamanan saat berkendara bersama keluarga.

Percayakan kepada Dealer Resmi Auto2000 Tabanan yang beralamat di Jl. Achmad Yani No. 99 Abiantuwung, Kediri, Tabanan Bali atau hubungi nomor telepon 0361 – 9332000 untuk Booking Service terlebih dahulu.

(Mitha Purnama Dewi)

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia