Dua Langkah Cara Men-jumper Extrafan"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Dua Langkah Cara Men-jumper Extrafan


Masalah yang datang tiba-tiba sungguh tak mengenakkan. Seperti yang dialami salah seorang customer AstraWorld. Tanpa tanda-tanda sebelumnya, mendadak extrafan tidak hidup sama sekali. Semestinya komponen ini terkadang berputar, terkadang diam. Tergantung suhu mesin. Bisa ditebak bila benda berbentuk kipas ini diam terus. Bahaya berikutnya sudah jelas, bila tetap dipaksakan temperatur mesin pasti naik dan menyebabkan overheating.
Tentu saja, pengendara ini tak mau spekulasi. Ia segera menghubungi Emergency Roadside Assistance (ERA) AstraWorld. Setelah diperiksa, ternyata dua buah relay extrafan hangus. Pantas saja extrafan tak beroperasi secara normal. Karena relay yang hangus membuat aliran arus listrik terputus.
Kejadian seperti ini bisa terjadi pada semua jenis kendaraan yang menggunakan electric fan. Masalah terselesaikan setelah tim ERA AstraWorld men-jumper extrafan. Caranya:

Copot soket extrafan.
Hubungkan terminal positif dan negatif ke baterai. (Saat menghubungkan liat putaran kipas. Jangan sampai terbalik. Yang benar, putaran kipas harus mampu menghisap suhu dari radiator.)

Terbukti, extrafan pun kembali bekerja. Cuma, tidak bisa ON/OFF alias berputar terus meskipun kondisi mesin dingin. Makanya, begitu ada kesempatan, ia segera mengganti relay yang hangus tadi.
Lalu, apa inti masalah sebenarnya? Apa yang memicu relay extrafan hangus?
Ada kemungkinan komponen ini aus sehingga tidak bisa bekerja sebagai pemutus dan penyambung arus listrik (ON/OFF). Ini sangat mungkin terjadi mengingat relay bekerja pada medan di mana tempat terjadi lompatan bunga api. Akibat percikan bunga api, lama kelamaan kontak point-nya tertimbun kotoran.
Selain kotoran-kotoran tersebut membuat relay aus, tentu juga menghambat aliran arus listrik. Hambatan ini dapat memicu panas berlebih pada kontak point, yang bila terus berlanjut akan mengakibatkan relay secara keseluruhan terbakar.
Sayang, sebagai pengendara kita tidak bisa mendeteksi lebih dini kapan relay extrafan bakal hangus. Cuma, sekarang Anda tak perlu terlalu panik. Bila extrafan tiba-tiba mati karena relay yang hangus, selesaikan dengan men-jumper extrafan.
(AstraWorld)

Share this article
Tanya Tasia