LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Cara Merawat Power Window Agar Berusia Panjang

Auto2000.co.id – Power window merupakan perangkat yang wajib ada pada setiap kendaraan, Fungsinya sederhana untuk membantu penumpang menaikkan atau menurunkan jendela mobil.

Karena punya peran penting, maka tidak ada salahnya para pemilik mobil melakukan perawatan, agar kinerjanya tetap optimal.

Sapta Agung Nugraha, Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Timur mengatakan, power window yang tidak berfungsi alias rusak atau terkadang saat naik-turunkan kaca samping seret bisa jadi ada masalah tertentu.

Jika kaca samping mobil Anda sulit di naik-turunkan atau seret, maka biasanya disebabkan oleh karet kaca dan rel power yang kotor. Jangan pernah membiarkan power window bekerja seperti itu.

BACA JUGA : Banyak Salah Kaprah, Begini Aturan Pakai Mobil Transmisi Otomatis

“Sebaiknya segera lakukan pengecekan atau rutin melakukan pengecekan setiap enam bulan sekali. Apalagi jika sering melewati jalan yang berdebu, sebaiknya lebih sering lagi merawat power window,” ungkap Sapta.

Sapta melanjutkan, apabila memiliki waktu untuk membersihkan sendiri di rumah maka yang harus dipersiapkan adalah silicon spray yang dapat dengan mudah ditemukan di pasaran.

Jangan menggunakan cairan penetran karena cairan semacam ini justru akan mengundang debu untuk datang kembali. Silicone spray akan lebih netral dan berfungsi dengan baik.

BACA JUGA : 6 Alasan Anda Harus Beli Mobil Baru Toyota di Auto2000

Selain itu, Anda juga wajib memperhatikan karet penghalang debu yang juga berfungsi untuk menyaring debu yang menempel pada kaca sebelum kaca diturunkan.

“Semprot sepanjang jalur karet, termasuk karet yang menempel pada frame pintu, setelah itu lap dengan kain bersih. Silicone spray bisa merontokkan kotoran yang menempel dan mengembalikan kondisi karet seperti semula,” kata dia.

Bukan hanya itu, Anda juga jangan terlalu sering menarik kaca ke dalam ketika kondisinya masih basah. Biasanya setelah hujan atau sehabis dicuci, pastikan dulu semuanya kering.

“Sebab potensi debu menempel cukup besar, karena debut sendiri bisa merusak kinerja dari power window itu sendiri,” ungkap Sapta.

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia