cara-klaim-asuransi-mobil.jpg

5 Cara Klaim Asuransi Mobil

Diterbitkan23 Feb 2021

Asuransi mobil menjadi salah satu hal wajib yang harus AutoFamily. Selain harus tetap menjaga diri dari masalah yang bisa menimpa mobil, asuransi juga membuat pengeluaran untuk memperbaiki masalah kendaraan lebih kecil. Masalah lecet hingga kerusakan lebih besar bisa diperbaiki dengan aman melalui asuransi mobil. Namun bagaimana cara klaim asuransi mobil Toyota Anda tanpa perlu mengalami penolakan? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Menghubungi Pihak Asuransi

Cara klaim asuransi mobil yang pertama adalah menghubungi pihak asuransi. Pemberitahuan ini berguna agar pihak asuransi mengetahui bahwa Anda membutuhkan bantuan atas masalah yang menimpa mobil.

Jika masalahnya termasuk besar karena melibatkan pengendara lain, jangan lupa untuk menghubungi pihak berwajib juga. Namun intinya adalah harus segera menghubungi pihak asuransi agar Anda bisa memahami langkah selanjutnya yang wajib dilakukan.

2. Foto Kerusakan Mobil Anda

Langkah selanjutnya adalah memfoto kerusakan mobil Anda untuk nanti dilampirkan dalam laporan. Foto bagian mobil yang rusak atau lecet akibat insiden tersebut. Foto yang Anda ambil harus terlihat jelas dalam menunjukkan kerusakan mobil.

Fungsi memfoto kerusakan mobil tidak hanya untuk pihak asuransi saja. Anda dapat menyerahkan foto-foto tersebut untuk pihak berwajib dalam laporan jika memang diperlukan. Jadi secara garis besar, memfoto kerusakan mobil membawa manfaat untuk pelaporan masalah insiden yang dialami.

3. Isi Formulir Dengan Lengkap

Ketika ingin mengajukan klaim asuransi, Anda akan diminta untuk mengisi formulir. Hal ini wajib dilakukan. Oleh karena itu, isi formulir dengan lengkap dan detail.

MILIKI TOYOTA NEW VIOS UNTUK KELUARGA DI SINI

Dalam formulir tersebut juga terdapat berbagai macam pertanyaan untuk membuat Anda menceritakan kerugian yang dialami. Ceritakan setiap bagian kronologi kejadian sejelas mungkin. Jangan sampai melewatkan satu informasi pun karena itu sangat penting bagi pihak asuransi dalam menerima atau menolak klaim Anda. Intinya, semakin jelas dan lengkap akan memudahkan pihak asuransi memahami masalah Anda.

Selain itu, jangan lupa untuk melengkapi dokumen sebagai syarat. Dimulai dari formulir, fotokopi SIM, STNK, surat keterangan dari pihak berwajib, dan salinan polis asuransi. Jika ada dokumen pertanggungjawaban dari pihak ketiga, Anda juga melampirkannya.

Baca juga:Ketahui Macam-macam Sensor pada Mobil dan Fungsinya

4. Ceritakan Kronologi Kejadian


Pihak asuransi terkadang tidak hanya membaca kronologi kejadian melalui formulir yang Anda isi. Mereka juga sering melakukan sesi wawancara. Dalam sesi ini, Anda harus menginformasikan dan menceritakan seluruh kronologi kejadian sejelas mungkin. Jawab semua pertanyaan dengan jelas dan jujur. Jangan sampai Anda malah mengarang cerita lain hanya demi mencapai tujuan mendapatkan klaim asuransi.

5. Manfaatkan Bengkel Rekanan Asuransi


Setiap asuransi pasti memiliki bengkel rekanan untuk membereskan kerusakan mobil. Jika klaim asuransi telah diterima, Anda bisa memanfaatkan bengkel rekanan asuransi yang digunakan.

Pihak asuransi biasanya akan memberikan jadwal perbaikan mobil Anda dengan merujuk ke bengkel rekanan. Namun sebelum itu, pihak asuransi akan melakukan survei atas klaim yang Anda ajukan. Jika klaim diterima, pihak asuransi mengeluarkan Surat Perintah Kerja (SPK) untuk Anda pakai sebagai surat pengantar ketika melakukan perbaikan di bengkel rekanan.

Baca juga:Bagaimana Cara Parkir Paralel yang Benar?

Auto2000 sendiri sudah menjadi salah satu bengkel rekanan asuransi yang bisa AutoFamily manfaatkan. Dengan dukungan para teknisi andal dan berpengalaman, kerusakan yang terjadi dalam mobil Toyota kesayangan AutoFamily pasti bisa diperbaiki dengan maksimal.Ingin mengenal lebih dalam tentang layanan purna jual dari Auto2000? KunjungiDealer Toyotasekarang jugadan dapatkan berbagaiPromo Dealer Mobil Toyotaterbaru untuk berbagai jenislayanan purna jualAuto2000. Anda bisa jadwalkan kunjungandi sini.



digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.