1. Menghubungi Pihak Asuransi
Jika masalahnya termasuk besar karena melibatkan pengendara lain, jangan lupa untuk menghubungi pihak berwajib juga. Namun intinya adalah harus segera menghubungi pihak asuransi agar Anda bisa memahami langkah selanjutnya yang wajib dilakukan.
2. Foto Kerusakan Mobil Anda
Fungsi memfoto kerusakan mobil tidak hanya untuk pihak asuransi saja. Anda dapat menyerahkan foto-foto tersebut untuk pihak berwajib dalam laporan jika memang diperlukan. Jadi secara garis besar, memfoto kerusakan mobil membawa manfaat untuk pelaporan masalah insiden yang dialami.
3. Isi Formulir Dengan Lengkap
MILIKI TOYOTA NEW VIOS UNTUK KELUARGA DI SINI
Dalam formulir tersebut juga terdapat berbagai macam pertanyaan untuk membuat Anda menceritakan kerugian yang dialami. Ceritakan setiap bagian kronologi kejadian sejelas mungkin. Jangan sampai melewatkan satu informasi pun karena itu sangat penting bagi pihak asuransi dalam menerima atau menolak klaim Anda. Intinya, semakin jelas dan lengkap akan memudahkan pihak asuransi memahami masalah Anda.
Selain itu, jangan lupa untuk melengkapi dokumen sebagai syarat. Dimulai dari formulir, fotokopi SIM, STNK, surat keterangan dari pihak berwajib, dan salinan polis asuransi. Jika ada dokumen pertanggungjawaban dari pihak ketiga, Anda juga melampirkannya.
Baca juga:Ketahui Macam-macam Sensor pada Mobil dan Fungsinya
4. Ceritakan Kronologi Kejadian
Pihak asuransi terkadang tidak hanya membaca kronologi kejadian melalui formulir yang Anda isi. Mereka juga sering melakukan sesi wawancara. Dalam sesi ini, Anda harus menginformasikan dan menceritakan seluruh kronologi kejadian sejelas mungkin. Jawab semua pertanyaan dengan jelas dan jujur. Jangan sampai Anda malah mengarang cerita lain hanya demi mencapai tujuan mendapatkan klaim asuransi.
5. Manfaatkan Bengkel Rekanan Asuransi
Setiap asuransi pasti memiliki bengkel rekanan untuk membereskan kerusakan mobil. Jika klaim asuransi telah diterima, Anda bisa memanfaatkan bengkel rekanan asuransi yang digunakan.
Pihak asuransi biasanya akan memberikan jadwal perbaikan mobil Anda dengan merujuk ke bengkel rekanan. Namun sebelum itu, pihak asuransi akan melakukan survei atas klaim yang Anda ajukan. Jika klaim diterima, pihak asuransi mengeluarkan Surat Perintah Kerja (SPK) untuk Anda pakai sebagai surat pengantar ketika melakukan perbaikan di bengkel rekanan.
Baca juga:Bagaimana Cara Parkir Paralel yang Benar?
Auto2000 sendiri sudah menjadi salah satu bengkel rekanan asuransi yang bisa AutoFamily manfaatkan. Dengan dukungan para teknisi andal dan berpengalaman, kerusakan yang terjadi dalam mobil Toyota kesayangan AutoFamily pasti bisa diperbaiki dengan maksimal.Ingin mengenal lebih dalam tentang layanan purna jual dari Auto2000? KunjungiDealer Toyotasekarang jugadan dapatkan berbagaiPromo Dealer Mobil Toyotaterbaru untuk berbagai jenislayanan purna jualAuto2000. Anda bisa jadwalkan kunjungandi sini.