cara-kerja-turbocharger-pada-mesin-diesel.png

Inilah Cara Kerja Turbocharger Pada Mesin Diesel

Diterbitkan28 Des 2022

Turbocharger memang identik dengan mesin mobil berperforma tinggi. Namun, apa itu turbocharger dan bagaimana cara kerja turbocharger pada mesin diesel maupun mesin bensin?

Melalui artikel ini, Auto2000 akan memberikan informasi penting kepada AutoFamily seputar turbocharger khususnya di mesin diesel mulai dari pengertian hingga cara kerjanya. Selain itu, kami juga akan memberikan informasi tambahan mengenai cara perawatan turbocharger yang perlu Anda pahami.

Apa Itu Turbocharger?

Turbocharger adalah sebuah teknologi yang berbentuk komponen dan memiliki fungsi untuk meningkatkan output dan performa mesin mobil melalui efisiensi volumetrik udara yang masuk ke dalam ruang bakar.

Turbocharger ini biasanya dipasang dekat dengan komponen exhaust atau sistem pembuangan mobil. Biasanya, turbocharger memiliki 2 komponen utama yaitu turbin dan kompresor. Kedua komponen tersebut terhubung dalam 1 shaft.

Sejarah Turbocharger

Dahulu, teknologi turbo sebenarnya tidak diciptakan untuk pengembangan otomotif dan mesin mobil. Akan tetapi, teknologi turbocharger ini dahulu diciptakan untuk mengatasi masalah engine stalling pada mesin pesawat konvensional.

Jadi, jangan heran apabila pada masa awal penemuannya di era 1900-an, mesin turbocharger masih berukuran sangat besar. Hal ini dikarenakan teknologi ini memang dipasang pada mesin-mesin besar.

Tetapi, setelah keberhasilan teknologi ini terbukti dan semakin dikembangan, perangkat ini pun kian berevolusi. Pada akhirnya, efisiensi mesin turbocharger pun ditingkatkan dan ukurannya pun menjadi semakin ringkas. Kini, turbocharger dapat dipasang pada mobil untuk meningkatkan performa sekaligus efisiensi konsumsi bahan bakar pada mesin.

Baca Juga:Inilah Tanda Tanda Kerusakan Pada Busi Mobil Auto Family

Mobil Toyota dengan Teknologi Turbocharger

Apakah AutoFamily tahu mobil Toyota apa saja yang memiliki teknologi turbocharger? Teknologi ini terpasang pada mobil Toyota Fortuner dan juga Toyota Raize 1.0. Maka dari itu, kedua mobil tersebut memiliki banyak peminat karena performanya yang sangat baik berkat kehadiran turbocharger.

Anda sendiri tentu sudah sering melihat berbagai review dari pengguna mobil Toyota Fortuner dan Toyota Raize 1.0 , bukan? Kedua mobil unggulan dari Toyota ini tidak hanya memiliki bentuk yang sporty, namun juga mesin yang powerful dan efisien.

Mobil dengan turbocharger memang menawarkan sensasi berkendara yang berbeda, fun to drive akan mudah didapat dengan mobil bermesin jenis ini. Baik Toyota Raize 1.0 maupun Fortuner, dapat Anda nikmati sensasi mengemudinya dengan memiliki secara mudah di Auto2000 Digiroom.

Tak usah bingung soal perawatan mobil dengan mesin turbo, sebab layanan bengkel Auto2000 senantiasa melayani perawatan dengan baik untuk Fortuner maupun Raize bermesin turbo.

CEK HARGA TERBARU TOYOTA FORTUNER HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM

Bagaimana Cara Kerja Turbocharger pada Mesin Diesel?

Setelah memahami pengertian turbocharger, mungkin sekarang Anda bertanya-tanya, bagaimana cara kerja turbocharger pada mesin diesel sehingga dapat menghasilkan tenaga yang besar untuk meningkatkan laju kendaraan?

Prinsip kerja turbocharger sebenarnya cukup simpel, yakni dengan memanfaatkan energi yang masih tersimpan dalam gas buang mesin hasil pembakaran. Sisa udara atau energi yang tersimpan di dalam gas buang mesin akan masuk ke dalam shaft tersebut dan memutar komponen turbin di dalamnya.

Dikarenakan kedua komponen utamanya berada dalam 1 shaft yang sama, otomatis aliran udara yang memutar turbin akan masuk dan memutar kompresor juga. Udara akan terkompresi dan menyebabkan tekanannya meningkat.

Ketika tekanan udara mulai meningkat, maka temperaturnya pun ikut meningkat dan disini intercooler berfungsi untuk mendinginkan udara tersebut. Temperatur udara perlu didinginkan agar kuantitas volumenya menjadi lebih banyak dan padat.

Perlu Anda ketahui, temperatur udara yang tinggi memiliki volume yang lebih sedikit dibandingkan dengan temperatur udara yang rendah. Dengan demikian, temperatur udara yang rendah ini akan menghasilkan pembakaran yang lebih banyak dan akhirnya dapat menghasilkan laju kendaraan yang tinggi.

Baca juga:Sebenarnya Apa Fungsi dari Turbo pada Mesin?

Bagaimana Cara Perawatan Mesin Mobil yang Terpasang Turbocharger?

Baik mesin diesel maupun mesin bensin yang memiliki turbocharger membutuhkan perawatan yang sangat baik. Apabila Anda memiliki mobil dengan turbocharger, maka cara yang dapat dilakukan untuk merawat mesin mobil tersebut adalah dengan melakukan pengecekan dan servis secara berkala di bengkel Auto2000.

Mobil dengan teknologi turbocharger membutuhkan penggantian oli mesin secara rutin dan juga pengecekan mesin secara menyeluruh untuk memastikan bahwa kinerja mobil masih dalam kondisi yang optimal. Jika mobil dengan turbocharger jarang dicek dan diservis, maka tentu saja performanya akan menurun dan mobil akan terasa kurang nyaman untuk dikendarai.

Baca juga:Mengenal Teknologi VNT pada Fortuner

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara kerja turbocharger pada mesin diesel. Ingin mengecek atau merawat turbochargerpada mesin mobil diesel Anda? Silahkan kunjungiAuto2000 Digiroomsekarang juga apabila AutoFamily ingin melakukan servis berkala.Jika Anda tidak memiliki waktu untuk membawa mobil ke bengkel, silakan lakukan booking layanan THS-Auto2000 Home Service melalui websiteatau aplikasi Auto2000 Mobile kami.

KunjungiDealer Toyotasekarang jugadan dapatkan berbagaiPromo Dealer Mobil Toyotaterbaru untuk berbagai jenislayanan purna jualAuto2000. Anda bisa jadwalkan kunjungandi sini.

Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.