variable-nozzle-turbocharger.jpg

Mengenal Teknologi VNT pada Fortuner

Diterbitkan12 Jan 2022

Ketangguhan Toyota Fortuner tak perlu disangsikan lagi. Mesinnya yang tangguh dapat AutoFamily andalkan baik untuk di jalan aspal mulus maupun jalan off road sekalipun. Salah satu "senjata" SUV ini tentu adalah mesin dengan dukungan teknologi modern.

Toyota menerapkan teknologi variable nozzle turbocharger pada varian mesin diesel sebagai modal mendapatkan tenaga besar. Teknologi yang terkenal akan singkatan VNT terbukti ampuh memberikan daya besar.

Tercatat dapur pacu diesel Fortune sanggup menghasilkan tenaga 149.6 PS dan torsi 40.8 kgm. Mesin Fortuner ini juga didukung sistem pendingin air di rumah kompresor turbo untuk menurunkan suhu udara yang akan ditekan ke dalam ruang bakar sehingga tekanan udara meningkat.

Teknologi VNT sendiri adalah generasi terbaru dalam teknologi turbocharger di mana turbo menggunakan baling-baling variabel untuk mengontrol aliran gas buang terhadap bilah turbin.

Latar belakang pengembangan VNT sendiri berasal dari isu turbo yang bisa saja kurang optimal pada kecepatan rendah. Jadi bagaimana cara turbo VTG mengatasi masalah ini?

Variable Nozzle Turbine Fortuner memiliki baling-baling kecil yang dapat mengarahkan aliran gas buang ke bilah turbin. Sudut baling-baling disesuaikan melalui aktuator. Sudut baling-baling bervariasi di seluruh rentang Rpm mesin untuk mengoptimalkan kerja turbin.

Teknologi pada SUV tangguh ini dapat berputar mengikuti situasi, kondisi dan kebutuhan tenaga mesin sehingga meminimalkan potensi turbo lag. Sebagi informasi, turbo lag merupakan sebuah kondisi ketika mesin belum bisa menghasilkan torsi lantaran putaran turbo belum cukup kuat untuk memampatkan udara ke dalam ruang bakar.

Teknologi VNT mengurangi risiko tersebut dan memperbesar tingkat kepadatan udara yang dikompresi ke dalam silinder. Maka tak heran jika Toyota Fortuner memiliki tenaga yang selalu optimal baik di putaran rendah maupun tinggi.

Baca juga: Inilah Cara Menghilangkan Jamur pada Cat Mobil

Mesin diesel Fortuner berkode 2GD-FTV 2.400 cc bahkan juga dikenal sebagai dapur pacu yang ramah lingkungan. Langkah meningkatkan efisiensi mesin berikutnya adalah adopsi electronically controlled common-rail injection system dengan tekanan hingga 250 MPa yang membuatnya semakin irit bahan bakar.

Yuk segera miliki Toyota Fortuner yang Anda inginkan di Auto2000 Digiroom. Kemudahan memiliki dan keamanan transaksi akan Anda peroleh saat beli mobil baru menggunakan aplikasi Auto2000 Digiroom.


Auto2000 Digiroom

SEGERA DAPATKAN FORTUNER TERBARU SESUAI KEINGINAN DENGAN MUDAH DI SINI

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.