LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Mengenal Pelumas Palsu

Aktivitas awal yang dilakukan pengendara begitu masuk ke dalam kendaraan pastilah meletakkan tangan kiri di tuas transmisi. Sementara, kaki menginjak pedal kopling.

Begitu mesin hidup dan siap melaju, tuas transmisi harus dipindah dari posisi Netral ke 1. Seiring injakan pedal gas, perlahan-lahan mobil akan bergerak. Ini yang biasa dilakukan saat mengendarai kendaraan dengan transmisi manual.

 

Bisa dibayangkan, apa yang terjadi bila ternyata tuas transmisi tidak bisa dipindahkan ke posisi lain. Meskipun sudah cukup mengerahkan tenaga, terasa ada sesuatu yang mengganjal sehingga persneling tidak bisa digeser ke gigi 1, 2, dst.

Akibatnya jelas. Mobil tidak akan bisa berjalan atau kalau memang sudah masuk gigi tertentu maka kendaraan akan jalan dengan posisi gigi tersebut.

Pengalaman ini sering dialami customer Emergency Roadside Assistance (ERA) AstraWorld. Tak cuma seorang. Tiap bulan, ada saja pengendara yang terjebak karena problem ini. Ini dia salah satu penyebabnya:
 

​​​​​​1. Free Play Pada Kopling Terlalu Besar 


​​​​​​Menurut Suwarno, Technical dan Training Development Staf ERA, masalah ini memang bisa muncul pada kendaraan bertransmisi manual. Banyak kasus, pada saat mesin mati persneling bisa dipindah-pindah dan masuk ke posisi 1,2,3 dst. Sementara pada saat mesin hidup, perpindahan transmisi terasa agak keras bahkan tidak bisa masuk sama sekali.

Jelas, ini amat mengganggu. Bila dipaksakan maka gigi percepatan pada transimisi akan rusak atau mengeluarkan bunyi yang kasar pada saat jalan.

Penanganan kasus di atas sebetulnya mudah saja. Menurut Suwarno, problem seperti itu bisa muncul, salah satunya, karena setelan free play (gerak bebas) pedal kopling terlalu besar. Bila penyebabnya adalah setelan free play yang terlalu bebas, penyelesaiannya tentu dengan penyetelan ulang. Yaitu, dengan mengatur baut adjuster untuk memperkecil free play-nya.

Untuk melakukan penyetelan, perlu diketahui dulu tentang sistem penggerak kopling yang umumnya ada pada mobil. Pada dasarnya sistem penggerak kopling ada dua macam. Yang pertama, menggunakan kabel sebagai penerus injakan pedal kopling ke sistem kopling yang ada di rumah kopling (belakang mesin). Yang kedua, kopling dengan sistem penggerak hidrolik.

Pada model kabel, penyetelannya terletak di bawah samping kepala babi (rumah kopling). Penyetelan dilakukan dengan memutar baut penyetel tersebut ke arah memperpendek gerak dari garfu pembebas yang ditahan kabel tersebut.

​​​​​​​Sementara model hidraulik, penyetel kebanyakan kendaraan di pedal kopling yang berada pada ujung pedal. Di sana biasanya terdapat batang pendorong (push rod). Kalau kita lihat dari kasus di atas, maka batang pendorong ini kita perpanjang dengan cara mengendorkan mur yang berada pada batang pendorong tersebut. Kemudian batang pendorong tersebut kita putar sesuai dengan arah memanjangnya batang tersebut.


2. Kanvas Kopling Tipis

Selain karena setelah free play, bisa juga, gigi yang tidak bisa dipindah terjadi karena kanvas kopling sudah tipis. Solusinya tentu berbeda. Apabila kanvas kopling sudah tipis secara otomatis tenaga yang diteruskan juga tidak maksimal.

Gejala awal, biasanya kendaraan akan jalan pada saat putaran mesin tinggi (kendaraan baru bisa jalan pada saat pedal gas diinjak secara dalam). Jika ternyata penyebabnya adalah kanvas kopling tipis, penyelesaiannya adalah dengan mengganti kanvas kopling dengan yang baru.

Khusus kopling dengan sistem hidraulik, kebocoran minyak kopling juga bisa menyebabkan gigi transmisi sulit ‘di-oper’, bahkan tidak bisa masuk sama sekali. Penyelesaiannya harus dengan mengganti komponen yang menyebabkan kebocoran tersebut.

Misalnya, karet-karet master silinder kopling (silinder kopling atas) dan silinder kopling bawah.

Baca juga: 
Mesin Mobil Cepat Panas? Cari Tahu Penyebabnya!​​​​​​​


3. Kebocoran Fluid di Master Kopling


Kebocoran fluid ini menyebabkan tekanan hidrolik yang dihasilkan tidak akan sempurna, sehingga membuat transmis roda berputar untuk mengganti gigi menjadi sulit. Hal ini biasanya harus langsung diperbaiki atau dikonsultasikan. Jika dibiarkan, maka akan membuat kopling semakin sulit untuk berpindah. 


4. Setelan Pedal Tidak Tepat 


Biasanya ketika merasa tidak nyaman dengan pedal, maka pijakan kaki menjadi sulit dikendalikan. Jadi, ketika pijakan tidak tepat, ini akan membuat Anda sulit untuk memasukkan gigi. Jadi, perhatikan kenyamanan dan keaman berkendara juga ya AutoFamily. 
​​​​​​

5. Shift Fork Aus 


Jika shift fork aus ini akan menyebabkan terjading halangan untuk gigi masuk, dikarenakan tidak akan mampu menyambungkan pergeseran gigi yang hendak terjadi. Khususnya pada bagian yang bernama shift fork dan hub sleeve. 

Jika AutoFamily merasa kebingungan bagaimana harus memperbakinya sementara keadaan sudah sangat membuat Anda tidak nyaman. Maka segera lakukan booking servis online pada website Auto2000, sehingga Anda dapat lebih mempercepat proses servis. Sebelumnya, jangan lupa lakukan pengcekan cabang Auto2000 terdekat Anda.

Baca juga: Ini 8 Cara Membersihkan Radiator Mobil

​​​​​​​

PROMO MENARIK DI AUTO2000 DAPATKAN SEKARANG!

PROMO1 ​​​​​​ promo sehat toyotaku

lebih ringan cicil toyota ​​​​​​​ corolla cross digiroom new normal deals

corolla cross saatnya merdeka ​​​​​​ bayar setengah cicilan promo

promo perkasa​​​​​​​ ​​​​​​​ promo perkasa​​​​​​​

promo viosvaganza​​​​​​​ ​​​​​​​ promo new yaris

promo spontan ​​​​​​ promo spontan

promo spontan
Share this article
More News
toyota innova trd
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF