brake-dust.png

Apa Itu Brake Dust yang Bisa Timbul di Velg?

Diterbitkan19 Agu 2021

Sebuah mobil tentunya memiliki sistem pengereman sebagai syarat mutlak untuk berjalan. Namun sadarkah Anda sisa dari efek pengereman menyisakan debu yang bisa terlihat. Debu atau yang juga disebut brake dust tersebut bahkan kerap menempel dan menumpuk di bagian velg.

Saat Anda mencuci mobil, tetapi ketika Anda sampai ke roda mereka ditutupi oleh debu abu-abu yang sulit dihilangkan, bisa jadi itu adalah sisa dari pengereman. Bahkan setelah Anda membersihkannya, debu tersebut kembali dengan cepat.

Itulah debu debu rem. Tak usah khawatir, kemunculan debu rem adalah hal normal dan bukan merupakan gejala rem blong. Namun kabar buruknya adalah setiap kali Anda menggunakan rem, artinya Anda membuat lebih banyak brake dust.

Apa itu brake dust?

Debu halus dengan warna abu-abu kehitaman yang sering menutupi roda kendaraan disebut dengan debu rem atau brake dust. Pada dasarnya, debu rem terdiri dari partikel besi dan disebabkan oleh gesekan besi cor rotor rem dengan kampas rem.

Selain itu, brake dust juga mengandung beberapa elemen logam dari kampas rem dan residu karbon, yang juga berasal dari komponen kampas rem. Mayoritas unsur dari kampas rem modern merupakan semi-logam.

Komponen tersebut terbuat dari serat baja dikompresi dan kemudian digabungkan dengan aditif lain untuk menghasilkan sebuah kampas rem. Serat baja sebenarnya dapat membentuk 30% dari bantalan rem sehingga ketika ditekan ke rotor rem, hal itu dapat menggores rotor dan menciptakan brake dust.

Baca Juga:

Cara Mengatasi Aki Tekor dan Penyebabnya

Apa Saja Penyebab Lampu Indikator Injeksi Menyala

Maka dari itu sangat disarankan agar Anda selalu membeli kampas rem asli Toyota yang tersedia di Auto2000. Karena kualitasnya sudah terjamin dan pasti cocok dengan berbagai mobil Toyota.

Kenapa membersihkan brake dust itu penting?

Selama debu sisa pengereman alias brake dust tidak ada indikasi membuat malfungsi sistem pengereman, maka sebenarnya tidak masalah jika jarang atau tidak pernah dibersihkan.

Brake dust sendiri dapat mengikis lapisan clear coat pada velg jika lama dibiarkan. Bahkan bisa "memakan" permukaan aluminum alloy dari velg itu sendiri.

Untungnya mengusir brake dust sendiri bukanlah sebuah pekerjaan sulit. Anda pun bisa melakukannya sendiri di rumah dengan peralatan sederhana. Berikut adalah sejumlah alat yang diperlukan untuk mengusir brake dust:

  • Ember
  • Spons
  • Cairan pembersih velg
  • Selang
  • Air mengalir
  • Sikat bulu lembut
  • Wax

Cara membersihkan brake dust

  1. Velg haruslah dalam kondisi dingin sebelum Anda hendak memulai membersihkannya. Jika mobil baru dipakai, maka diamkan sekitar 1 jam agar suhu velg turun dan aman untuk dibersihkan.
  2. Proses membersihkannya sama seperti mencuci velg. Mulailai melakukan bilas dengan air mengalir dari selang. Sambil disiram, lakukan penggosokan agar brake dust rontok.
  3. Setelah dirasa bersih maka silakan keringkan. Atau bisa juga lanjutkan pencucian dengan shampo mobil agar benar-benar bersih dan wangi, baru setelahnya dibilas ulang dan keringkan.
  4. Setelah velg benar-benar kering maka lakukan poles dengan wax.
  5. Lakukan perawatan dan pembersihan velg secara berkala menggunakan lap kering dan cairan pembersih velg.

Kini Anda telah mengenal apa itu brake dust. Pada dasarnya sekali lagi debu satu ini tidaklah berbahaya, namun bukan berarti tidak perlu dibersihkan. Selalu rawat velg mobil Anda untuk tampilan dan kondisi yang selalu terbaik.


Auto2000 Digiroom

MENCARI SUV GAGAH DENGAN SISTEM PENGEREMAN TERBAIK? PILIH FORTUNER DI AUTO2000

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.