biaya-bawa-mobil-naik-kapal-jakarta-medan.jpg

Berapa Biaya Bawa Mobil Naik Kapal Jakarta-Medan?

Diterbitkan20 Mei 2021

Apabila AutoFamily ingin bepergian ke Medan menggunakan kendaraan pribadi, maka alternatifnya adalah dengan menaiki kapal feri. Dari Jakarta, Anda bisa menuju ke Pelabuhan Tanjung Priok untuk menaiki kapal. Sebagai informasi, kapal tujuan Medan dari Jakarta hanya tersedia di Pelabuhan Tanjung Priok. Informasi mengenai harga tiket, biaya bawa mobil naik kapal Jakarta-Medan, dan fasilitas lainnya bisa AutoFamily simak di bawah ini!

Kapal Jakarta-Medan

Rute perjalanan darat menggunakan mobil pribadi Jakarta-Medan bisa Anda tempuh dengan menaiki kapal. AutoFamily bisa menaiki KM Kelud untuk mencapai Medan. KM Kelud merupakan kapal penumpang dengan kapasitas 2000 orang. Armada laut ini bersandar di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta. Rute yang dilewati KM Kelud adalah Pelabuhan Tanjung Priok, Pulau Batam, Tanjung Balai Karimun, dan Belawan.

Jadwal keberangkatan kapal adalah setiap hari pukul 23.59 WIB dari Jakarta. Lama penyeberangan Jakarta-Medan dengan menggunakan KM Kelud adalah sekitar 2 hari 13 jam 1 menit. Oleh karena itu, waktu perkiraan kedatangan Anda di Pelabuhan Belawan Medan adalah pukul 13.00 WIB, dua hari setelah tanggal keberangkatan. Misalnya, apabila AutoFamily berangkat pada Jumat, 23 April, maka perkiraan tiba adalah Senin, 26 April.

CEK PENAWARAN TERBAIK NEW KIJANG INNOVA DI SINI!

Harga tiket

Tersedia beberapa harga tiket KM Kelud untuk rute perjalanan Jakarta-Medan. Perbedaan harga ini tergantung pada kelas kapal. Pembagian harga tiket kapal adalah sebagai berikut:

  • Kelas 1A : Rp1.329.000

  • Kelas 1B : Rp1.086.000

  • Kelas 2A : Rp741.000

  • Kelas 2B : Rp683.000

  • Kelas Ekonomi : Rp412.000

  • Kelas Ekonomi khusus wanita : Rp412.000

Perlu diketahui bahwa harga tersebut berlaku untuk satu orang. Apabila AutoFamily bepergian bersama dengan keluarga, maka harganya tinggal dikalikan saja. Tentu saja, harga di atas belum termasuk biaya bawa mobil naik kapal Jakarta-Medan.

Inilah biaya bawa mobil naik kapal Jakarta-Medan

Tarif yang telah disebutkan di atas hanya berlaku untuk penumpang. Maksudnya, apabila AutoFamily datang ke pelabuhan dengan menggunakan kendaraan umum maupun diantar orang lain, maka hanya perlu membayar tiket per orang sesuai dengan kelas yang dipilih.

Namun, jika membawa kendaraan pribadi, maka harus membayar lagi biaya bawa mobil naik kapal Jakarta-Medan. Untuk kendaraan pribadi, contohnya sedan, jeep, MPV, SUV, dan sejenisnya, masuk ke golongan IV Penumpang dengan tarif naik kapal sebesar Rp450.000. Lalu, apabila AutoFamily bepergian bersama dengan keluarga dengan menggunakan minibus atau bus kecil, maka masuk ke golongan V Penumpang dengan tarif Rp900.000. Perlu diketahui bahwa harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu juga.

Baca Juga:Belajar Nyetir? Ini Cara Memegang Setir Mobil yang Benar

Perhatikan syarat dan ketentuan naik kapal

Mengingat kondisi pandemi yang belum berakhir, maka selain memperhatikan biaya bawa mobil naik kapal Jakarta-Medan dan tarif perorangan, AutoFamily pun perlu memahami syarat dan ketentuan naik armada laut. Salah satu syarat yang harus diperhatikan adalah Surat Keterangan Bebas COVID-19 dari hasil Rapid Test Antigen atau Swab-PCR.

Surat Keterangan Bebas COVID-19 itu pun selanjutnya bakal divalidasi ulang oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan. Oleh karenanya, sebagai calon penumpang kapal, AutoFamily wajib datang ke pelabuhan maksimal tiga jam sebelum keberangkatan. Validasi tersebut juga termasuk pengecekan suhu tubuh yang tidak boleh lebih dari 37,30 derajat Celcius.

Perlu AutoFamily ketahui bahwa tiket KM Kelud bisa dipesan online melalui website PELNI. Tarif penumpang dan biaya bawa mobil naik kapal Jakarta-Medan ini bukanlah hal mutlak, yang artinya bisa berubah kapan saja. Oleh karena itu, lebih baik konfirmasi ulang mengenai harga sebelum keberangkatan.

Baca Juga:Rincian Lengkap Langkah dan Biaya Perpanjang STNK 5 Tahunan

Satu hal lagi, pastikan kendaraan Toyota AutoFamily sudah dalam kendaraan prima sebelum dibawa berkendara jarak jauh. Mengingat kendaraan akan berada di dalam kapal selama dua hari, maka sebelum pergi, cek dulu kondisi mesin agar tidak mengalami mogok.KunjungiDealer Toyotasekarang jugadan dapatkan berbagaiPromo Dealer Mobil Toyotaterbaru untuk berbagai jenislayanan purna jualAuto2000. Anda bisa jadwalkan kunjungandi sini.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.