LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

bersihkan-filter-udara-cara-mudah-jaga-performa-mesin

 

Auto2000.co.id –  Untuk memastikan ruang bakar kendaraan selalu steril dari debu dan kotoran, setiap mobil selalu dilengkapi dengan filter udara. Namun penting diketahui bahwa filter udara juga butuh perawatan.

Seiring usia dan penggunaan mobil, maka fungsi filter untuk menyaring debu serta kotoran lain dari luar agar tak masuk ke dalam ruang pembakaran akan berkurang.

Kondisi ini bisa disebabkan dua hal, pertama karena faktor usia dan sudah rusak, sementara selanjutnya adalah yang sering terjadi, yakni menumpuknya kotoran.

“Pada prinsipnya filter udara memiliki fungsi untuk memastikan bahwa ruang pembakaran tetap bersih, udara yang bersih berarti memiliki kualitas baik yang berdampak sangat baik bagi performa mobil,” ucap Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak.

BACA JUGA : Ini Beberapa Sebab Aktor Film Terkenal Beli Alphard di Auto2000

“Bila filter sudah kotor atau tak bisa digunakan, maka yang terjadi kebalikannya,” tegasnya.

Lebih lanjut Suparna menjelaskan bila sebenarnya filter udara juga perlu perlakuan khusus, seperti dibersihkan secara berkala. Dengan melakukan hal tesebut, selain bisa menjaga performa mesin juga bisa bermanfaat untuk memperpanjang masa pakai filter.

Untuk membersihkan sebenarnya tidak sulit, cukup buka kap mesin dan keluarkan filter dari rumah filter atau boksnya, lalu semprotkan dengan udara dari kompresor.

Usakan tekanan udaranya rendah, karena kalau terlalu tinggi bisa merusak meterial filter yang rata-rata terbuat dari bahan karton halus yang cukup ringkih.

BACA JUGA : Ini Fitur Auto2000 Mobile Yang Dipakai Motivator Terkenal Merry Riana

“Kalau tidak ada kompresor, cukup dikibas-kibas biasa saja agar debu atau kotoran lainnya turun, setelah itu bisa langsung pasang kembali. Hal ini bisa dilakukan sendiri tiap 5.000 sampai 7.000 kilometer,” urai Suparna.

“Jangan dibasahkan, mengingat bahan dari kertas atau karton karena bisa-bisa justru rusak,” wantinya.

Sementara untuk penggantian filter udara, Suparna menjelaskan baiknya dilakukan menurut panduan servis berkala, yakni tiap 40.000 km.

Tapi bila memang mobil banyak digunakan di daerah berdebu seperti kawasan industri, atau pertambangan dan lain sebagainya, upayakan melakukan penggantian lebih cepat, seperti pada 25.000 atau 30.000 km sekali.

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia