Benarkah Mesin Mobil Diesel Tidak Boleh Langsung Dimatikan?"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Benarkah Mesin Mobil Diesel Tidak Boleh Langsung Dimatikan?


Auto2000.co.id – Pengguna Toyota Fortuner atau Kijang Innova bermesin diesel mungkin masih ada yang belum mengetahui soal perlakuan atau perawatan pada mobil pengonsumsi solar ini.
​​​​​​​
Paling mudah, mengenai cara mematikan mesin setelah mobil menempuh jarak puluhan bahkan ratusan kilometer.

Jadi, ada aturan main ketika hendak mematikan mesin mobil bermesin diesel. Jangan asal, karena bisa mempengaruhi kinerja mesin untuk jangka waktu lama.

Seperti dijelaskan oleh Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Jakarta Selatan. Menurut dia, sebaiknya setelah tiba di lokasi parkir, jangan langsung mematikan mesin diesel.

BACA JUGA : Ini 3 Senjata Andalan Auto2000 di Era Digital Zaman Now, Nomor 3 Paling Cantik

Sedikit bersabar, diamkan kurang lebih 20 – 30 detik agar sirkulasi pelumas, pendingin, dan yang lainnya kembali ke kondisi normal lagi.

“Apalagi mesin diesel yang mengadopsi turbo, kalau langsung mematikan mesin dikhawatirkan akan terjadi keausan, sehingga performa mesin menjadi tidak maksimal lagi nantinya,” kata Suparna belum lama ini di Jakarta.

Selain itu, apabila terbiasa mendiamkan beberapa detik maka sirkulasi oli mesin menjadi sempurna dan tidak seketika berhenti saat sedang bersirkulasi dengan kecepatan tinggi.

BACA JUGA : Benarkah Ban Mobil Cepat Panas dan Gampang Meletus di Jalan Tol?

Sedangkan untuk mesin diesel tanpa turbo, hal sama juga wajib diperhatikan. Sederhananya jangan langsung mematikan mesin. Usahakan selalu mendiamkan beberapa saat, setelah itu baru mematikan mesin mobil.

“Hanya itu perlakuan yang harus lebih diperhatikan oleh pengguna mobil Toyota bermesin diesel. Selebihnya tidak ada, selain memperhatikan juga penggunaan bahan bakar diesel yang sesuai rekomendasi pabrikan,” ungkap Suparna.

Suparna juga menyarankan, apabila mengalami masalah pada mesin diesel Toyota, maka sebaiknya langsung datang ke bengkel resmi Auto2000 untuk diperbaiki segera dan ditangani oleh teknisi yang andal seputar mesin diesel.
Share this article
Tanya Tasia