Begini Cara Merawat Lampu LED New Avanza Supaya Awet"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Begini Cara Merawat Lampu LED New Avanza Supaya Awet


Auto2000.co.id – Tren lampu light emiting diode atau LED, sampai saat ini makin diminati. Dengan segala kelebihan yang dimiliki LED, Toyota mulai menggunakan lampu bercahaya putih tersebut sebagai perangkat standar bawaan New Avanza dan New Veloz.
​​​​​​​
Pengaplikasian LED pada New Avanza dan New Veloz sekaligus menjadikan kedua produk ini sebagai yang pertama di kelasnya menawarkan teknologi ini. Selain menambah kece penampilan kedua model, bagaimana dengan perawatannya ?

Menjawab hal ini, Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso Suparman, menjelaskan, tidak ada perlakuan khusus untuk merawat lampu LED. Namun bila ingin lebih awet, tetap ada beberapa kondisi yang harus dijaga dan diperhatikan.

BACA JUGA : Benarkah Ban Mobil Cepat Panas dan Gampang Meletus di Jalan Tol?

“Dari sisi perawatan tidak ada yang spesial, sama saja dengan menggunakan bohlam konvensional. Namun yang perlu diperhatikan adalah untuk menjaga pemakaiannya agar lebih tahan lama atau awet,” kata Suparman.

Menurut Suparman, ada beberapa hal yang harus dihindari pemilik New Avanza dan New Veloz bila ingin lampu LED memiliki usia pakai yang panjang. Pertama, menjaga lensa utama agar tidak retak atau rusak.

Kedua, selalu menjaga lampu LED agar tidak terkena air yang bisa menimbulkan hubungan arus pendek atau korsleting. Biasanya air bisa masuk karena adanya kebocoran pada batok head lamp atau bagian kaca mikanya.

BACA JUGA : Mau Booking Service Auto2000 Pakai Whatsapp? Yuks Tasia Bantu

Pemillik kendaraan diwajibkan untuk selalu memantau kondisi mika lampu tersebut, terutama ketika musim hujan seperti sekarang ini. Bila ternyata ada kebocoran, memungkinkan air untuk bersarang di mika dan membuat kerusakan LED.

Selain kedua faktor tadi, faktor ketiga yang tak kalah penting dilakukan menurut Suparman adalah menjaga tegangan arus listrik pada kendaraan. Karena itu, pemilik juga wajib memperhatikan kondisi aki yang menjadi suplai kelistrikan di mobil.

“Meski harusnya LED memiliki waktu pakai lebih panjang dibandingkan jenis lampu lainnya, namun bila tegangan listrik bermasalah bisa membuat usianya lebih singkat. Jadi jangan malas melihat kondisi kelistrikan seperti aki,” ucap Suparman.
Share this article
Tanya Tasia