Cancel

Ketahui Cara Membuat Avanza Lebih Irit BBM Disini

Cara membuat Avanza lebih irit bisa dimulai dari memahami bagaimana cara memperlakukan mobil yang bisa membuatnya tidak konsumtif dalam menanggak bahan bakar

Oleh sebab itu, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum berkendara supaya saat di jalan mobil Anda bisa bekerja optimal dan tidak boros bensin. Yuk, simak bersama-sama di sini.

Inilah Cara Membuat Avanza Lebih Irit

Agar mobil Avanza Anda bisa lebih irit pada bagian konsumsi bahan bakar, maka beberapa cara di bawah ini akan bisa membantu. Rasakan penghematan pada budget bahan bakar Anda.

1. Sesuaikan Oktan Berdasarkan Rekomendasi Pabrik

Yang pertama adalah mobil sejuta umat ini harus mengkonsumsi bensin dengan nilai oktan BBM sesuai rekomendasi pabrikan. Anda bisa mempelajarinya di buku manual atau berdiskusi dengan Service Advisor (SA) bengkel resmi Auto2000 saat menjalani servis berkala.

Bahan bakar yang sesuai rekomendasi membuat mesin mobil dapat bekerja optimal dan menghasilkan tenaga yang pas di segala kondisi jalan. Mobil tidak perlu bekerja keras dan rileks dalam mengkonsumsi BBM.

Baca Juga: Cara Menjaga Voltase Aki Mobil Tetap Stabil

2. Tekanan Ban

Berikutnya cara membuat Avanza lebih irit yang masih sering terlupakan adalah mengecek tekanan udara ban minimal sebulan sekali.

Jika tekanan udara ban kurang dari yang telah ditentukan, otomatis ban semakin berat menopang beban mobil. Bagi ban yang tekanan angin di dalam ban sesuai rekomendasi pabrikan sanggup menyalurkan tenaga mesin dengan baik dan berujung pada penghematan konsumsi BBM. Pun membantu Anda menjaga keselamatan berkendara.

Sejatinya mobil MPV seperti Toyota Calya dan Toyota Avanza memang untuk membawa muatan dalam jumlah besar, baik penumpang maupun barang.

Tapi bukan berarti Anda bisa seenaknya mengisi kabin dengan orang dan barang melampaui batas berat yang direkomendasikan oleh pabrikan. Untuk lebih jelasnya mengenai beban muatan maksimal ada di buku manual.

CEK PENAWARAN TERBAIK MOBIL TOYOTA CALYA DI SINI! 

3. Beban Berlebihan

Cara membuat avanza bisa lebih irit lagi dengan mengurangi beban berlebih yang akan membuat mobil Anda bekerja lebih keras. Seperti mesin yang butuh tenaga besar untuk membuat mobil bergerak.

Tidak hanya itu sisi negatifnya. Komponen lain seperti kaki-kaki, ban, kemudi, dan suspensi juga bekerja lebih keras agar mobil dapat bergerak dengan mulus. Ini bisa mereduksi usia pakai komponen-komponen tersebut.

Kota besar seperti Jakarta tidak pernah putus oleh kemacetan. Meski demikian, ada waktu dimana kondisi jalan tidak seramai jam sibuk.

Anda bisa mempelajari jam sibuk di rute yang biasa ditempuh. Selanjutnya tinggal disesuaikan dengan aktivitas rutin yang dikerjakan setiap hari.

Keputusan mengatur waktu perjalanan juga membuat Anda tidak terburu-buru di jalan sehingga bisa berkendara dengan rileks dan wajar. Output-nya adalah konsumsi bensin yang moderat.

Sejalan dengan mengatur waktu perjalanan, Anda bisa mencari rute alternatif yang lebih lancar. Untuk itu, bisa memanfaatkan aplikasi peta digital.

Biasanya, saat Anda memasukkan tujuan, peta digital akan menampilkan beberapa opsi rute dengan perhitungan waktu tempuh. Anda bisa memanfaatkan salah satu opsi rute tersebut.

Sistem algoritma di aplikasi peta digital saat ini semakin baik dan akurat, sehingga bisa diandalkan. Dengan memotong waktu tempuh, maka Anda sudah menghemat konsumsi BBM.

Baca juga: Cari Tahu Fungsi Resonator Untuk Mobil

​​​​​Namun semua penjelasan teknis di atas tidak akan berguna bila Anda tidak bisa mengatur emosi di jalan. Misal saat berjalan santai di jalan tol dan tiba-tiba dipotong mobil lain.

Emosi Anda langsung naik dan mengejar mobil tersebut. Pola berkendara seperti ini sudah pasti akan membuat penggunaan bahan bakar pada mobil jadi boros. Belum lagi risiko kecelakaan dan perkelahian bila orang tersebut meladeni emosi Anda.

Oleh sebab itu, kendalikan emosi sejak sebelum menyalakan mesin kendaraan. Tenangkan diri dan fokus untuk mengemudi mobil. Usahakan untuk melepaskan beban masalah agar pikiran tidak bercabang.

Supaya rileks, Anda bisa setel audio dengan musik kesukaan. Jangan lupa bawa air putih agar tidak kehausan dan menenangkan diri saat emosi memuncak agar bisa efisien saat membawa kendaraan.

Baca jugaBiaya Ganti Plat Mobil, Syarat dan Prosedurnya​​​​​​​

Nah, buat Anda yang mau ke bengkel resmi Auto2000 bisa memanfaatkan fitur booking service online. Namun, sebelumya pastikan dahulu lokasi Cabang Auto2000 terdekat di wilayahmu. Sudah demikian? Jangan lupa juga dapatkan berbagai promosi dan penawaran mobil baru Toyota hanya di Auto2000 Digiroom

Share this article
Avatar

Auto2000 Digiroom

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang tersebar di seluruh Indonesia.

Temui kami di Media Sosial
Promosi Lainnya
Simulasi Kredit dan Cicilan Toyota Yaris 2022
Temukan simulasi kredit mobil Yaris dan cicilan Toyota Yaris 2022 disini!

Dapatkan harga penawaran kredit mobil Yaris dengan cicilan ringan sesuai dengan kebutuhan AutoFamily! Yuk, simak daftar harga untuk setiap model Toyota Yaris di bawah ini untuk melihat penawaran, informasi DP, dan cicilan dari Auto2000 :



*Daftar harga yang ditampilkan tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Untuk kalkulator simulator perhitungan kredit lebih detail dapat berkunjung ke halaman Toyota Yaris

AutoFamily dapat mengunjungi halaman Toyota Yaris untuk menghitung simulasi kredit mobil impianmu dengan mudah lho!

Tunggu apa lagi, dapatkan penawarannya sekarang untuk bawa pulang Avanza pilihan AutoFamily. Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan penawaran terbaik.
01 Agustus 2022
Simulasi Kredit dan Cicilan Toyota Rush 2022
Temukan simulasi kredit mobil Rush dan cicilan Toyota Rush 2022 disini! Dapatkan harga penawaran kredit mobil Rush dengan cicilan ringan sesuai dengan kebutuhan AutoFamily! Yuk, simak daftar harga untuk setiap model Toyota Rush di bawah ini untuk melihat penawaran, informasi DP, dan cicilan dari Auto2000 :



*Daftar harga yang ditampilkan tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Untuk kalkulator simulator perhitungan kredit lebih detail dapat berkunjung ke halaman Toyota Rush

AutoFamily dapat mengunjungi halaman Toyota Rush untuk menghitung simulasi kredit mobil impianmu dengan mudah lho!

Tunggu apa lagi, dapatkan penawarannya sekarang untuk bawa pulang Rush pilihan AutoFamily. Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan penawaran terbaik.
01 Agustus 2022
Simulasi Kredit dan Cicilan Toyota Avanza 2022
Temukan simulasi kredit mobil Avanza dan cicilan Toyota Avanza 2022 disini! Dapatkan harga penawaran kredit mobil Avanza dengan cicilan ringan sesuai dengan kebutuhan AutoFamily! Yuk, simak daftar harga untuk setiap model Toyota Avanza di bawah ini untuk melihat penawaran, informasi DP, dan cicilan dari Auto2000 :

*Daftar harga yang ditampilkan tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Untuk kalkulator simulator perhitungan kredit lebih detail dapat berkunjung ke halaman Toyota Avanza

AutoFamily dapat mengunjungi halaman Toyota Avanza untuk menghitung simulasi kredit mobil impianmu dengan mudah lho!

Tunggu apa lagi, dapatkan penawarannya sekarang untuk bawa pulang Avanza pilihan AutoFamily. Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan penawaran terbaik.
01 Agustus 2022
Cicilan Ringan Mobil Toyota Avanza
Hai AutoFamily!

Mana nih suaranya AutoFamily yang suka melakukan perjalanan bersama orang-orang tercinta? Kenyaman All New Toyota Avanza adalah solusinya.

Dengan desain baru yang modern dan mengusung arsitektur Toyota New Global Architecture (TNGA) membuat kenyaman dan kehandalan pengendalian menjadi lebih unggul. All New Toyota Avanza juga hadir dengan fitur keamanan yang canggih yang termasuk dalam sistem Toyota Safety Sense (TSS) yang membuat perjalanan lebih aman dan nyaman.

Anda bisa mendapatkan mobil Toyota Yaris baru dengan cicilan yang ringan! Bawa pulang Toyota Yaris dengan cicilan mulai dari Rp 3,1 jutaan saja!*

Tunggu apa lagi? Isi formulir di bawah untuk dapatkan penawarannya sekarang.

*syarat dan ketentuan berlaku

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.
01 Agustus 2022
Tanya TasiaBackground Lazy GIF