LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Beda Spesifikasi Oli Untuk Mesin Diesel dan Bensin

Auto2000.co.id – Mobil keluarga Toyota Kijang Innova mempunyai 2 pilihan mesin modern, yakni 2.0 bensin dan 2.4 diesel. Artinya, ada perbedaan mendasar dalam hal spesifikasi dan karakteristik mesin, serta kebutuhan pelumas yang sesuai.

Kedua pasti memiliki sifat dan karakter spesifikasi mesin yang berbeda. Alhasil, butuh bahan bakar dan oli mesin yang berbeda pula.

Makanya, sebaiknya Anda tidak asal mengganti oli mesin keduanya. Paling mudah tentunya dengan membawa langsung ke bengkel resmi Auto2000 untuk digantikan yang sesuai kebutuhan.

Meski demikian, tidak ada salahnya pula kalau Anda paham perbedaan oli mesin bensin dan diesel. Dengan begitu, Anda juga jadi lebih paham pentingnya oli mesin agar mesin tetap dapat bekerja optimal.

BACA JUGA : Lakukan Servis Berkala Tiap 6 Bulan dan Anda Bisa Dapat Hadiah Ini Gratis

Fungsi Oli Mesin

Fungsi oli mesin di mobil Toyota tidak sekadar sebagai pelumas antar komponen mesin yang bergesekan. Oli juga bertugas untuk menjaga kestabilan suhu, membersihkan, dan mencegah munculnya karat di dalam ruang mesin.

Performa mesin mobil keluarga seperti Toyota Kijang Innova akan selalu terjaga optimal. Dan yang terpenting, oli menjaga kondisi komponen yang bergerak dan saling bergesekan agar memiliki usia pakai yang panjang sehingga menunjang produktivitas mesin.

Beda Karakter Mesin Bensin dan Diesel

Mesin bensin mengandalkan busi untuk membakar bensin dan biasa bermain di putaran mesin tinggi. Sementara mesin diesel, biasa bermain di putaran rendah dan mengandalkan kompresi tinggi untuk meledakkan bahan bakar.

BACA JUGA : Jangan Panik, Lakukan Langkah Ini Ketika Ban Mobil Pecah di Jalan Tol

Secara teknis, mesin diesel bekerja dalam lingkungan kerja yang lebih berat karena ruang bakar yang lebih panas. Ditambah, bahan bakar mesin diesel memiliki kandungan sulfur yang akan berubah menjadi jelaga sebagai sisa pembakaran.

Sementara mesin bensin punya ruang bakar yang relatif bersih lantaran tidak ada sulfur seperti mesin diesel. Apalagi bensin yang beredar saat ini sudah tidak ada kandungan timbal yang bisa menimbulkan kerak.

Beda Kebutuhan Oli Mesin Bensin dan Diesel

Perbedaan karakter mesin bensin dan diesel menyebabkan terjadinya perbedaan kebutuhan oli untuk masing-masing jenis mesin tersebut. Perbedaan mendasar antara oli mesin diesel dengan oli mesin bensin, ada pada viskositas dan kandungan detergennya.

BACA JUGA : 6 Alasan Anda Harus Beli Mobil Baru Toyota di Auto2000

Untuk memenuhi kewajiban bekerja di lingkungan sangat panas dan terdapat sisa jelaga, oli mesin diesel memiliki viskositas yang lebih kental dan kandungan detergen yang lebih banyak ketimbang oli mesin bensin.

Dengan nilai viskositas lebih kental, diharapkan oli mesin diesel dapat bertahan di suhu ruang bakar yang tinggi dan tidak mudah rusak racikan kimianya.

Sedangkan detergen dipakai untuk membilas jelaga yang timbul agar tidak berubah menjadi kerak di komponen mesin. Tumbuhnya kerak bisa menghambat kinerja mesin.

Oleh sebab itu, usahakan untuk selalu menggunakan oli mesin yang sesuai peruntukannya. Paling mudah tentunya dengan membaca buku manual kendaraan atau konsultasi dengan service advisor bengkel resmi Auto2000.

Auto2000

Share this article
More News
toyota innova trd
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF