beda-one-way-dan-contra-flow.jpg

Mengenal Beda One Way dan Contra Flow Lalu Lintas

Diterbitkan1 Jun 2023

Dalam rangka mengurangi kemacetan pada ruas jalan, aparat kepolisian memberlakukan rekayasa lalu lintas berupa one way dan contra flow. Sudahkah AutoFamily memahami beda one way dan contra flow? Rekayasa lalu lintas ini ditujukan agar tidak terjadi kemacetan yang terlalu parah dan semua pengendara tetap nyaman saat melintasi jalanan.

Apalagi, biasanya sebagian besar rekayasa lalu lintas dilakukan menjelang hari raya atau hari libur nasional. Tentu saja AutoFamily ingin segera sampai ke tempat tujuan dan menikmati waktu bersama keluarga. Oleh karenanya, ditetapkan sejumlah kebijakan tersebut di jalan raya dan diharapkan dapat memecah kemacetan.

Lantas apa yang dimaksud dengan one way dan contra flow serta di mana letak perbedaannya? Berikut Auto2000 bagikan informasi selengkapnya untuk Anda.

Apa Itu Sistem One Way?

One way adalah sebuah sistem peraturan lalu lintas yang mengubah jalan yang semula 2 arah menjadi 1 arah saja guna mengurangi antrian kendaraan yang akan melintas. Sistem ini dilakukan dengan meningkatkan kapasitas jalan sehingga lebih banyak kendaraan yang bisa melintas dalam beberapa ruas jalan ke arah tertentu.

Sebagai contoh, ketika terjadi kepadatan lalu lintas di area tol keluar Cikampek sampai gerbang tol Kalikangkung saat menjelang mudik lebaran, aparat kepolisian menerapkan sistem one way dengan menetapkan aturan bahwa seluruh pintu tol Cikampek hanya dikhususkan bagi kendaraan keluar saja. Sedangkan mobil lain diarahkan untuk menggunakan jalan tol lain atau jalan non-tol.

Hal ini diartikan bahwa kepolisian satlantas merekayasa lalu lintas dengan mengubah jalur dua arah menjadi satu arah. Dengan menutup salah satu arus jalan, maka diharapkan bahwa pengendara mobil yang berkendara di sepanjang arus mudik tidak mengalami kemacetan yang cukup panjang.

Baca juga:Debut Dunia! Innova Hybrid Bisa Segera AutoFamily Miliki

Apa Itu Contra Flow?

Contra flow adalah sistem pengaturan lalu lintas dengan cara mengubah arah laju kendaraan dari arah normal menjadi berlawanan. Cara yang dilakukan dalam rekayasa jalan ini adalah dengan memecah jalan ke arah tertentu menuju arah yang berlawanan dan membaginya ke beberapa jalur tanpa menutup arah jalan yang normal.

Misalnya, jalan menuju ke arah utara mengalami kemacetan yang cukup parah. Di sisi lain, jalan yang mengarah ke selatan masih sangat lengang. Untuk mengatasi kepadatan kendaraan tersebut, polisi akan membagi jalan yang semula sepenuhnya ke arah selatan menjadi 2 bagian di mana 1 sisi jalan digunakan untuk menuju ke arah utara dan sisi lainnya tetap ke arah selatan.

Hasilnya, pengguna jalan yang akan menuju ke arah utara dapat melintasi jalur baru ini tanpa mengganggu pengguna jalan yang akan berjalan menuju selatan.Sistem contra flow seringkali diterapkan pada jam pulang kerja, dan penerapan sistem ini tergantung situasi dan kondisi jalan yang ada. Sehingga, sistem contra flow dapat diterapkan oleh satlantas sesuai kebutuhan.

3 Perbedaan One Way dan Contra Flow Lalu Lintas

Melalui penjelasan masing-masing rekayasa jalan di atas, AutoFamily mungkin sudah bisa membayangkan beda one way dan contra flow. Namun supaya lebih jelas, sebaiknya simak ulasan lengkap tentang perbedaan keduanya di bawah ini:

1. Penggunaan Jalan

Beda one way dan contra flow pertama dapat Anda temukan pada penggunaan jalannya. One way membutuhkan keseluruhan ruas jalan untuk memecah kemacetan. Biasanya hal ini dilakukan karena banyaknya kendaraan yang memadati jalan, sehingga jalan satu-satunya yang bisa dilakukan untuk mengurangi tingkat kemacetan tersebut adalah memberlakukan aturan jalan satu arah.

Sedangkan contra flow hanya membutuhkan separuh jalan untuk membuka jalan baru ke arah yang berlawanan. Jadi masih ada sisi lain yang bisa difungsikan untuk jalan ke arah yang normal.

2. Penutupan Arus Lalu Lintas

Jika aturan one way diberlakukan, maka arus lalu lintas jalan akan ditutup total dan digantikan dengan perubahan arah arus jalan. Hal ini akan membuat pengendara yang melintasi jalan ke arah normal tidak dapat menggunakan jalan.

Sedangkan jika rekayasa lalu lintas yang dipilih adalah contra flow, jalan yang ditutup untuk ke arah normal hanya sebagian saja. Satlantas hanya mengubah arus menjadi berlawanan saja, dan bukan menutup salah satu arus jalan secara keseluruhan. Sehingga pengendara di ruas jalan tersebut tetap dapat melintas seperti biasa.

Baca juga:Peraturan Ganjil Genap dan Ruas Jalan di Jakarta

3. Waktu Penggunaan

One way umumnya digunakan pada waktu tertentu dan sudah direncanakan sebelumnya dengan pengamatan yang lebih mendalam berdasarkan data beberapa hari terakhir. Hal ini dikarenakan one way akan memberlakukan penutupan jalan secara keseluruhan.

Kalau pun akan diterapkan setiap hari, terdapat 2 kemungkinan. Pertama telah dilakukan percobaan penggunaan dan penetapan jalan alternatif lain agar aturan dapat diterapkan sepenuhnya. Atau yang kedua pemberlakukan jam tertentu untuk arus one way yang disesuaikan dengan waktu macet.

Berbeda dengan one way, contra flow dapat dilakukan secara mendadak dengan melihat kondisi jalan di sisi lainnya. Jika memungkinkan, polisi akan membagi jalan untuk mengalihkan kendaraan ke ruas lain agar tidak menumpuk. Tetapi cara ini tidak dapat dilakukan dalam waktu yang berkepanjangan, sebab justru akan terjadi penyempitan jalan dan bisa menimbulkan kemacetan di sisi lain.

Nah sekarang, apakah AutoFamily sudah memahami beda one way dan contra flow? Menentukan waktu yang tepat untuk menerapkan kedua sistem penggunaan ruas jalan lain di atas tidak diputuskan begitu saja. Perlu adanya pengecekan dan pengamatan arus lalu lintas pada waktu yang ditentukan melalui analisis kondisi lalu lintas beberapa waktu sebelumnya.

Jika hal ini diterapkan tanpa pengamatan terlebih dahulu, maka sama saja. Baik one way maupun contra flow tidak akan efektif untuk membuat kemacetan berakhir. Justru hanya akan membuat kemacetan di ruas jalan lainnya.

Kondisi jalan yang lancar memang sangat memengaruhi kenyamanan berkendara. Apalagi bagi pengemudi mobil bertransmisi manual, saat terjebak macet maka siap-siap akan merasa cepat pegal karena harus menginjak pedal kopling dalam rentang waktu yang dekat. Oleh karenanya, penting untuk mengecek kondisi jalan terlebih dahulu sebelum bepergian.

Selain kondisi jalan, mobil dengan tarikan mesin yang halus dan kondisi yang sehat juga sangat memengaruhi kenyamanan berkendara. Jadi, pastikan untuk selalu service dan perawatan rutin mobil Toyota Anda di bengkel resmi Auto2000. Bagi AutoFamily yang ada di Bogor, segera kunjungi bengkel Toyota Bogor yang tersebar di 3 titik yaitu Siliwangi, Yasmin, dan Cibinong.

Booking service terlebih dahulu melalui Auto2000 Digiroom sebelum perawatan mobil Toyota kesayangan AutoFamily agar lebih mudah dan praktis. Kunjungi Auto2000 Digiroom sekarang juga dan dapatkan promo menarik di dalamnya untuk layanan dealer Auto2000.

Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.