bahaya mobil tua untuk perjalanan jauh.webp

Waspada! 6 Bahaya Mobil Tua Untuk Perjalanan Jauh dan Mudik

Diterbitkan19 Feb 2024

Apakah AutoFamily akan melakukan perjalanan jauh dan mudik dengan mobil tua? Bahaya mobil tua untuk perjalanan jauh mungkin tidak terlalu terasa pada perjalanan singkat, tetapi faktanya, kendaraan yang usianya telah lama dapat menjadi sumber masalah yang serius di tengah perjalanan panjang, berpotensi mengganggu kenyamanan dan bahkan keselamatan Anda.


Kondisi mekanis yang memburuk seiring usia, kurangnya teknologi keselamatan terbaru, dan kecenderungan untuk mengalami kerusakan mendadak menjadi beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan ketika memilih mobil untuk perjalanan jauh. Oleh karena itu, sebelum AutoFamily menggunakan mobil tua, penting untuk mengetahui bahaya mobil tua untuk perjalanan jauh, terutama saat mudik. Langsung saja simak di bawah ini penjelasannya!


6 Bahaya Mobil Tua Untuk Perjalanan Jauh dan Mudik

Sebelum memutuskan untuk menggunakan mobil tua untuk perjalanan jauh atau mudik, penting untuk memahami risiko yang terjadi. Berikut ini bahaya mobil tua untuk perjalanan jauh dan mudik:


1. Risiko Kerusakan Mendadak

Mobil tua cenderung lebih rentan mengalami kerusakan mendadak di tengah perjalanan jauh. Bagian-bagian vital yang telah mengalami keausan atau kerusakan potensial dapat menyebabkan kendaraan berhenti mendadak, meninggalkan penumpang terjebak di jalan tanpa bantuan.


2. Keterbatasan Teknologi Keselamatan

Mobil tua umumnya tidak dilengkapi dengan teknologi keselamatan terbaru yang dapat membantu mengurangi risiko kecelakaan. Fitur seperti sistem pengereman anti terkunci (ABS), kontrol traksi, dan kantong udara (airbag) mungkin tidak tersedia, meningkatkan potensi cedera dalam kecelakaan.


Baca juga: Panduan Jalur Selatan Jawa Timur: Rute Alternatif Mudik


3. Konsumsi Bahan Bakar yang Tinggi

Mobil tua sering kali menjadi korban ketidakcukupan perawatan yang tepat. Ketika sebuah kendaraan tidak diperiksa secara rutin atau tidak mendapatkan perbaikan yang diperlukan, maka tingkat keandalan mesin akan menurun secara signifikan. Bagian-bagian yang penting seperti sistem rem, suspensi, dan mesin rentan terhadap keausan dan kegagalan. 


JADWALKAN TEST DRIVE MOBIL TOYOTA IMPIAN ANDA SECARA MUDAH DAN CEPAT DI AUTO2000 DIGIROOM


4. Kenyamanan yang Terbatas

Mobil tua kurang memperhatikan aspek kenyamanan yang dibutuhkan dalam perjalanan jauh. Sistem suspensi yang sudah aus dapat membuat perjalanan menjadi tidak nyaman karena guncangan yang dirasakan di dalam kabin. Selain itu, kursi yang sudah lama digunakan mungkin telah kehilangan kualitas sehingga dapat menyebabkan kelelahan atau bahkan rasa sakit pada bagian tubuh pengemudi dan penumpang. 


Baca juga: Ketahui Kecepatan Mobil Yang Dianjurkan di Jalan


5. Tidak Dapat Menjangkau Layanan Darurat

Salah satu bahaya terbesar dari menggunakan mobil tua untuk perjalanan jauh adalah ketidakmampuan untuk menjangkau layanan darurat dengan cepat. Mobil modern sering dilengkapi dengan sistem komunikasi atau navigasi yang dapat memanggil bantuan darurat dengan mudah. Namun, mobil tua mungkin tidak memiliki fitur ini atau bahkan tidak memiliki akses ke layanan ponsel yang dapat digunakan untuk memanggil bantuan. 


6. Ketersediaan Suku Cadang yang Terbatas

Mobil tua mungkin menghadapi tantangan dalam hal ketersediaan suku cadang yang sesuai. Jika terjadi kerusakan atau kegagalan komponen di tengah perjalanan jauh, sulit untuk menemukan suku cadang yang dibutuhkan dengan cepat, yang dapat memperpanjang waktu perbaikan dan mengganggu rencana perjalanan Anda.


JADWALKAN SERVIS MOBIL ANDA DENGAN MUDAH DAN CEPAT HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM

Tips Perawatan Mobil Tua Sebelum Perjalanan Jauh dan Mudik 

Perawatan yang baik sebelum melakukan perjalanan jauh atau mudik dengan mobil tua dapat membantu memastikan keselamatan selama perjalanan. Berikut beberapa tips perawatan yang dapat membantu mempersiapkan mobil tua Anda sebelum melangkah ke perjalanan tersebut:


1. Periksa Sistem Pendingin Mesin

Sistem pendingin mesin yang baik sangat penting untuk mencegah mesin overheating, terutama saat melakukan perjalanan jauh di kondisi cuaca panas. Pastikan radiator tidak bocor atau tersumbat, kipas pendingin berfungsi dengan baik, dan cairan pendingin berada pada level yang tepat. Membersihkan radiator dari kotoran dan debu juga bisa membantu meningkatkan efisiensi pendinginan.


2. Pemeriksaan Sistem Kelistrikan

Sistem kelistrikan yang baik penting untuk memastikan semua sistem elektronik mobil berfungsi dengan baik. Periksa kondisi baterai dan pastikan kabel-kabelnya tidak aus. Pemeriksaan alternator juga penting untuk memastikan sistem pengisian bekerja dengan baik dan baterai terisi penuh selama perjalanan.


3. Pengecekan Ban dan Kaki-Kaki 

Ban yang aus atau kempis dapat meningkatkan risiko kecelakaan atau kegagalan mekanis di jalan. Periksa tekanan udara pada semua ban dan pastikan sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Periksa juga kondisi ban untuk memastikan tidak ada retakan atau keausan yang berlebihan. 


Baca juga: 3 Cara Mengisi e-Toll dengan Mudah


4. Servis Rutin Mesin

Melakukan servis rutin mesin sebelum perjalanan jauh sangat penting untuk memastikan mesin berfungsi dengan baik dan andal. Ganti oli dan filter secara teratur untuk menjaga performa mesin yang optimal. Periksa juga sistem pembakaran dan deteksi kebocoran apa pun yang mungkin terjadi. 


5. Pemeriksaan Sistem Rem

Sistem rem yang berfungsi dengan baik adalah kunci keselamatan di jalan. Periksa keausan pada kampas rem dan pastikan cairan rem dalam keadaan yang baik. Pemeriksaan sistem rem harus mencakup semua bagian, termasuk kaliper, silinder rem, dan selang rem. Pemeliharaan sistem rem yang baik akan membantu menghindari risiko kegagalan rem yang berbahaya di jalan.


6. Bawa Peralatan Darurat

Peralatan darurat seperti dongkrak, ban serep, peralatan bengkel kecil, serta obat-obatan dasar dan alat pertolongan pertama sangat penting untuk dimiliki dalam perjalanan jauh. Memiliki peralatan darurat yang lengkap dapat membantu Anda mengatasi masalah kecil di jalan dan meminimalkan waktu terjebak di tengah perjalanan.


Baca juga: 5 Hal yang Harus Dilakukan dalam Persiapan Mudik

Dari penjelasan mengenai bahaya mobil tua untuk perjalanan jauh, serta tips perawatan mobil tua, dapat disimpulkan bahwa penggunaan mobil tua untuk perjalanan jarak jauh membutuhkan persiapan dan perhatian ekstra. Dengan demikian, penting bagi AutoFamily untuk mempertimbangkan dengan cermat kondisi kendaraan sebelum memutuskan untuk melakukan perjalanan jauh, demi menjaga keselamatan di jalan.


Jika AutoFamily akan memastikan keselamatan dan kenyamanan dalam perjalanan jauh, pastikan untuk merawat mesin mobil sebelum mudik. Dapatkan layanan terbaik untuk mobil Anda di Auto2000 Digiroom, di mana Anda akan menemukan profesionalisme dan perawatan berkualitas tinggi untuk kendaraan.


Tunggu apalagi? Kunjungi Auto2000 Digiroom sekarang dan siapkan mobil Anda untuk perjalanan mudik yang aman dan menyenangkan bersama keluarga!


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.


digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.