Kaca Film Mobil

Apakah Kaca Film Mobil Bisa Pudar? Simak Penyebab dan Cara Merawatnya

Diterbitkan15 Feb 2024

Apakah kaca film mobil bisa pudar? Ya, kaca film mobil bisa pudar karena beberapa faktor, termasuk paparan sinar UV, usia film, kualitas film, dan cara perawatan yang tidak tepat. Pudarnya kaca film dapat mengurangi efektivitasnya dalam menahan panas dan sinar UV, sehingga perawatan yang tepat sangat penting untuk menjaga kinerja kaca film mobil. 


Salah satu cara perawatannya adalah dengan membersihkannya secara teratur menggunakan cairan pembersih yang lembut dan tidak mengandung bahan abrasif, serta menghindari penggunaan bahan kimia yang keras yang dapat merusak lapisan film. Proses perawatan ini dapat AutoFamily lakukan di dealer dan bengkel Toyota Auto2000.


Ada pun penyebab mengapa kaca film mobil ini bisa pudar dapat Anda simak penjelasan lengkapnya di bawah ini. 


Mengapa Kaca Film Mobil Bisa Pudar?

Kaca film mobil yang pudar bisa menjadi masalah yang mengganggu karena tidak hanya mengurangi keindahan estetika mobil, tetapi juga dapat memengaruhi kinerja film dalam menahan panas dan sinar UV. Berikut penyebab umum mengapa kaca film mobil bisa pudar. 


1. Paparan Sinar UV

Paparan sinar ultraviolet (UV) dari matahari adalah salah satu penyebab utama pudarnya kaca film mobil. Sinar UV dapat merusak pigmen dalam film, menyebabkan warna film menjadi kusam dan pudar seiring waktu. Paparan sinar UV yang terus-menerus tanpa perlindungan yang memadai dapat mempercepat proses penuaan kaca film.


2. Umur Film

Umur film juga merupakan faktor yang berpengaruh terhadap pudarnya kaca film mobil. Makin lama film dipasang, makin besar kemungkinan untuk kaca film mobil pudar karena paparan lingkungan dan penggunaan sehari-hari. Film yang telah terpasang dalam waktu yang lama cenderung mengalami degradasi warna dan kehilangan ketahanan terhadap sinar UV.


Baca juga: Jangan Sepelekan Cairan Wiper di Musim Hujan


3. Kualitas Film

Kualitas film yang dipasang pada kaca mobil juga dapat memengaruhi seberapa cepat film tersebut akan mengalami kepudaran. Film yang dibuat dari bahan berkualitas rendah atau tidak tahan terhadap paparan sinar UV akan lebih rentan pudar dibandingkan dengan film berkualitas tinggi. Oleh karena itu, pemilihan film dengan kualitas yang baik sangat penting untuk menghindari pudarnya kaca film mobil.


DAPATKAN PERAWATAN MOBIL YANG COCOK SESUAI DENGAN MODEL MOBIL TOYOTA ANDA DENGAN PAKET SERVIS TOYOTA DARI AUTO2000 DIGIROOM


4. Perawatan yang Tidak Tepat

Perawatan yang tidak tepat juga dapat menyebabkan pudarnya kaca film mobil. Penggunaan bahan pembersih yang keras atau mengandung bahan kimia yang abrasif dapat merusak lapisan film dan menyebabkan pudaran. Selain itu, kurangnya perawatan secara berkala seperti membersihkan kaca film secara teratur juga dapat meningkatkan risiko pudar.


5. Penggunaan Produk Pembersih yang Tidak Sesuai

Penggunaan produk pembersih yang tidak sesuai dengan jenis kaca film dapat menyebabkan pudarnya kaca film. Beberapa bahan kimia dalam produk pembersih dapat bereaksi dengan komponen film, hingga menyebabkan warna film menjadi pudar atau bahkan mengelupas.


Baca juga: Simak 4 Tips Memilih Kaca Film Mobil Yang Bagus


6. Kondisi Cuaca Ekstrem

Paparan kondisi cuaca ekstrem seperti panas yang berlebihan atau kelembapan tinggi juga dapat mempercepat pudarnya kaca film mobil. Suhu yang tinggi dapat mempercepat proses penuaan film dan menyebabkan kaca film pudar dengan lebih cepat.


7. Gesekan dan Goresan

Gesekan atau goresan yang terjadi pada permukaan kaca film mobil dapat merusak lapisan permukaan film dan menyebabkan pudar. Hal ini bisa terjadi karena penggunaan alat pembersih yang kasar atau karena kontak dengan benda-benda kasar selama penggunaan mobil.


Baca Juga: Aturan Kaca Film Mobil Sesuai Peraturan Menter

Cara Merawat Kaca Film Mobil agar Tidak Pudar

Setelah AutoFamily mendapatkan jawaban dari pertanyaan apakah kaca film mobil bisa pudar, sekarang penting untuk Anda memahami bagaimana cara merawatnya. Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk merawat kaca film mobil.


1. Membersihkan Kaca Film Mobil dengan Benar

Salah satu langkah penting dalam merawat kaca film mobil adalah membersihkannya secara teratur dengan benar. Gunakan produk pembersih khusus yang dirancang untuk kaca film mobil, karena produk ini biasanya lebih lembut dan tidak mengandung bahan yang dapat merusak film. 


Hindari penggunaan bahan kimia yang keras atau abrasif yang dapat merusak lapisan kaca film. Selain itu, pastikan untuk membersihkan kaca film dengan lembut menggunakan kain microfiber yang bersih untuk menghindari goresan.


2. Menggunakan Pelindung UV untuk Kaca Film Mobil

Penggunaan pelindung UV di dalam mobil dapat menjadi langkah tambahan yang efektif untuk melindungi kaca film dari paparan sinar UV yang berlebihan. Pelindung UV ini dapat membantu mengurangi sinar UV ke dalam mobil dan mengurangi risiko pudarnya kaca film. Pastikan untuk memilih pelindung UV yang sesuai dengan ukuran jendela mobil untuk memberikan perlindungan maksimal.


NIKMATI PERJALANAN BERSAMA KELUARGA YANG NYAMAN DENGAN MENJAGA KONDISI MOBIL AGAR SELALU PRIMA DI AUTO2000


3. Memperhatikan Penempatan Barang di dalam Mobil

Selain perawatan secara langsung terhadap kaca film, memperhatikan penempatan barang di dalam mobil juga dapat membantu mencegah kerusakan pada kaca film. Hindari meletakkan barang-barang tajam atau kasar langsung di atas kaca film, karena gesekan dapat menyebabkan goresan atau kerusakan pada lapisan kaca film. 


Gunakan alas atau organizer di bagian dalam mobil untuk menyimpan barang-barang dengan aman dan menghindari kontak langsung dengan kaca film.


Baca juga: Ketahui Kecepatan Mobil Yang Dianjurkan di Jalan

Dari penjelasan di atas, sekarang AutoFamily sudah mendapat jawaban lengkap atas pertanyaan apakah kaca film mobil bisa pudar. Jadi, penting untuk melakukan perawatan mobil secara berkala untuk menghindari masalah ini terjadi pada mobil Anda.


Di bengkel Auto2000 tersedia paket servis Toyota yang dapat Anda gunakan untuk perawatan mobil yang lebih efisien. Yuk, kunjungi Auto2000 Digiroom sekarang juga untuk mendapatkan paket servis tersebut.


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.




digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.