Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Lampu Indikator Oli Mesin Menyala Saat Menyetir"/>
Cancel

Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Lampu Indikator Oli Mesin Menyala Saat Menyetir

Jika lampu oli mobil menyala ketika Anda menyetir, artinya tekanan oli mesin Anda telah turun drastis. Mesin mobil membutuhkan pasokan oli yang tetap untuk melumasi semua bagiannya. Oleh karenanya, mobil tidak boleh dibiarkan berjalan lama tanpa adanya tekanan oli yang memadai. Menyetir tanpa tekanan oli yang cukup dapat merusak mesin Anda secara signifikan.

Lakukan Cara Ini Ketika Lampu Indikator Oli Menyala

Indikator lampu oli yang menyala menandakan bahwa tekanan atau volume oli berkurang dan harus segera ditambah. Ketika lampu oli menyala saat menyetir, segeralah bertindak dengan melakukan lima cara ini:

1. Menepilah ke sisi jalan dan matikan mesin

Ketika lampu oli mesin Anda menyala, segera cari peluang aman untuk menepikan mobil secepat mungkin. Jika mobil terus berjalan, bagian-bagian mesin yang bergerak tidak terlumasi dengan baik dan mengakibatkan kerusakan parah pada komponen internal. Namun, saat ini keselamatan Anda dan penumpang harus menjadi prioritas utama. Matikan mobil Anda setelah menepi di jalan.

2. Periksa oli mesin dengan dipstick (tongkat pengukur)

Setelah mobil berada aman di pinggir jalan, buka kap mobil dan periksa level oli menggunakan dipstick. Cari lokasi dipstick di wadah mesin dan angkat. Usap oli yang ada di bagian indikator dengan tisu atau kain lap. Setelah itu, masukkan kembali dipstick ke tabungnya. Sekarang, ambil kembali dipstick oli dan lihat banyaknya oli di bagian indikator.

Baca Juga: Apa itu Oli Gardan, ini fungsi kerjanya

3. Cari gejala kebocoran

Jika sebelumnya oli masih terisi banyak di mesin tetapi sekarang sudah tinggal sedikit, kemungkinan oli mesin mobil merembes atau terbakar karena ada kebocoran internal. Lihat ke bawah mobil untuk menemukan indikasi kebocoran. Jika ada oli yang menetes dari bawah mesin, kemungkinan gasket telah sobek atau filter oli tidak terpasang rapat pada mobil.

4. Tambahkan oli jika jumlahnya kurang, lalu periksa kembali lampu oli

Lampu oli Anda mungkin menyala karena jumlah oli di dalam sistem tidak cukup untuk mempertahankan tekanan yang memadai. Belilah jenis oli yang sama dengan yang ada di dalam mesin mobil Anda, dan perhatikan berat oli tersebut (5w30, 10w30, dll.). Setelah itu, isi oli mesin sampai indikator dipstick mencapai garis “full”. Nyalakan mesin, dan lihat apakah lampu oli masih menyala.

5. Usahakan tidak menyetir jika lampu oli kembali menyala

Jika lampu masih menyala walau oli sudah ditambah, masalahnya kemungkinan terletak di tekanan oli. Tekanan oli dihasilkan oleh pompa oli yang mendorong oli menuju mesin. Jika pompa ini tidak berfungsi, mesin tidak akan terlumasi dengan baik dan akan rusak parah jika terus dikendarai.

Baca Juga: Bagaimana Cara Kerja Common Rail?

Jika kendaraan AutoFamily mengalami kendala pada bagian ini, segera kunjungi Auto2000 Digiroom sekarang juga apabila AutoFamily ingin melakukan servis berkala. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk membawa mobil ke bengkel, silakan lakukan booking layanan THS-Auto2000 Home Service melalui website atau aplikasi Auto2000 Mobile kami.

Kunjungi Dealer Toyota sekarang juga dan dapatkan berbagai Promo Dealer Mobil Toyota terbaru untuk berbagai jenis layanan purna jual Auto2000. Anda bisa jadwalkan kunjungan di sini.

Share this article
Avatar

Auto2000 Digiroom

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang tersebar di seluruh Indonesia.

Temui kami di Media Sosial
Promosi Lainnya
Promo - Beli Kebutuhan Toyota Hadiahnya Bikin Greget
Hai AutoFamily! Dengan Auto2000 Digiroom, beli kebutuhan Toyota mulai dari Aksesoris, Kupon Servis, hingga Paket Servis, semua jadi lebih mudah dan ga pakai ribet. Mau yang lebih Greget? Setiap pembelian Aksesoris, Kupon Servis, dan Paket Servis di website Auto2000 Digiroom selama periode program Digiroom 2nd Anniversary berkesempatan untuk memenangkan hadiah istimewa!

1 pelanggan dengan nilai transaksi tertinggi untuk pembelian Aksesoris, Kupon Servis, Paket Servis, atau gabungan diantaranya selama periode promo berhak memenangkan hadiah utama Kamera Canon EOS M100. Untuk 10 pelanggan dengan transaksi tertinggi berikutnya berhak mendapatkan e-money senilai Rp 100,000.-

Jadi tunggu apa lagi? Yuk belanja kebutuhan Toyota mu sebanyak-banyaknya di Auto2000 Digiroom dan menangkan hadiahnya! Periode program mulai dari Juli hingga Agustus 2022, jangan sampai terlewatkan ya Autofamily!

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.
01 Juli 2022
Promo - Booking Servis Tinggal Klik, Hadiahnya Bikin Asik
Hai AutoFamily!

Dengan aplikasi Auto2000 Digiroom, urusan booking servis kini tinggal klik dan tidak pakai ribet. Mulai dari booking layanan servis di bengkel, layanan Auto2000 Home Service (THS), hingga kebutuhan perbaikan Body and Paint, semuanya tinggal klik melalui aplikasi Auto2000 Digiroom.

Kini booking servis jadi lebih asik dalam program Digiroom 2nd Anniversary! Setiap pelanggan yang melakukan booking servis mulai dari layanan bengkel, THS, hingga Body & Paint melalui aplikasi Auto2000 Digiroom selama periode program, berkesempatan untuk memenangkan tas laptop eksklusif Digiroom untuk 50 pelanggan beruntung dan tote bag Digiroom untuk 100 pelanggan beruntung lainnya. Yuk, download aplikasi Auto2000 Digiroom dan nikmati booking service yang lebih asik! Periode program mulai dari Juli hingga AGustus 2022, jangan sampai terlewatkan ya Autofamily!

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom

01 Juli 2022
Promo - Beli Mobil Hadiahnya Bikin Kesambet
Hai AutoFamily!
Yuk ikutan dalam Program Digiroom 2nd Anniversary, beli mobil bisa kesambet hadiah! Setiap pelanggan yang melakukan pembelian mobil baru melalui channel digital seperti website, aplikasi, ataupun iklan digital Auto2000 selama periode program (Juli - Agustus 2022), berkesempatan untuk memenangkan Hadiah Utama 3 Apple Watch Seri 7 dan 30 Dash Camera.

Caranya mudah, setiap pelanggan yang sudah melakukan transaksi pembelian mobil baru, dapat memberikan testimoni mengenai pengalaman AutoFamily membeli mobil di Auto2000 melalui foto atau video. 3 testimoni terbaik akan mendapatkan hadiah utama Apple Watch Seri 7 dan 30 testimoni terbaik lainnya akan mendapatkan Dash Camera. Periode program mulai dari Juli hingga Agustus 2022, Jangan Sampai Terlewatkan! Yuk isi form di bawah untuk pembelian Toyota kamu dan menangkan hadiahnya! Dengan Auto2000 Digiroom, beli Mobil Toyota Impian bisa langsung sat set, tidak pakai ribet!

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.
01 Juli 2022
Promo - Check Up Gratis THS
Hai AutoFamily!

Kesibukan sering sekali menyulitkan kita melakukan servis mobil. Jangan khawatir, servis Toyota yang profesional, lengkap dan tanpa biaya kunjungan di manapun lokasi Auto Family kini ada di layanan THS dari Auto2000. Nikmati Check Up kendaraan GRATIS selama bulan Juli 2022 dan dapatkan Free Oli Filter untuk setiap ganti oli.*

AutoFamily juga bisa mendapatkan 2L TMO Synthetic (10W-40) secara GRATIS untuk setiap servis berkala.*

Yuk booking THS sekarang dan dapatkan promonya!

*Syarat dan ketentuan berlaku : Free Oli Filter hanya diperuntukan bagi customer yang menyetujui untuk ganti oli Program diberikan tanpa batasan tahun pembelian kendaraan Free oli 2L TMO Synthetic (10W-40) diperuntukkan bagi customer yang telah masuk jadwal servis berkala selama 9 bulan terakhir dan belum melakukan servis.

01 Juli 2022
Tanya TasiaBackground Lazy GIF