Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Lampu Indikator Oli Mesin Menyala Saat Menyetir"/>
Cancel

Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Lampu Indikator Oli Mesin Menyala Saat Menyetir

Jika lampu oli mobil menyala ketika Anda menyetir, artinya tekanan oli mesin Anda telah turun drastis. Mesin mobil membutuhkan pasokan oli yang tetap untuk melumasi semua bagiannya. Oleh karenanya, mobil tidak boleh dibiarkan berjalan lama tanpa adanya tekanan oli yang memadai. Menyetir tanpa tekanan oli yang cukup dapat merusak mesin Anda secara signifikan.

Lakukan Cara Ini Ketika Lampu Indikator Oli Menyala

Indikator lampu oli yang menyala menandakan bahwa tekanan atau volume oli berkurang dan harus segera ditambah. Ketika lampu oli menyala saat menyetir, segeralah bertindak dengan melakukan lima cara ini:

1. Menepilah ke sisi jalan dan matikan mesin

Ketika lampu oli mesin Anda menyala, segera cari peluang aman untuk menepikan mobil secepat mungkin. Jika mobil terus berjalan, bagian-bagian mesin yang bergerak tidak terlumasi dengan baik dan mengakibatkan kerusakan parah pada komponen internal. Namun, saat ini keselamatan Anda dan penumpang harus menjadi prioritas utama. Matikan mobil Anda setelah menepi di jalan.

2. Periksa oli mesin dengan dipstick (tongkat pengukur)

Setelah mobil berada aman di pinggir jalan, buka kap mobil dan periksa level oli menggunakan dipstick. Cari lokasi dipstick di wadah mesin dan angkat. Usap oli yang ada di bagian indikator dengan tisu atau kain lap. Setelah itu, masukkan kembali dipstick ke tabungnya. Sekarang, ambil kembali dipstick oli dan lihat banyaknya oli di bagian indikator.

Baca Juga: Apa itu Oli Gardan, ini fungsi kerjanya

3. Cari gejala kebocoran

Jika sebelumnya oli masih terisi banyak di mesin tetapi sekarang sudah tinggal sedikit, kemungkinan oli mesin mobil merembes atau terbakar karena ada kebocoran internal. Lihat ke bawah mobil untuk menemukan indikasi kebocoran. Jika ada oli yang menetes dari bawah mesin, kemungkinan gasket telah sobek atau filter oli tidak terpasang rapat pada mobil.

4. Tambahkan oli jika jumlahnya kurang, lalu periksa kembali lampu oli

Lampu oli Anda mungkin menyala karena jumlah oli di dalam sistem tidak cukup untuk mempertahankan tekanan yang memadai. Belilah jenis oli yang sama dengan yang ada di dalam mesin mobil Anda, dan perhatikan berat oli tersebut (5w30, 10w30, dll.). Setelah itu, isi oli mesin sampai indikator dipstick mencapai garis “full”. Nyalakan mesin, dan lihat apakah lampu oli masih menyala.

5. Usahakan tidak menyetir jika lampu oli kembali menyala

Jika lampu masih menyala walau oli sudah ditambah, masalahnya kemungkinan terletak di tekanan oli. Tekanan oli dihasilkan oleh pompa oli yang mendorong oli menuju mesin. Jika pompa ini tidak berfungsi, mesin tidak akan terlumasi dengan baik dan akan rusak parah jika terus dikendarai.

Baca Juga: Bagaimana Cara Kerja Common Rail?

Jika kendaraan AutoFamily mengalami kendala pada bagian ini, segera kunjungi Auto2000 Digiroom sekarang juga apabila AutoFamily ingin melakukan servis berkala. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk membawa mobil ke bengkel, silakan lakukan booking layanan THS-Auto2000 Home Service melalui website atau aplikasi Auto2000 Mobile kami.

Kunjungi Dealer Toyota sekarang juga dan dapatkan berbagai Promo Dealer Mobil Toyota terbaru untuk berbagai jenis layanan purna jual Auto2000. Anda bisa jadwalkan kunjungan di sini.

Share this article
Avatar

Auto2000 Digiroom

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang tersebar di seluruh Indonesia.

Temui kami di Media Sosial
Promosi Lainnya
Promo - Paket Servis Berkala Mobil Toyota
Ikutan promo Paket SPONTAN yuk! SPONTAN atau Siaga Kupon Perawatan merupakan program yang menyediakan paket servis berkala dengan harga spesial khusus untuk AutoFamily!

Jika AutoFamily membeli paket servis ini, Anda bisa menghemat sampai dengan 34% dari biaya servis berkala Anda secara total loh! Paket servis ini juga tidak akan berpengaruh pada kenaikan biaya jasa servis maupun spareparts yg di butuhkan. Semakin hemat kan?

Berikut pilihan paket SPONTAN yang bisa AutoFamily pilih:


- SPONTAN A / 1,5 Tahun: 2x Servis Berkala Kecil mulai dari 1.8 juta*
- SPONTAN B / 1,5 Tahun: 1x Servis Berkala Kecil mulai dari 2.4 juta*
- SPONTAN C / 3 Tahun: 3x Servis Berkala Kecil dan 1x Servis Berkala Besar mulai dari 3.8 juta

Makin penasaran dengan promonya? Yuk klik Log In dan Beli Sekarang untuk nikmati hematnya servis menggunakan Paket SPONTAN!


01 Juni 2022
Promo - New Alphard Heritage Edition
Berkolaborasi dengan Iwan Tirta Private Collection, Auto2000 mempersembahkan Amarga Branandaru, Greatness in Our Legacies. Sebuah kolaborasi yang memberikan keunikan istimewa pada Mobil Terbaik pilihan Auto2000 dapat Anda miliki dalam jumlah dan waktu yang sangat terbatas.

Kukilo Sapanti, sebuah motif eksklusif bermakna sepasang burung yang melambangkan kedamaian batin melalui hasil kerjasama Auto2000 dengan Iwan Tirta. Dipadukan dalam bentuk aksesoris New Alphard Heritage Edition yang memiliki image premium, akan memberikan Anda pengalaman yang unik dan kebanggaan tersendiri dalam setiap perjalanan Anda.

Jadilah yang pertama untuk memiliki Toyota New Alphard Heritage Edition. Daftar sekarang dengan melakukan pengisian data pada formulir dibawah ini.

*Unit hanya dapat dipesan dalam waktu terbatas, yaitu periode Pre Order, Anda yang berminat diwajibkan melakukan booking melalui form ini dan melakukan pembayaran booking hingga paling lambat pada 7 Agustus 2022. Customer yang tidak melakukan pembayaran booking fee akan secara otomatis dianggap cancel
24 Juni 2022
Promo - Kijang Innova Heritage Edition
Toyota Kijang Innova Heritage Edition

Berkolaborasi dengan Iwan Tirta Private Collection, Auto2000 mempersembahkan Amarga Branandaru, Greatness in Our Legacies. Sebuah kolaborasi yang memberikan keunikan istimewa pada Mobil Terbaik pilihan Auto2000 dapat Anda miliki dalam jumlah dan waktu yang sangat terbatas.

Dapatkan kenyamanan bersama keluarga melalui keindahan motif batik Kukilo Sapanti yang dimiliki Toyota Kijang Innova Heritage Edition. Motif batik yang memiliki makna melambangkan kedamaian batin melalui hasil kerjasama Auto2000 dengan Iwan Tirta secara khusus dipadukan dalam interior dan eksterior Mobil yang akan menambah rasa eksklusivitas bagi pemiliknya.

Jadilah yang pertama untuk memiliki Toyota Kijang Innova Heritage Edition, sebuah karya eksklusif kolaborasi Auto2000 dan Iwan Tirta Private Collection. Daftar sekarang dengan mengisi formulir di bawah ini.

*Unit hanya tersedia dalam jumlah 65 unit, Anda yang berminat diwajibkan melakukan booking melalui form ini hingga 30 Juli 2022. Customer terpilih akan diumumkan pada minggu pertama Agustus 2022. 65 Customer terpilih diwajibkan melakukan pembayaran booking maksimal satu minggu setelah pengumuman daftar customer terpilih.

24 Juni 2022
Promo - Digiroom Hemat Berlipat
Waktunya belanja hemat, waktunya untung berlipat. Tersedia berbagai promo menarik untuk AutoFamily hanya di Auto2000 Digiroom. Nikmati kemudahan beli aksesoris dan suku cadang original Toyota langsung dari genggaman AutoFamily dengan diskon hingga 25%.* Yuk, klik button di bawah ini untuk dapatkan promonya sekarang juga!

31 Maret 2022
Tanya TasiaBackground Lazy GIF