Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Lampu Indikator Oli Mesin Menyala Saat Menyetir"/>
Cancel

Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Lampu Indikator Oli Mesin Menyala Saat Menyetir

Jika lampu oli mobil menyala ketika Anda menyetir, artinya tekanan oli mesin Anda telah turun drastis. Mesin mobil membutuhkan pasokan oli yang tetap untuk melumasi semua bagiannya. Oleh karenanya, mobil tidak boleh dibiarkan berjalan lama tanpa adanya tekanan oli yang memadai. Menyetir tanpa tekanan oli yang cukup dapat merusak mesin Anda secara signifikan.

Lakukan Cara Ini Ketika Lampu Indikator Oli Menyala

Indikator lampu oli yang menyala menandakan bahwa tekanan atau volume oli berkurang dan harus segera ditambah. Ketika lampu oli menyala saat menyetir, segeralah bertindak dengan melakukan lima cara ini:

1. Menepilah ke sisi jalan dan matikan mesin

Ketika lampu oli mesin Anda menyala, segera cari peluang aman untuk menepikan mobil secepat mungkin. Jika mobil terus berjalan, bagian-bagian mesin yang bergerak tidak terlumasi dengan baik dan mengakibatkan kerusakan parah pada komponen internal. Namun, saat ini keselamatan Anda dan penumpang harus menjadi prioritas utama. Matikan mobil Anda setelah menepi di jalan.

2. Periksa oli mesin dengan dipstick (tongkat pengukur)

Setelah mobil berada aman di pinggir jalan, buka kap mobil dan periksa level oli menggunakan dipstick. Cari lokasi dipstick di wadah mesin dan angkat. Usap oli yang ada di bagian indikator dengan tisu atau kain lap. Setelah itu, masukkan kembali dipstick ke tabungnya. Sekarang, ambil kembali dipstick oli dan lihat banyaknya oli di bagian indikator.

Baca Juga: Apa itu Oli Gardan, ini fungsi kerjanya

3. Cari gejala kebocoran

Jika sebelumnya oli masih terisi banyak di mesin tetapi sekarang sudah tinggal sedikit, kemungkinan oli mesin mobil merembes atau terbakar karena ada kebocoran internal. Lihat ke bawah mobil untuk menemukan indikasi kebocoran. Jika ada oli yang menetes dari bawah mesin, kemungkinan gasket telah sobek atau filter oli tidak terpasang rapat pada mobil.

4. Tambahkan oli jika jumlahnya kurang, lalu periksa kembali lampu oli

Lampu oli Anda mungkin menyala karena jumlah oli di dalam sistem tidak cukup untuk mempertahankan tekanan yang memadai. Belilah jenis oli yang sama dengan yang ada di dalam mesin mobil Anda, dan perhatikan berat oli tersebut (5w30, 10w30, dll.). Setelah itu, isi oli mesin sampai indikator dipstick mencapai garis “full”. Nyalakan mesin, dan lihat apakah lampu oli masih menyala.

5. Usahakan tidak menyetir jika lampu oli kembali menyala

Jika lampu masih menyala walau oli sudah ditambah, masalahnya kemungkinan terletak di tekanan oli. Tekanan oli dihasilkan oleh pompa oli yang mendorong oli menuju mesin. Jika pompa ini tidak berfungsi, mesin tidak akan terlumasi dengan baik dan akan rusak parah jika terus dikendarai.

Baca Juga: Bagaimana Cara Kerja Common Rail?

Jika kendaraan AutoFamily mengalami kendala pada bagian ini, segera kunjungi Auto2000 Digiroom sekarang juga apabila AutoFamily ingin melakukan servis berkala. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk membawa mobil ke bengkel, silakan lakukan booking layanan THS-Auto2000 Home Service melalui website atau aplikasi Auto2000 Mobile kami.

Kunjungi Dealer Toyota sekarang juga dan dapatkan berbagai Promo Dealer Mobil Toyota terbaru untuk berbagai jenis layanan purna jual Auto2000. Anda bisa jadwalkan kunjungan di sini.

Share this article
Avatar

Auto2000 Digiroom

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang tersebar di seluruh Indonesia.

Temui kami di Media Sosial
Promosi Lainnya
Tukar Tambah Mobil Toyota Innova Zenix Hybrid Terbaru
Halo AutoFamily!

Yuk, tukar tambah mobil Toyota AutoFamily menjadi Toyota Innova Zenix Hybrid terbaru di Auto2000!
Segera nikmati berbagai benefit eksklusif dari program tukar tambah mobil Toyota ini mulai dari voucher travel gift dan road trip kit, voucher bahan bakar, hingga uang elektronik dengan total benefit hingga Rp 4.1 Juta loh!

Nikmati juga benefit berupa AstraPay hingga Rp 2 Juta untuk seluruh program tukar tambah/ Trade In Innova Zenix Hybrid. Jadi tunggu apa lagi? Segera klik button di bawah ini dan nikmati berbagai keuntungan Tukar Tambah hanya di Auto2000 Digiroom.

It’s time to Trade in, It’s time to #AutoHybrid

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.

01 Desember 2022
Cicilan Ringan Mobil Toyota Avanza
Halo AutoFamily! sssst… ane punya kabar baik nih, kalau sekarang ada promo khusus untuk AutoFamily yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya loh!

Cicilan Ringan Toyota Avanza siap membuat hari hari mu lebih seru dengan cicilan mulai dari Rp 4,4 Jutaan saja. Dengan desain baru yang modern dan mengusung platform baru yang membuat kenyaman dan kehandalan pengendalian menjadi lebih unggul. All New Toyota Avanza juga hadir dengan fitur keamanan yang canggih yang termasuk dalam sistem Toyota Safety Sense (TSS) yang membuat perjalanan lebih aman dan nyaman.

Promonya tidak berhenti sampai situ loh! AutoFamily wilayah Jakarta bisa mendapatkan perawatan mobil menyeluruh dengan Free biaya Jasa Servis dan Suku Cadang salama 3 tahun atau 60.000 KM dan Extended Warranty untuk setiap On Time Service.*

Tunggu apalagi? dapatkan yuk Cicilan Ringan Toyota Avanza dari Program hanya di Digiroom!

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.

*syarat dan ketentuan berlaku
01 November 2022
Cicilan Ringan untuk Mobil Baru Toyota DKI Jakarta
Hai AutoFamily!

Wujudkan impian untuk memiliki mobil idaman dengan program Cicilan Ringan. Karena dengan cicilan mulai dari Rp 3 Jutaan, sekarang sudah bisa membawa pulan Toyota idaman dari Auto2000.

Ini dia beberapa model yang bisa di bawa pulang dengan Paket Kredit Cicilan Ringan:
Toyota Agya: Cicilan mulai dari Rp 3 Jutaan*
Toyota Calya: Cicilan mulai dari Rp 3 Jutaan*
Toyota Rush: Cicilan mulai dari Rp 3.9 Jutaan*
Toyota Yaris: Cicilan mulai dari Rp 4.1 Jutaan*
Toyota All New Avanza: Cicilan mulai dari Rp 4.4 Jutaan*

Dapatkan juga perawatan mobil menyeluruh dengan Free biaya Jasa Servis dan Suku Cadang salama 3 tahun atau 60.000 KM dan Extended Warranty untuk setiap On Time Service untuk tipe mobil tertentu.*

Tunggu apa lagi? Dapatkan Toyota impian dengan isi formulir di bawah untuk dapatkan penawaran terbaik.*

*syarat dan ketentuan berlaku

01 Desember 2022
Promo Servis Toyota Akhir Tahun di Auto2000
Hai AutoFamily!

Kejutan servis Toyota di akhir tahun belum berakhir! Nikmati perjalanan yang lebih seru dan aman dengan mobil yang prima menggunakan Promo Hari Servis Online Nasional Akhir Tahun.

Nikmati diskon Jasa Servis hingga 20% dan Suku Cadang 10% untuk General Repair (GR) di bengkel dan THS Auto2000 Home Service. Selain itu, dapatkan juga diskon hingga Rp 300 ribu untuk pengerjaan Body & Paint di seluruh bengkel Body and Paint Auto2000.*

Segera dapatkan berbagai diskon servis di akhir tahun dengan cara berikut ini:
- Klik button di bawah ini dan dapatkan diskon booking layanan body & paint,
- Melakukan pengisian form untuk mendapatkan potongan jasa dan servis untuk Servis Bengkel dan THS.

Tunggu apalagi? Segera siapkan Toyotamu untuk perjalanan bersama keluarga dan nikmati kejutan diskonnya.


Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom

01 November 2022
Tanya TasiaBackground Lazy GIF