Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Lampu Indikator Oli Mesin Menyala Saat Menyetir"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Lampu Indikator Oli Mesin Menyala Saat Menyetir

Jika lampu oli mobil menyala ketika Anda menyetir, artinya tekanan oli mesin Anda telah turun drastis. Mesin mobil membutuhkan pasokan oli yang tetap untuk melumasi semua bagiannya. Oleh karenanya, mobil tidak boleh dibiarkan berjalan lama tanpa adanya tekanan oli yang memadai. Menyetir tanpa tekanan oli yang cukup dapat merusak mesin Anda secara signifikan. Ketika lampu oli menyala, segeralah bertindak lakukan cara ini:

Menepilah ke sisi jalan dan matikan mesin.

Ketika lampu oli mesin Anda menyala, segera cari peluang aman untuk menepikan mobil secepat mungkin. Jika mobil terus berjalan, bagian-bagian mesin yang bergerak tidak terlumasi dengan baik dan mengakibatkan kerusakan parah pada komponen internal. Namun, saat ini keselamatan Anda dan penumpang harus menjadi prioritas utama. Matikan mobil Anda setelah menepi di jalan.

Periksa oli mesin dengan dipstick (tongkat pengukur)

Setelah mobil berada aman di pinggir jalan, buka kap mobil dan periksa level oli menggunakan dipstick. Cari lokasi dipstick di wadah mesin dan angkat. Usap oli yang ada di bagian indikator dengan tisu atau kain lap. Setelah itu, masukkan kembali dipstick ke tabungnya. Sekarang, ambil kembali dipstick oli dan lihat banyaknya oli di bagian indikator.

Baca Juga: Apa itu Oli Gardan, ini fungsi kerjanya


Cari gejala kebocoran

Jika sebelumnya oli masih terisi banyak di mesin tetapi sekarang sudah tinggal sedikit, kemungkinan oli mesin mobil merembes atau terbakar karena ada kebocoran internal. Lihat ke bawah mobil untuk menemukan indikasi kebocoran. Jika ada oli yang menetes dari bawah mesin, kemungkinan gasket telah sobek atau filter oli tidak terpasang rapat pada mobil.

Tambahkan oli jika jumlahnya kurang, lalu periksa kembali lampu oli

Lampu oli Anda mungkin menyala karena jumlah oli di dalam sistem tidak cukup untuk mempertahankan tekanan yang memadai. Belilah jenis oli yang sama dengan yang ada di dalam mesin mobil Anda, dan perhatikan berat oli tersebut (5w30, 10w30, dll.). Setelah itu, isi oli mesin sampai indikator dipstick mencapai garis “full”. Nyalakan mesin, dan lihat apakah lampu oli masih menyala.

Usahakan tidak menyetir jika lampu oli kembali menyala

Jika lampu masih menyala walau oli sudah ditambah, masalahnya kemungkinan terletak di tekanan oli. Tekanan oli dihasilkan oleh pompa oli yang mendorong oli menuju mesin. Jika pompa ini tidak berfungsi, mesin tidak akan terlumasi dengan baik dan akan rusak parah jika terus dikendarai.

Jika mengalami kondisi ini disarankan segera hubungi Bengkel Resmi Toyota Auto2000 terdekat atau hubungi nomor telepon 0361-9332000. Tim Service kami selalu siap membantu anda segala keluhan anda.

​​​​​​​Baca Juga: Penyebab Mobil Mogok pada Umumnya

​​​​​​​PROMO MENARIK DI AUTO2000 DAPATKAN SEKARANG!

PROMO1 PROMO2 ​​​​​​​

promo sehat toyotaku ​​​​​​​ lebih ringan cicil toyota ​​​​​​​​​

corolla cross digiroom new normal deals ​​​​​​​ corolla cross saatnya merdeka

saatnya merdeka promo ​​​​​​​ bayar setengah cicilan promo

promo perkasa​​​​​​​ ​​​​​​​ promo perkasa​​​​​​​

promo viosvaganza​​​​​​​ ​​​​​​​ promo new yaris

promo spontan​​​​​​​​​​​​​​
Share this article
Tanya Tasia