LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Apa Arti Warna Asap yang Keluar Dari Ujung Knalpot?

Auto2000.co.id – Tapi jika knalpot tiba-tiba mengeluarkan asap putih pekat, bisa jadi masalahnya berada pada ring piston yang sudah aus, baik karena usia atau karena faktor lalai ganti oli.

Sementara untuk mobil diesel, asap putih dan pekat yang dikeluarkan knalpot bisa jadi tanda jika sistem pembakaran solar tidak bekerja secara maksimal.

Hal ini bisa disebabkan karena jumlah solar di ruang bakar terlalu banyak, sehingga tidak dibakar sempurna. Dari yang paling ringan pada seting pompa bahan bakar atau ada masalah dengan sistem injeksi BBM diesel.

Selain asap putih pekat, knalpot mobil pun bisa mengeluarkan asap berwarna hitam. Biasa terlihat pada mobil diesel yang sedang akselerasi penuh.

BACA JUGA : Bikin Kagum, Ini Beda New Avanza dan New Veloz Dari Pendahulunya

Untuk mobil diesel mungkin ini normal, tapi untuk mobil dengan bahan bakar bensin, asap hitam merupakan tanda pembakaran yang tidak sempurna.

Biasanya, masalah ini diiringi juga mobil yang boros bensin dan tarikan berat. Biasanya pula diiringi dengan gejala knocking atau umum disebut ngelitik.

Untuk menangani masalah ini, Anda harus mengecek kondisi filter udara dan komponen lain yang berhubungan dengan sistem pembakaran, misalnya sensor, fuel pressure regulator dan injektor bahan bakar.

Sedangkan untuk asap berwarna biru, kondisi ini umumnya disebabkan karena terbakarnya oli bersama bahan bakar di ruang bakar mesin. Situasinya mirip dengan asap berwarna putih.

BACA JUGA : Ini Fitur Auto2000 Mobile Yang Dipakai Motivator Terkenal Merry Riana

Umumnya masalah ini kerap menimpa mobil atau kendaraan yang sudah tua, jarak tempuh yang sudah panjang, atau penggunaan mobil yang kurang baik.

Jika masalah ini terjadi, sebaiknya Anda harus segera periksa volume oli secara teratur. Kalau terlihat berkurang, sebaiknya langsung tambahkan atau segera ganti oli jika oli yang digunakan sudah tidak layak pakai lagi.

Nah, untuk mengurangi kerusakan mesin, sebaiknya Anda segera membawa mobil Toyota kesayangan ke bengkel resmi Auto2000 untuk pemeriksaan lebih lanjut jika terdeteksi kondisi-kondisi di atas.

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia