air terjun nglirip.webp

Indahnya Air Terjun Nglirip dengan Rute Perjalanan Menarik

Diterbitkan26 Jun 2024

Setiap orang pasti memiliki keinginan untuk menjelajahi keindahan alam yang memukau dan menyegarkan jiwa. Salah satu destinasi alam yang dapat memenuhi kerinduan tersebut ialah Air Terjun Nglirip. 


Air terjun ini bukan hanya sekadar tempat wisata biasa, tetapi merupakan perpaduan harmonis antara keindahan alam yang menakjubkan dan rute perjalanan yang menantang. Saat berkunjung ke tempat ini pastikan AutoFamily menciptakan banyak kenangan indah yang spesial. 


Namun sebelum pergi, cari tahu dahulu keindahan dan daya tarik Air Terjun Nglirip dari dekat melalui penjelasan berikut!


Mengenal Air Terjun Nglirip Beserta Rute dan Harga Tiketnya

Air Terjun Nglirip merupakan salah satu keajaiban alam yang terletak di Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Keindahan air terjun ini tidak hanya terletak pada tingginya air yang jatuh dari tebing, tetapi juga suasana alam sekitarnya yang menyejukkan hati. 


Rute perjalanan menuju Air Terjun Nglirip dapat diakses dari Kabupaten Tuban dengan waktu perjalanan sekitar 1-2 jam, tergantung pada kondisi jalan dan cuaca. Apabila sudah sampai di Kabupaten Tuban, Anda tidak perlu lagi melalui jalan tol, tinggal ikuti saja jalan di maps dengan saksama.


Untuk masuk ke area Air Terjun Nglirip, pengunjung biasanya dikenakan tiket masuk dengan harga yang terjangkau. Harga tiket dapat bervariasi tergantung pada kebijakan pengelola dan fasilitas yang disediakan di lokasi. Jadi penting untuk selalu memperhatikan informasi terbaru mengenai harga tiket sebelum melakukan perjalanan agar terhindar dari ketidaknyamanan. 


Daya Tarik Wisata Air Terjun Nglirip di Tuban

Air Terjun Nglirip atau Air Terjun Putri Nglirip punya daya tarik yang cukup unik untuk diperhatikan. Bukan hanya warna airnya yang jernih, tetapi juga cerita legenda yang sudah diteruskan oleh penduduk setempat dari generasi ke generasi. Temukan daya tarik uniknya di bawah ini!


1. Air Berubah Warna Tergantung Musim

Salah satu hal menarik tentang Air Terjun Nglirip adalah kemampuannya untuk mengubah warna air terjunnya sesuai dengan musim yang sedang berlangsung. Pada musim hujan, air terjun ini seringkali tampak berwarna kecokelatan karena membawa banyak endapan dari hutan sekitar. 

Namun saat musim kemarau tiba, air terjun ini berubah menjadi lebih jernih dan warnanya cenderung hijau toska yang menciptakan kontras menakjubkan dengan lingkungan sekitarnya. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang dinamis dan berubah-ubah setiap kali mereka mengunjungi Air Terjun Nglirip.


TEST DRIVE MOBIL TOYOTA IMPIAN ANDA HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM SEKARANG!


2. Pelangi dapat Terlihat Sangat Jelas

Lokasinya yang strategis dan keberadaan kabut yang terbawa oleh angin, hal ini sering menciptakan pelangi yang terbentuk di sekitar Air Terjun Nglirip. Pemandangan pelangi yang terang dan jelas ini menambah keindahan ketika Anda memandangi air terjun tersebut. Untuk melihat pelangi ini setidaknya Anda perlu datang di jam tertentu seperti pada siang menuju sore hari, kira-kira pukul 15.00 waktu setempat.


3. Memiliki Cerita Legenda Mengenai Pasangan

Air Terjun Nglirip juga terkenal dengan cerita legenda yang mengelilinginya, terutama mengenai kisah cinta tragis antara sepasang kekasih yang dianggap menjadi sumber daya spiritual air terjun tersebut. 


Diceritakan ada seorang gadis dari kalangan penduduk biasa yang mencintai pangeran bangsawan bernama Joko Lelono. Namun cinta keduanya tidak direstui oleh orang tua Joko Lelono. Mendengar kisah cinta ini, ada pun raja berniat jahat untuk memalukan keluarga bangsawan tersebut melalui rencana pembunuhan Joko Lelono. 


Sang gadis yang mendengar cerita tersebut pun sedih dan pergi ke gua di samping Air Terjun Nglirip untuk bermeditasi. Diperkirakan gadis ini bermedtasi sampai akhir hayatnya hingga jasadnya pun tidak dapat ditemukan oleh siapa-siapa. 


Akhir kisah cinta keduanya membuat kepercayaan bahwa pasangan yang datang ke tempat ini bisa mengalami kandas alias putus di tengah jalan. Namun tentunya hal ini hanya mitos dan bisa dipercaya atau tidak tergantung masing-masing pribadi. 


4. Pusat Ziarah Masyarakat Tuban

Air Terjun Nglirip memiliki nilai religius yang sangat tinggi, khususnya bagi masyarakat Tuban. Hal ini Air Terjun Nglirip menyimpan makam Syech Jabbar, yang merupakan seorang pendakwah dan diketahui sebagai cucu dari Joko Tingkir. Karena nilai sejarah dan religinya, penduduk setempat menganggap makam Syech Jabbar sebagai salah satu tempat yang suci. Buat Anda yang ingin merasakan wisata religi, Anda bisa mengunjungi makam Syech Jabbar yang berada tepat di atas area wisata Air Terjun Nglirip.


5. Menikmati Kuliner Khas

Keunikan Air Terjun Nglirip lainnya selain warna air terjunnya adalah kulinernya. AutoFamily dapat menemukan rujak petis khas daerah. Dengan rasa pedas dan harum yang khas dari petis asli Tuban, AutoFamily bisa semakin nikmat menikmati keindahan alam daerah wisata ini.


Jam Operasional, Harga Tiket, dan Fasilitas Air Terjun Nglirip

Air Terjun Nglirip dibuka setiap hari untuk pengunjung mulai dari pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB. Harga tiket masuknya sendiri adalah Rp5.000 untuk pengunjung dewasa dan Rp3.000 untuk anak-anak. Harga-harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sehingga AutoFamily sebaiknya memastikan lagi sebelum berkunjung.


Fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap untuk menunjang kenyamanan Anda berwisata. Fasilitas yang disediakan antara lain area parkir, gazebo, toilet, koneksi wifi, warung, serta spot foto estetik dan sangat cantik.


Rekomendasi Mobil Toyota untuk Perjalanan Jauh

Ketika Anda merencanakan perjalanan jauh ke destinasi alam seperti Air Terjun Nglirip, memilih kendaraan yang tepat sangatlah penting untuk memastikan perjalanan menjadi nyaman, aman, dan menyenangkan. Toyota, sebagai salah satu merek mobil terkemuka, menawarkan beberapa pilihan mobil yang cocok untuk perjalanan jauh. Berikut beberapa rekomendasi di antaranya:


1. Toyota Yaris Cross

Toyota Yaris Cross hadir sebagai pilihan yang tepat untuk perjalanan jauh dengan gaya yang kompak namun tetap memberikan kenyamanan dan keamanan. Mobil ini dilengkapi dengan fitur-fitur canggih seperti Power Back Door with Kick Sensor, Auto Folding Mirror, head unit 10 inci dengan konektivitas smartphone, dan masih banyak lagi. 


Untuk meningkatkan pengalaman berkendara, mobil ini bahkan sudah dilengkapi dengan 3 mode mengemudi, yakni ECO, Normal, dan Power. Desain interiornya pun dibuat dengan sangat modern sehingga kenyamanan berkendara sudah pasti terjamin. 


Fitur keselamatan dengan teknologi tinggi juga sudah disematkan untuk melindungi pengemudi dan penumpang selama perjalanan. Keberadaan pelindung tambahan seperti Toyota Safety Sense pasti akan membawa ketenangan pikiran bagi siapa saja yang mengemudikannya. 


2. Toyota Rush

Toyota Rush umumnya banyak digunakan dalam perjalanan jauh. Mengingat keberadaan mesinnya yang tangguh, para pengemudi tak perlu khawatir dengan berbagai medan jalanan yang akan dilalui. 


Kapasitas penumpang dan bagasinya juga cukup luas untuk membawa seluruh barang bawaan. Anda jadi bisa membeli banyak oleh-oleh untuk diberikan kepada teman atau bahkan sebagai persediaan saat sampai di rumah.

Toyota Rush memberikan kenyamanan dan keamanan saat menjelajahi berbagai destinasi. Fitur-fitur keselamatan seperti ABS, EBD, dan airbag akan membuat perjalanan Anda aman sampai tempat tujuan. Toyota Rush bahkan sudah memiliki ASEAN NCAP Safety Rating yang berarti mobil ini sudah memiliki standar keselamatan yang dibutuhkan untuk dapat digunakan berkendara di jalanan. 


DAPATKAN KUPON SERVIS UNTUK MOBIL KESAYANGAN ANDA DI AUTO2000 DIGIROOM


3. Toyota Fortuner

Jika Anda menginginkan mobil yang lebih besar dan mewah untuk perjalanan jauh, Toyota Fortuner adalah pilihan yang tepat. SUV ini memiliki performa yang andal dan kapasitas yang sangat luas sehingga sangat cocok untuk keluarga. 


Desainnya yang elegan dan fitur-fitur canggih di dalamnya, Toyota Fortuner memberikan pengalaman berkendara yang istimewa. Beberapa di antaranya ialah Kick Sensor with Power Backdoor, desain interior terbaru, wireless charger, head unit 9 inci dengan konektivitas smartphone, NFC, dan voice command. Melalui semua fitur yang tersedia di dalamnya, Toyota Fortuner menjadi mobil yang bisa diandalkan untuk perjalanan jauh dan menjelajahi berbagai medan.


Berlibur ke Air Terjun Nglirip bisa jadi waktu tenang dan menyenangkan bagi Anda yang membutuhkan kedamaian. Tempatnya yang luas membuat Anda bisa memilih tempat bersantai dengan bebas di sekitar air terjun. 


Jika Anda pergi ke tempat ini bersama keluarga, pastikan mobil yang digunakan dapat memberikan kenyamanan yang dibutuhkan. Selain rekomendasi mobil yang sudah dijelaskan di atas, Auto2000 punya lebih banyak jenis kendaraan untuk Anda pilih sesuai kebutuhan. 


Ada juga rekomendasi mobil hatchback yang nyaman untuk perjalanan jarak jauh seperti Toyota Agya dan Toyota Yaris. Seluruh informasi tentang spesifikasinya sudah tersedia di Auto2000 Digiroom sehingga Anda bisa benar-benar mendapatkan mobil yang dapat menemani aktivitas sehari-hari. 


Anda juga bisa menghubungi dealer Auto2000 untuk berkonsultasi atau melakukan test drive agar bisa merasakan kinerja mesin yang optimal sebelum melakukan pembelian. Temukan juga berbagai promo menarik dalam pembelian mobil hingga promo PILIH AUTO2000 untuk berkesempatan mendapatkan undian hadiah 400 paket wisata ke berbagai destinasi mulai dari Labuan Bajo, Vietnam, Eropa, hingga Umroh. 


Kalau begitu langsung saja kunjungi Auto2000 Digiroom sekarang dan temukan mobil terbaik yang Anda butuhkan!


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Gambar hanyalah ilustrasi.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.