Loading...
Izinkan Deteksi Lokasi Anda
Harga OTR mobil Auto2000 bervariasi tergantung lokasi Anda. Untuk melihat harga yang lebih akurat, izinkan browser Anda untuk mengetahui lokasi Anda
NANTI SAJA »
Benarkah Ban Mobil Cepat Panas dan Gampang Meletus di Jalan Tol?
Home - Berita - Benarkah Ban Mobil Cepat Panas dan Gampang Meletus...

Benarkah Ban Mobil Cepat Panas dan Gampang Meletus di Jalan Tol?

Berita
22 Feb 2019

Auto2000.co.id – Viral tersiar kabar ban mobil cepat panas dan gampang meletus saat melewati jalan tol, terutama yang permukaannya berbahan beton. Benarkah pandangan tersebut?

Sebelum sampai di tangan konsumen, produsen ban telah melakukan pengujian statis dan dinamis. Dalam pengujian statis, ban diputar pada sebuah alat yang menyimulasikan permukaan jalan selama beberapa hari 24 jam nonstop.

Untuk pengujian dinamis, ban juga diuji coba di berbagai kondisi jalan di negara tempat ia bakal dijual. Untuk Indonesia tentunya melalui permukaan jalan tol, baik yang sudah diaspal maupun masih dilapisi beton.

Alhasil ban mobil Anda tidak akan semudah itu meletus karena suhunya terlalu panas ketika melalui jalan tol. Kalaupun ban panas, ia akan didinginkan oleh embusan angin dari arah depan dan Anda pasti beristirahat setelah berkendara selama 3 – 4 jam.

BACA JUGA : Mudah dan Nyaman, Ini Sebab Anda Harus Ngobrol Dengan Tasia

Namun bukan berarti ban mobil sama sekali bebas dari potensi meletus atau pecah ketika berkendara di jalan tol. Ini terkait dengan kondisi ban saat Anda pergunakan.

Pertama adalah tekanan angin ban. Di sini Anda kerap lupa mengukur tekanan angin ban sebelum masuk jalan tol sehingga tidak tahu apakah tekanannya masih normal atau berubah.

Yang paling berbahaya adalah ketika tekanan ban terlalu rendah. Saat itu terjadi, dinding ban tidak berdiri kokoh seperti seharusnya. Bahkan kalau terlalu kempis akan terlihat melipat.

Ketika dipakai konstan di kecepatan tinggi di jalan tol, dinding ban akan bergerak naik turun terus menerus mengikuti kontur jalan layaknya suspensi mobil.

BACA JUGA : Begini Cara Ngobrol Dengan Tasia Kalau Mau Beli Mobil Baru di Auto2000

Defleksi yang terjadi pada dinding ban akan lebih tinggi dari normalnya karena terlalu lentur dan berisiko merusak anyaman kawat baja di dinding ban. Ban bisa meletus bila anyaman tersebut tidak sanggup lagi menahan beban gerakan ban.

Selain mengurangi kenyamanan karena keras, ban dengan tekanan terlalu tinggi juga berpotensi untuk meletus. Hanya saja untuk itu butuh telapak ban yang sudah sangat aus sehingga permukaan jalan yang panas langsung kontak dengan anyaman ban.

Untuk mencegahnya, pastikan ketebalan telapak ban masih sesuai rekomendasi pabrikan dengan mengecek kedalaman alur, yang aman kalau masih lebih dari 1,6 mm. Atau perhatikan tread wear indicator, jika belum sampai batas artinya masih aman.

Telapak ban yang masih dalam batas aman juga membantu Anda mengendalikan arah mobil dengan baik karena grip dapat terjaga dengan baik. Apalagi saat berhadapan dengan jalan basah ketika hujan turun.

BACA JUGA : Tasia Bisa Bantu Booking Service di Bengkel Auto2000 atau Order THS

Hal ketiga yang membuat ban punya potensi meledak adalah muatan berlebih pada mobil Anda. Ini sering terjadi pada kendaraan jenis MPV.

Untuk itu pelajari load index ban untuk mengetahui seberapa berat bobot yang bisa dipikul oleh ban. Data tersebut juga ada di buku manual kendaraan.

Guna mencegah ban mengalami kelelahan dan meletus, selalu lakukan perawatan berkala minimal sebulan sekali, termasuk pula rotasi ban untuk membuatnya tetap prima.

Mudahnya, proses perawatan ban dilakukan saat servis berkala mobil Toyota Anda di bengkel resmi Auto2000. Walau pasti diperiksa, berikan catatan pada service advisor untuk melakukan pengecekan ban mobil Anda.

Auto2000


Warning: Illegal string offset 'post_cabang_attach_form' in /home/admauto/public_html/wp-content/themes/auto2017/single.php on line 131
Dapatkan Penawaran Terbaik
Silahkan klik kirim kode verifikasi / OTP dan masukkan kode yang dikirimkan ke pada kolom isian yang ada di bawah.
Kode OTP terkirim ke nomor telepon Anda.
Masukkan 6 digit kode OTP
Terima Kasih
Wiraniaga kami akan menghubungi Anda secepatnya.

Apabila Anda memerlukan informasi lainnya, silahkan menghubungi customer service kami dan sebutkan nomor polisi kendaraan Anda.
Booking Workshop / THS
Maaf, tidak ada waktu yang tersedia untuk pemesanan pada hari libur.
Silahkan pilih tanggal lainnya.