Yuk Cari Tahu Perbedaan Antara Aki Basah Dengan Aki Kering Disini"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Yuk Cari Tahu Perbedaan Antara Aki Basah Dengan Aki Kering Disini

Mobil membutuhkan listrik. Tanpa arus listrik, lampu mobil anda tidak bisa menyala, AC tidak berfungsi, bahkan, mobil anda tidak akan bisa nyala, apalagi berjalan. Dalam proses pengapian, mobil membutuhkan aki sebagai baterai atau sebagai perangkat yang memberikan sumber listrik. Aki menyimpan energi listrik dalam bentuk energi kimia.

Banyak yang sering mendengar kata Aki Basah dan Aki Kering, tapi apakah anda mengetahui perbedaannya? Yang belum tahu, simak penjelasannya berikut ini

Aki basah adalah aki yang paling umum, paling mudah ditemukan. Dinamakan sebagai aki basah karena di dalam aki ini terdapat cairan elektrolit atau air aki yang berupa asam sulfat. Air aki basah mengandung timah antimoni yang bakal cepat habis karena besarnya potensi penguapan.

Aki ini dijual dengan harga yang murah dibanding jenis aki lainnya. Selain itu, banyak bengkel yang pasti menjualnya atau menerima jasa perawatan aki basah. Akan tetapi, aki basah memerlukan perawatan yang rutin. Penguapan yang terjadi bisa membuat cairan aki cepat habis.

Kemudian, jika tidak dirawat dengan benar, cairan aki bisa tumpah dan merusak komponen-komponen lainnya.

Sedangkan lain halnya dengan yang satu ini, meskipun namanya aki kering, bukan berarti jenis aki ini tidak mengandung cairan elektrolit. Aki kering–sering juga disebut Maintenance Free–menggunakan cairan elektrolit yang mengandung timah kalsium. Dibanding timah antimoni pada aki basah, timah kalsium lebih hemat dalam proses penguapan. Lalu, aki kering juga tak perlu dirawat sesering aki basah karena aki ini tidak membutuhkan pengisian ulang cairan elektrolit. Aki kering disegel dengan kuat sehingga cairan elektrolit di dalamnya tidak berpotensi untuk tumpah.

Namun, karena kualitas aki kering lebih baik dibanding aki basah, jenis aki ini dijual dengan harga yang lebih mahal. Penyegelan yang kuat juga memiliki dampak tertentu. Ketika anda melakukan perawatan aki kering, otomatis, anda mesti mengganti komponen aki kering karena segelnya yang tidak bisa dibuka.

Sedikit tidaknya sudah mengetahui perbedaannya ya. Jangan lupa lakukan perawatan pada aki mobil anda dengan rajin service berkala rutin di Bengkel Resmoi Toyota Auto2000 Tabanan. Informasi lebih lanjut hubungi 0361-9332000.

(Mitha Purnama Dewi)

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia