Yang Harus Dilakukan Saat Alami Buta Sejenak Karena Sinar Lampu Arah Berlawanan"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Yang Harus Dilakukan Saat Alami Buta Sejenak Karena Sinar Lampu Arah Berlawanan

Sebagian orang memilih melakukan perjalanan pada malam hari lantaran dinilai jalanan lebih lengang dan yang pasti terhindar dari panas matahari. Meski begitu ada beberapa hal yang mesti diperhatikan kala berkendara malam terlebih jalanan yang dilintasi minim penerangan ataupun rambu dan marka jalan.

Yang pertama, mesti diwaspadai adalah pancaran lampu kendaraan yang berasal dari arah berlawanan. Pasalnya mata bisa mengalami buta sesaat lantaran terpapar sinar lampu tersebut

Efek dari buta sejenak ini bisa membuat kita kesulitan dalam melihat marka jalan dan yang bahaya kalau kita lawan dengan membalas memberikan lampu jauh karena kita kan tidak tahu kondisi pengemudi dari arah berlawanan.

Kalau pengemudi yang berlawanan arah buta sejenak juga dikhawatirkan mobil lawan akan ke menuju ke mobil kita sehingga bisa terjadi tubrukan

Oleh karenanya kita harus bisa membiasakan diri melihat marka ketika melihat sinar. Jadi saat kita berkendara malam harus mengetahui patokannya, marka jalan atau lebar jalan.

Yang kedua, kita harus bisa menciptakan garis imajiner. Jadi mobil harus diposisikan dulu di tempat yang aman agar posisi mobil tidak terlalu ke kiri atau ke kanan sehingga berbahaya.

Ada tidaknya marka jalan Anda harus bisa memperkirakan berapa lebar jalan dan lebar mobil. Apakah untuk dua mobil bisa atau tidak.

Apabila Anda ragu segera kurangi kecepatan sehingga meminimalisir resiko terburuk kalaupun terjadi benturan imbasnya tidak terlalu parah.

(Mitha Purnama Dewi)

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia