Wisata Danau dengan Rush

Wisata Danau Ranu Grati: Daya Tarik, Harga Tiket, Jam Buka, dan Rutenya 2024

Diterbitkan29 Apr 2024

Apakah AutoFamily sedang merencanakan liburan ke Wisata Danau Ranu Grati? Terletak di kaki Gunung Bromo, danau ini menawarkan keindahan alam yang mempesona dan suasana yang menenangkan.


Anda dapat menikmati kegiatan seperti berjalan-jalan di sekitar danau, menikmati pemandangan matahari terbit, atau sekadar duduk bersantai sambil menikmati piknik di tepi air.


Melalui udara sejuk dan panorama alam yang menawan, Danau Ranu Grati memberikan pengalaman liburan yang tak terlupakan bagi Anda, serta menjadi surga bagi para pecinta alam yang ingin menjelajahi keindahan Indonesia. Simak selengkapnya di bawah ini!


Mengenal Wisata Danau Ranu Grati

Danau Ranu Grati adalah salah satu destinasi wisata yang menarik yang terletak di Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur. Berada di wilayah yang secara teritorial meliputi tiga desa, yaitu Desa Ranuklindungan, Desa Gratitunon, dan Desa Sumberdawesari, danau ini menawarkan keindahan alam yang memikat. Sebagai danau vulkanik, Danau Ranu Grati memiliki daya tarik tersendiri dengan panorama yang memukau. 


Menariknya, danau ini merupakan satu-satunya danau di Provinsi Jawa Timur yang terletak di dataran rendah dan dikelilingi oleh pemukiman warga desa, memudahkan akses wisatawan yang ingin menikmati pesonanya. Wisata ini memiliki harga tiket masuk yang terjangkau, hanya sekitar Rp2 ribuan, buka setiap hari dari jam 08.00 hingga 16.00 WIB, menjadikannya pilihan liburan yang menarik bagi siapa pun yang mencari pengalaman alam yang autentik.


Selain itu, keberadaan danau ini juga memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat sekitar, terutama dalam hal budi daya ikan. Wisatawan yang berkunjung ke Danau Ranu Grati juga dapat menikmati udara segar dan ketenangan yang sulit ditemukan di daerah perkotaan.


Baca juga: 7 Rekomendasi Gunung untuk Pemula di Jawa Timur


Rute menuju Ranu Grati

Untuk menuju ke Danau Ranu Grati dari Alun-Alun Kota Pasuruan, Anda perlu menempuh jarak sekitar 17 kilometer, dengan waktu perjalanan sekitar 30 menit jika berkendara. Rute perjalanan ke danau ini melalui beberapa jalan, termasuk Jalan Raya Pantura, Jalan Ir H. Juanda, serta Jalan Danau Ranu.


Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Wisata ini memiliki harga tiket masuk yang terjangkau. Melansir laman akun Instagram resminya, @Danauranugrati, tiket masuk Danau Ranu Grati hanya 2.500 Rupiah dan biaya parkir kendaraan hanya dipatok sebesar 2.000 Rupiah.


Adapun jam operasionalnya buka setiap hari dari jam 8 pagi hingga jam 6 sore, menjadikannya pilihan liburan yang menarik bagi siapa pun yang mencari pengalaman alam yang autentik.


JADWALKAN TEST DRIVE MOBIL TOYOTA IMPIAN ANDA DENGAN MUDAH HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM! 

Daya Tarik Wisata Danau Ranu Grati: Aktivitas dan Atraksi Alam

Selain menikmati keindahan alam, wisatawan juga dapat melakukan berbagai aktivitas di Danau Ranu Grati. Berikut ini contohnya:


1. Berjalan-jalan di Sekitar Danau

Berjalan-jalan di sekitar wisata Danau Ranu Grati adalah pengalaman yang tak terlupakan bagi pengunjung. Saat Anda mengelilingi tepi danau, Anda akan disambut oleh pemandangan alam yang memukau, dengan air danau yang tenang mencerminkan langit biru dan pepohonan hijau di sekelilingnya. Anda bisa merasakan kesegaran udara pegunungan dan meresapi keheningan alam yang hanya dipecahkan oleh suara gemercik air dan riuh rendah hewan-hewan di sekitar.


2. Menyaksikan Matahari Terbit

Tidak ada yang bisa menandingi keindahan matahari terbit di Danau Ranu Grati. Saat fajar mulai menyingsing, cahaya merah jingga menyinari langit dan air danau, menciptakan lanskap yang sangat dramatis dan memukau. Pengunjung sering kali berkumpul di tepi danau untuk menyaksikan momen yang magis ini, mengabadikan keindahan alam yang langka dalam ingatan mereka.


3. Kemah di Sekitar Kawasan Danau

Kemah di sekitar danau Ranu Grati adalah pengalaman yang mengasyikkan bagi para petualang dan pencinta alam. Melalui udara segar pegunungan dan suasana alam yang menenangkan, berkemah di sini memberikan kesempatan untuk benar-benar terhubung dengan alam. Anda bisa mendirikan tenda di tepi danau atau di bawah rimbunnya pepohonan pinus, menikmati malam yang tenang di bawah langit berbintang yang gemilang.


Baca juga: 7 Destinasi Wisata Danau Menarik di Indonesia


4. Memancing

Bagi para penggemar memancing, Danau Ranu Grati adalah surga yang tak terelakkan. Air danau yang jernih dan kaya akan ikan menjadi daya tarik utama bagi para pemancing. Anda dapat membawa peralatan pancing dan bisa menikmati waktu santai di tepi danau sambil menunggu ikan yang menggigit. Rasakan kegembiraan saat Anda menangkap ikan lokal, menciptakan pengalaman memancing yang tak terlupakan di tengah keindahan alam.


5. Piknik di Tepi Danau

Piknik di tepi Danau Ranu Grati adalah cara yang sempurna untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman sambil menikmati keindahan alam dan memanfaatkan spot foto yang estetik.


Membawa bekal dan peralatan piknik, Anda bisa memilih spot yang nyaman di sekitar danau dan menikmati makanan enak sambil menikmati pemandangan yang menakjubkan. Suara gemercik air dan aroma segar alam semakin menambah kenikmatan piknik Anda.


DAPATKAN MOBIL TOYOTA IMPIAN ANDA DENGAN JAMINAN GARANSI TERBAIK HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM! 


Tips untuk Menikmati Wisata Danau Ranu Grati 

Berikut adalah beberapa tips untuk menikmati liburan di Danau Ranu Grati dengan lebih baik:


1. Rencanakan Kunjungan Anda

Sebelum memulai perjalanan ke Danau Ranu Grati, penting untuk merencanakan kunjungan Anda dengan baik. Periksa cuaca dan kondisi lalu lintas, serta bukaan dan jam operasional danau. Pastikan Anda memiliki waktu yang cukup untuk menikmati semua atraksi dan aktivitas yang ingin Anda lakukan di sana.


2. Kenakan Pakaian dan Sepatu yang Tepat

Mengingat Danau Ranu Grati berada di kawasan pegunungan, cuaca bisa berubah-ubah dan kadang-kadang dingin. Oleh karena itu, penting untuk mengenakan pakaian yang sesuai dengan cuaca, seperti jaket yang hangat dan pakaian yang nyaman. Pastikan juga untuk menggunakan sepatu yang cocok untuk tracking atau berjalan di alam terbuka.


Baca juga: 8 Tips Liburan Hemat Bersama Keluarga dengan Mobil Toyota


3. Bawa Perlengkapan Yang Diperlukan

Pastikan Anda membawa perlengkapan yang diperlukan untuk menikmati wisata Danau Ranu Grati dengan nyaman. Misalnya, bawa air minum yang cukup untuk menghidrasi diri, kamera untuk mengabadikan momen-momen indah, serta topi dan tabir surya untuk melindungi diri dari sinar matahari.


4. Nikmati Keindahan Alam Secara Bertanggung Jawab

Saat menikmati keindahan alam Danau Ranu Grati, penting untuk bertindak secara bertanggung jawab dan menjaga lingkungan sekitar. Jangan meninggalkan sampah di sekitar danau, selalu ikuti aturan yang berlaku, dan hindari merusak atau mengganggu flora dan fauna yang ada.


5. Pastikan Kendaraan Dalam Keadaan Baik

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi untuk mencapai Danau Ranu Grati, pastikan kendaraan Anda dalam kondisi baik dan siap untuk perjalanan. Periksa kondisi mesin, ban, dan bahan bakar sebelum berangkat, serta pastikan untuk membawa peralatan darurat seperti ban cadangan dan alat perbaikan ringan jika diperlukan.


Baca juga: 7 Tips Persiapan Liburan Dengan Anak Menggunakan Mobil Pribadi

Dari penjelasan mengenai wisata Danau Ranu Grati, dapat disimpulkan bahwa destinasi ini menawarkan pengalaman liburan yang luar biasa bagi para pengunjung yang mencari kedamaian dan keindahan alam. Melalui tips dan pedoman yang telah disediakan, Anda dapat memastikan bahwa kunjungan ke danau ini akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan dan berkesan.


Setelah mengetahui keindahan wisata Danau Ranu Grati dan tips untuk menikmatinya, AutoFamily mungkin merasa tertarik untuk segera merencanakan perjalanan liburan Anda. Jika Anda membutuhkan kendaraan yang dapat diandalkan untuk menjelajahi destinasi ini dengan nyaman dan aman, jangan ragu untuk menjelajahi rekomendasi mobil touring terbaik Toyota di Auto2000 Digiroom. 


Temukan beragam pilihan mobil touring terbaik dari Toyota yang cocok untuk kebutuhan perjalanan Anda. Melalui teknologi dan kualitas yang telah teruji, serta layanan purna jual yang prima, Auto2000 Digiroom siap membantu AutoFamliy mewujudkan perjalanan liburan yang sempurna. 


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.