LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Waspadai 5 Tanda Radiator Mobil Rusak

Pada sebuah mobil, radiator memiliki peran yang cukup penting. Komponen inilah yang akan menunjang pendinginan suhu mesin, sehingga mesin tidak kepanasan meski digeber pada RPM tinggi.

Apabila terjadi kerusakan pada radiator, maka bisa dipastikan sistem pendinginan suhu mesin akan terganggu. Akibatnya mesin mobil anda bisa mogok karena overheat.
Namun, sebenarnya anda bisa mencegah masalah yang berkaitan dengan overheat tersebut apabila anda jeli dan dapat mengenali tanda-tanda radiator yang rusak. Lalu apa saja ciri atau tanda radiator mobil yang mulai bermasalah?


Mobil sering overheat

Overheat adalah kondisi dimana mesin mengalami panas yang berlebihan. Kondisi ini muncul bisa karena kipas radiator yang mati atau karena air radiator yang habis.
Volume air pendingin sering habis

Air pendingin berfungsi sebagai media mengantarkan panas dari mesin ke radiator. Air pendingin yang selalu habis, bisa disebabkan karena adanya kebocoran pada sistem pendingin salah satunya radiator. Kebocoran pada radiator bisa disebabkan karena radiator pernah mengalami benturan (misal tertabrak dari depan) atau karena radiator terkena loncatan batu.


Selang input radiator sering bocor

Selang input biasanya terletak dibagian tanki atas radiator. Fungsi selang ini adalah untuk mengantarkan air bersuhu tinggi dari mesin ke radiator. Karena didalam selang ini memiliki air bersuhu tinggi, maka potensi terjadi kebocoran itu besar. Namun kalau proses pendinginan didalam radiator lancar itu tidak masalah. Yang jadi masalah, adalah ketika didalam radiator ada sumbatan.


Baca Juga: Inilah Fungsi Radiator Mobil


Ada tetesan air dibagian bawah bumper depan

Untuk kejadian air radiator yang bocor, pasti akan terlihat dimana letak kebocorannya karena air yang bocor pasti akan menetes ke bawah. Sekarang coba perhatikan dibawah mobil anda. Apakah ada tetesan air tepat dibawah mobil anda? kalau tetesan air itu ada dibagian tengah (dibawah dashboard) itu bukan kebocoran air radiator namun itu adalah tetesan air AC. Kebocoran air radiator itu akan menetes tepat dibagian bawah mesin, kalau yang bocor itu radiatornya maka tetesan air akan ada diarea bawah bumper mobil anda.


Ada korosi dan terlihat kebocoran dipermukaan radiator

Apabila anda belum yakin, coba anda perhatikan permukaan radiator. Memang untuk mobil-mobil sekarang, permukaan radatornya terhalang. Dibagian depan terhalang kondensor AC, dibagian belakang, terhalang kipas pendingin. Namun, anda bisa mencari celah disekitar kipas pendingin untuk melihat permukaan radiator. Gunakan senter untuk menemukan apakah ada korosi, atau terlihat jelas rembesan air. Kedua hal itu menjadi tanda yang jelas sekali menunjukan adanya kerusakan pada radiator mobil anda.

Jika tanda – tanda ini Anda temukan pada mobil Toyota Anda, segera datangi Dealer Resmi Toyota terdekat untuk dapat ditangani lebih lanjut. Untuk Anda yang ada di seputaran Kabupaten Tabanan, Anda bisa datang ke Bengkel Resmi Toyota Auto2000 Tabanan atau hubungi 0361-9332000 untuk Booking Service terlebih dahulu.

​​​​​​​Baca Juga: Ciri Oli Gardan harus diganti

​​​​​​​
​​​​​​​PROMO MENARIK DI AUTO2000 DAPATKAN SEKARANG!

PROMO1 PROMO2 ​​​​​​​

promo sehat toyotaku ​​​​​​​ lebih ringan cicil toyota ​​​​​​​​​

corolla cross digiroom new normal deals ​​​​​​​ corolla cross saatnya merdeka

saatnya merdeka promo ​​​​​​​ bayar setengah cicilan promo

promo perkasa​​​​​​​ ​​​​​​​ promo perkasa​​​​​​​

promo viosvaganza​​​​​​​ ​​​​​​​ promo new yaris

promo spontan​​​​​​​​​​​​​​
Share this article
Tanya Tasia