LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Waspada Overheat, Pahami Indikator Penting di Panel Instrumen Mobil

Auto2000.co.id – Pemilik mobil Toyota mungkin ada yang belum tahu indikator yang ada di panel instrumen atau meter cluster. Tepatnya berada di balik kemudi, kecuali untuk Toyota Vios dan Yaris lawas yang ada di tengah dasbor.

Sajiannya tidak hanya informasi seputar kendaraan, seperti kecepatan dan putaran mesin. Fungsi lainnya adalah apabila terjadi masalah pada mobil, bakal ada informasi atau peringatan yang muncul di indikator tersebut.

Sebagai contoh, apabila mobil mengalami overheat maka akan muncul indikator berupa termometer yang berarti ada masalah dengan suhu mesin.

Biasanya menyala berwarna merah, dan itu artinya ada problem di bagian yang terkait dengan mesin sehingga mesin kepanasan dan Anda wajib segera melakukan pengecekan.

BACA JUGA : Ini Beberapa Sebab Aktor Film Terkenal Beli Alphard di Auto2000

Indikator overheat merupakan salah satu indikator penting. Segera tepikan mobil dan periksa komponen yang terkait dengan mesin karena bila dibiarkan akan membuat mesin mati total dan punya potensi turun mesin.

Kalau secara visual Anda tidak bisa mendapatkan sumber kerusakan, jangan paksakan untuk berjalan lagi. Hubungi tim ERA agar dapat diperiksa lebih lanjut dan dibawa ke bengkel resmi Auto2000 untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

Selain itu, Sapta Agung Nugraha, Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat, mengatakan, masing-masing pemilik mobil wajib tahu fungsi indikator sehingga bisa memantau jika ada kerusakan pada mobil.

“Indikator tersebut sangat penting diketahui bersama. Setidaknya sopir tahu penyakit apa yang dialami oleh mobil ketika ada lampu indikator menyala,” ungkap Sapta.

BACA JUGA : Begini Cara Cegah Karat Tumbuh di Bodi Mobil, Nomor 1 Deteksi Dini

Beberapa indikator yang wajib diketahui, kata Sapta, adalah indikator temperatur mesin, fungsi dan charging battery, airbag, seatbelt, indikator oli, ABS, check engine, dan lain sebagainya.

“Jadi kalau temperatur mesin, check engine menyala itu tandanya ada masalah pada mesin. Begitu juga indikator oli menyala berarti ada masalah pada sistem pelumasan,” ujar Sapta.

Selain itu, indikator penting lain yang perlu diketahui adalah indikator timing belt pada mesin diesel, indikator kinerja mesin atau battery di mobil hybrid, hingga posisi kunci mobil untuk kendaraan yang sudah dilengkapi fitur keyless entry.

BACA JUGA : Harga Tidak Naik, Inilah Deretan Fitur New Avanza dan New Veloz 2019

“Indikator tersebut akan menyala di meter cluster apabila ada permasalahan. Contoh, engine check sebagai tanda ketika ada malfungsi pada sensor mesin akan berkedip,” kata Sapta.

Informasi soal indikator di panel instrumen meter cluster bisa dipelajari oleh pemilik kendaraan menggunakan buku resmi panduan kepemilikan mobil Toyota.

Jika masih ada hal yang perlu dipertanyakan, bisa berdiskusi langsung di bengkel resmi Auto2000 dengan service advisor ketika melakukan servis berkala.

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia