LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Waspada Karat! Ini Alasan Anda Harus Cuci Kolong Mobil Setelah Liburan

Auto2000.co.id – Selesai dipakai berlibur, menyisakan beberapa pekerjaan rumah yang harus Anda selesaikan pada mobil kesayangan. Salah satunya adalah mencuci mobil.

Seperti diketahui, banyaknya penumpang dalam mobil menyisakan problem berupa sampah, termasuk risiko tumpahnya makanan dan minuman di dalam mobil.

Selain itu, musim liburan lalu Anda lalui dalam kondisi hujan dan terang. Kotoran mudah sekali hinggap dan menjadi masalah karena ketiadaan waktu untuk membersihkan.

Belum lagi bila Anda membawa mobil Toyota Rush kesayangan ke daerah pinggir pantai yang rawan serangan karat karena adanya air laut. Padahal belum tentu ada waktu untuk mencuci mobil.

BACA JUGA : Amazing! Ini 5 Fakta Keunggulan All New Camry Yang Bikin Anda Kagum

Makanya, langkah terbaik saat kembali dari berlibur adalah langsung mencuci mobil. Prosesi mencuci mobil menjadi menu wajib bagi pemilik kendaraan Toyota, apalagi yang mobilitasnya tinggi.

Salah satu fokus utama adalah bagian kolong mobil. Kami percaya, sama halnya dengan ban serep, bagian kolong mobil sering terlupakan oleh pemilik mobil.

Mengapa bagian kolong mobil wajib dijaga kebersihannya?

Kolong mobil harus diperhatikan karena bagian bawah kendaraan pastinya jadi tempat pertama kotoran menempel di kendaraan. Campuran antara air dan debu membuat kotoran mudah menempel.

BACA JUGA : Tidak Naik! Inilah Daftar Harga New Avanza dan New Veloz 2019

Padahal di kolong mobil banyak terdapat komponen teknis yang sangat vital, seperti sistem suspensi, sistem kemudi, dan sistem pengereman. Sampai terganggu bisa membuat Anda merasa tidak nyaman dan aman.

Belum lagi adanya sensor yang bisa terganggu kinerjanya kalau kotor, seperti sensor rem ABS. Kalau sampai malfungsi karena kotor jelas akan membahayakan Anda di jalan.

Kotoran yang hinggap juga akan mempercepat kerusakan komponen mekanis lantaran debu bisa menyusup ke celah atau sambungan antar komponen. Secara biaya nantinya akan memberatkan pengeluaran Anda.

Yang tak kalah penting adalah potensi tumbuhnya karat. Bagian bawah mobil yang lembab merupakan area yang sangat mendukung tumbuhnya karat.

BACA JUGA : Harga Tidak Naik, Inilah Deretan Fitur New Avanza dan New Veloz 2019

Apalagi bila bagian bawah mobil ada yang terluka atau tidak tertutup anti karat. Pun saat liburan mobil Toyota Anda banyak dipakai ke wilayah pantai dengan kandungan mineral garam tinggi.

Makanya, jangan lupa bersihkan bagian kolong mobil dengan seksama dan cermat. Jangan lewatkan celah atau lokasi tersembunyi yang memiliki potensi sebagai tempat hinggapnya kotoran atau tumbuhnya karat.

Agar simpel dalam pengerjaan, Anda bisa meminta bantuan teknisi bengkel resmi Auto2000 untuk melakukan perawatan kolong mobil setelah berlibur. Sekaligus periksa komponen mobil di bagian bawah dari adanya kemungkinan kerusakan.

Jangan ragu pula untuk melapis ulang bagian kolong mobil dengan bahan anti karat bila ternyata lapisannya mulai menipis atau rusak. Karena karat merupakan bahaya laten yang bisa sangat merepotkan kalau sampai menyebar.

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia