Waspada Arus Pendek, Ini Cara Benar Membersihkan Ruang Mesin Mobil"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Waspada Arus Pendek, Ini Cara Benar Membersihkan Ruang Mesin Mobil


Auto2000.co.id – Banyak yang belum paham bagaimana cara yang benar membersihkan ruang mesin pada mobil modern yang banyak memiliki sistem kelistrikan.
​​​​​​​
Kerap pemilik mobil melakukannya dengan cara menyemprot menggunakan air bertekanan tinggi di tempat cuci mobil, padahal sangat tidak disarankan karena justru berbahaya.

Faktor yang membuat bahaya, yaitu bisa terjadi korsleting karena potensi kabel atau sistem kelistrikan menjadi korslet cukup besar karena tekanan dari semprotan air tersebut.

Oleh sebab itu, pemilik mobil Toyota disarankan untuk mencuci atau membersihkan dengan cara yang lebih baik dan aman. Lantas, seperti apa?

BACA JUGA : Masuk Musim Hujan, Pastikan 7 Komponen Mobil Ini Dalam Kondisi Baik Supaya Anda Tenang di Jalan

Menurut Deni Adrian, Kepala Bengkel Auto2000 Cibinong, membersihkan ruang mesin cukup menggunakan lap basah, kemudian bersihkan pada bagian yang dianggap kotor. Terakhir dilap lagi pakai lap kering.

“Jadi jangan disemprot pakai air, itu sangat berbahaya. Sebaiknya disarankan untuk menggunakan lap biasa atau microfiber yang sedikit basah untuk membersihkan kotoran di ruang mesin,” ujar Deni.

Menurut Deni, tidak ada batasan atau kapan waktunya membersihkan ruang mesin. Tapi, jika pemilik mobil Toyota sudah merasa ruang mesin kotor, tidak ada salahnya untuk membersihkan agar kembali rapi dan bersih.

BACA JUGA : Masuk Musim Hujan, Inilah Tips Cara Merawat Kaca Mobil Supaya Tidak Menyulitkan Saat Hujan Turun

“Tetapi perlu diingat lagi bahwa cara membersihkannya harus seperti itu,” tegas Deni.
“Apabila ada tempat cuci mobil yang menawarkan jasa membersihkan ruang mesin disemprot dengan air sebaiknya jangan, meskipun nantinya dilap sampai kering karena itu berbahaya,” terangnya.

Pada ruang mesin sendiri, lanjut Deni banyak komponen penting mulai dari kelistrikan, hingga pelumasan.

BACA JUGA : Millenial, Layanan Ini Bikin Bodi Mobil Mulus Lagi Dalam Waktu 8 Jam

Oleh sebab itu tidak boleh sembarangan dalam hal merawat atau membersihkan bagian yang kotor, perlu tenaga khusus atau perlakuan khusus dari orang yang sudah berpengalaman.

Di bengkel resmi Auto2000, setiap konsumen yang melakukan servis berkala akan selalu terpantau kondisi kebersihan ruang mesin.

“Kalau sudah kotor, nanti setelah diservis biasanya juga dibersihkan, interior dan eksteriornya dicuci sampai bersih, dan dilakukan oleh tenaga yang berpengalaman di bidangnya,” tutup Deni.

Share this article
Tanya Tasia