Ukuran_Angin_Ban_Mobil_yang_Ideal_dan_Aman_untuk_Berkendara.jpg

Apakah Vulkanisir Ban Diperbolehkan? Begini Penjelasannya

Diterbitkan22 Jun 2023

Ban merupakan komponen fast moving yang cukup kritikal. Bahkan muncul alternatif ban vulkanisir yang mungkin menimbulkan pertanyaan di benak AutoFamily sekalian.

Apakah ban sattu ini diperbolehkan untuk dipakai? Jawabannya sebenarnya sudah jelas. Pabrikan dan bengkel Auto2000 telah menganjurkan bahwa penggunaan sparepart, termasuk ban, harus menggunakan anjuran Toyota.

Artinya, ban untuk mobil Toyota Anda yang paling tepat untuk digunakan adalah yang tersedia di Auto2000. Ingat, ban merupakan komponen yang tak hanya mempengaruhi performa mobil, namun juga keselamatan.

Mengenal Ban Vulkanisir

Perlu AutoFamily ketahui, ban vulkanisir adalah ban bekas yang telah melalui proses pemulihan dan diperbaiki untuk digunakan kembali. Proses vulkanisir melibatkan pemasangan lapisan karet baru ke permukaan ban yang telah aus.

Sekilas tentu sudah jelas bahwa ban vulkanisir kurang aman dibandingkan ban baru. Untuk itu sebaiknya AutoFamily hanya memilih ban mobil yang sudah jelas kualitasnya.

Ban jenis vulkanisir sendiri memang memiliki beberapa kelemahan yang perlu dipertimbangkan. Kualitas ban mobil vulkanisir dapat bervariasi tergantung pada proses vulkanisasi dan kualitas bahan baku yang digunakan.

Baca juga:4 Kelebihan Ban Tubeless Untuk Kendaraan Anda

Bahkan si karer bundar jenis satu ini memiliki risiko kegagalan ban saat digunakan, seperti pecah atau lepasnya tread (permukaan ban). Ini dapat mengakibatkan kecelakaan yang berpotensi berbahaya, terutama saat berkendara dengan kecepatan tinggi.

Ban vulkanisir juga cenderung memiliki kinerja yang kurang optimal dibandingkan dengan ban baru dalam berbagai kondisi. Sebab akan sulit munculnya traksi yang optimal pada permukaan basah maupun kering dan memiliki kinerja pengereman yang lebih buruk. Ini bisa menjadi kelemahan jika Anda sering berkendara di kondisi jalan yang beragam.

Memang sangat penting untuk memilih produsen yang terpercaya untuk penggunaan ban mobil Toyota. Selalu pertimbangkan kebutuhan dan preferensi pribadi Anda, serta lebih baik berkonsultasi dengan bengkel Auto2000 sebelum membuat keputusan akhir.

Baca Juga:10 Tanda Umur Ban Mobil Sudah Tua, Wajib Ganti!

Beruntung di Auto2000 Digiroom menyediakan beragam ban dengan kualitas terjamin dan sudah pasti cocok untuk mobil Toyota. Anda bisa memilikinya dengan mudah dan praktis dengan aplikasi Auto2000 Digiroom atau akses DI SINI.


Auto2000 Digiroom

BELI MOBIL TOYOTA COROLLA CROSS DENGAN PENAWARAN HARGA MENARIK DI AUTO2000 DIGIROOM

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.