LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Usahakan Pompa Elektrik Selalu Terendam Bensin

 

Berikut ini peringatan kecil bagi pemilik kendaraan yang sistem bahan bakarnya menggunakan pompa bensin elektrik. Bila tangki bensin mobil Anda dilengkapi komponen yang satu ini, alangkah baiknya bila segera mengisi bensin ketika lampu indikator bahan bakar menyala.

Jadi, bila saat berkendara tiba-tiba lampu indikator bahan bakar sudah mulai menyala, jangan lewatkan SPBU yang terlihat. Menepi saja dulu, lalu tambahkan bahan bakar. Bukan sekadar mencegah kehabisan bahan bakar di perjalanan, alasan di balik kebiasaan ini adalah agar pompa bensin elektrik di tangki bensin selalu dalam keadaan terendam bensin.

Keadaan terendam bensin jauh lebih baik bagi pompa elektrik. Sebab, selain sebagai penyuplai utama terjadinya pembakaran, ternyata bensin juga bisa menjadi pendingin. Dengan terendam, pompa bensin elektrik terlindungi dari lingkungan yang bersuhu tinggi (panas) di tangki bahan bakar.

Pada kasus yang ekstrem, dengan membiarkan tangki kurang bensin bahkan bisa mengakibatkan pompa elektrik korslet, sehingga rusak dan tidak bisa bekerja sama sekali. Ya, panas dan korsleting mungkin saja terjadi mengingat saat bekerja pompa bensin membutuhkan arus listrik.

Keuntungan lain bila kita selalu menjaga kuantitas bahan bakar di tangki adalah terhindarnya tangki dari ancaman korosi. Seperti pernah AstraWorld ulas pada edisi sebelumnya, bahwa tangki yang kosong otomatis akan mengundang udara luar masuk.

Interaksi antara udara dan bensin inilah yang kemudian dapat mengakibatkankan korosi (karat) pada dinding-dinding tangki. Karat ini lama kelamaan akan menumpuk dan bercampur dengan bahan bakar. Dan ketika mengalir ke ruang bakar, pada suatu ketika tumpukan kotoran tersebut dapat menyumbat aliran bahan bakar. Selanjutnya, supply bahan bakar ke ruang bakar akan terganggu.

(AstraWorld)

Auto2000

Share this article
More News
toyota innova trd
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF