Cancel

Panduan Cara Menjalankan Mobil Manual Lengkap dan Terbaru!

Cara menjalankan mobil manual memang dibutuhkan ketenangn ya AutoFamily. Mudah saja nih, asal kamu mau mempelajarinya. Menyetir mobil dengan kopling memang terasa sulit pada awalnya, namun setelah beberapa kali latihan, Anda akan mampu mengendarai mobil manual dengan rasa percaya diri. 

Tentu saja mobil Anda akan sering mati pada awalnya, namun hal ini cukup lumrah. Hilangkan keraguan Anda, pelajari cara menjalankan mobil manual yang benar dan tepat, maka Anda akan dapat mengendarai mobil manual hanya dalam waktu beberapa hari saja atau bahkan dalam hitungan jam. Berikut ini caranya.

1.    Pastikan rem tangan dalam posisi on dan mobil berada di permukaan datar.

2.    Tekan pedal kopling dengan kaki kiri Anda secara penuh.

3.    Pastikan persneling gigi dalam posisi netral. Posisi netral berada di tengah-tengah sehingga Anda dapat memindahkan tuas persneling dengan bebas.

4.    Nyalakan mobil.

5.    Masukkan gigi satu ketika Anda masih menekan pedal kopling dengan kaki kiri.Posisi gigi satu biasanya berada di atas paling kiri.

6.    Letakkan kaki kanan Anda di atas pedal rem, dan lepaskan rem tangan.

7.    Lihat semua kaca spion dan periksa keadaan depan dan belakang mobil.

8.    Secara bersamaan angkat kaki kiri Anda dari pedal kopling dan tekan kaki kanan pada pedal gas dengan perlahan. Dengan demikian mobil akan bergerak. Hal mendasar dalam menjalankan mobil dengan memasukkan gigi adalah sebegai berikut: lepaskan pedal kopling ketika Anda menekan pedal gas. Anda harus menguasai langkah ini untuk menjalankan mobil.

9.    Apabila mesin mati, rem dan pindahkan tuas persneling gigi ke posisi netral.Tekan pedal rem dengan kaki kanan dan pedal kopling dengan kaki kiri Anda, kemudian hidupkan kembali mesin mobil. Jangan khawatir saat mobil Anda mati.

10.  Ketahui bagaimana cara memindahkan gigi. Hal mendasar dalam memindahkan gigi cukuplah mudah, namun harus dilakukan dengan benar setiap kali Anda memindahkan gigi agar dapat bekerja dengan benar.

  • Lepaskan kaki kanan dari pedal gas. Anda tidak boleh menekan pedal gas sebelum memindahkan gigi.
  • Tekan pedal. Ini akan memisahkan mesin penggerak dari roda penggerak sehingga Anda dapat mengunci geligi dari gigi yang berbeda.
  • Masukkan gigi dengan cara memindahkan tuas persneling ketika Anda masih menekan pedal kopling. Biasanya Anda dapat menambahkan atau menurunkan satu gigi.
  • Lepas pedal kopling. Lepas kaki kiri dari pedal kopling setelah Anda memindahkan gigi.


Baca juga: 5 Penyebab Aki Mobil Tekor yang Mengganggu


11.  Tambahkan gas pada gigi satu hingga mencapai antara 3000 hingga 4000 rpm. Setelah itu, lepas pedal gas, tekan pedal kopling, dan pindahkan tuas persneling ke gigi dua ketika kaki Anda masih menekan pedal kopling. Gigi dua biasanya terletak di bawah gigi satu.

12.  Saat gigi sudah masuk, lepas pedal kopling. Meletakkan kaki di atas pedal kopling akan menyebabkan tekanan yang tidak perlu sehingga tuas kopling cepat aus.

13.  Untuk menghentikan mobil, lepas kaki Anda dari pedal gas dan tekan pedal rem. Jika mobil sudah mulai terasa bergetar, tekan pedal kopling. Ketika mobil mencapai kecepatan di bawah 16 km/jam, Anda bisa memindahkan gigi ke posisi netral dan mengangkat kaki kiri dari pedal kopling sambil menekan pedal gas.

Nah, gimana apakah sudah lumayan menjawab cara menjalankan mobil manual? Detail lebih lengkapnya lagi Anda bisa membaca cara penggunaannya pada buku panduan pemilik yang ada di kendaraan anda. ​​​​​Pastikan juga AutoFamily menjadi pengendara mobil yang baik dengan mematuhi rambu lalu lintas.

Jangan lupa simak juga berbagai informasi terbaru mengenai mobil baru Toyota. Jika kamu mengalami berbagai kesulitan, segera lakukan temukan lokasi cabang Auto2000 terdekatmu dan lakukan Booking service online. Selamat berkendara ya! 

Baca juga: Melihat Keunggulan Mobil SUV Toyota Fortuner

PROMO MENARIK DI AUTO2000 DAPATKAN SEKARANG!

PROMO1 ​​​​​​ promo sehat toyotaku

lebih ringan cicil toyota ​​​​​​​ corolla cross digiroom new normal deals

bayar setengah cicilan promo promo perkasa​​​​​​​ ​​​​​​​

promo new yaris promo spontan ​​​​​​

promo spontan promo spontan

promo spontan​​​​​​​ promo spontan​​​​​​​
Share this article
Avatar

Auto2000 Digiroom

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang tersebar di seluruh Indonesia.

Temui kami di Media Sosial
Promosi Lainnya
Promo - Paket Servis Berkala Mobil Toyota
Ikutan promo Paket SPONTAN yuk! SPONTAN atau Siaga Kupon Perawatan merupakan program yang menyediakan paket servis berkala dengan harga spesial khusus untuk AutoFamily!

Jika AutoFamily membeli paket servis ini, Anda bisa menghemat sampai dengan 34% dari biaya servis berkala Anda secara total loh! Paket servis ini juga tidak akan berpengaruh pada kenaikan biaya jasa servis maupun spareparts yg di butuhkan. Semakin hemat kan?

Berikut pilihan paket SPONTAN yang bisa AutoFamily pilih:


- SPONTAN A / 1,5 Tahun: 2x Servis Berkala Kecil mulai dari 1.8 juta*
- SPONTAN B / 1,5 Tahun: 1x Servis Berkala Kecil mulai dari 2.4 juta*
- SPONTAN C / 3 Tahun: 3x Servis Berkala Kecil dan 1x Servis Berkala Besar mulai dari 3.8 juta

Makin penasaran dengan promonya? Yuk klik Log In dan Beli Sekarang untuk nikmati hematnya servis menggunakan Paket SPONTAN!


01 Juni 2022
Promo - New Alphard Heritage Edition
Berkolaborasi dengan Iwan Tirta Private Collection, Auto2000 mempersembahkan Amarga Branandaru, Greatness in Our Legacies. Sebuah kolaborasi yang memberikan keunikan istimewa pada Mobil Terbaik pilihan Auto2000 dapat Anda miliki dalam jumlah dan waktu yang sangat terbatas.

Kukilo Sapanti, sebuah motif eksklusif bermakna sepasang burung yang melambangkan kedamaian batin melalui hasil kerjasama Auto2000 dengan Iwan Tirta. Dipadukan dalam bentuk aksesoris New Alphard Heritage Edition yang memiliki image premium, akan memberikan Anda pengalaman yang unik dan kebanggaan tersendiri dalam setiap perjalanan Anda.

Jadilah yang pertama untuk memiliki Toyota New Alphard Heritage Edition. Daftar sekarang dengan melakukan pengisian data pada formulir dibawah ini.

*Unit hanya dapat dipesan dalam waktu terbatas, yaitu periode Pre Order, Anda yang berminat diwajibkan melakukan booking melalui form ini dan melakukan pembayaran booking hingga paling lambat pada 7 Agustus 2022. Customer yang tidak melakukan pembayaran booking fee akan secara otomatis dianggap cancel
24 Juni 2022
Promo - Kijang Innova Heritage Edition
Toyota Kijang Innova Heritage Edition

Berkolaborasi dengan Iwan Tirta Private Collection, Auto2000 mempersembahkan Amarga Branandaru, Greatness in Our Legacies. Sebuah kolaborasi yang memberikan keunikan istimewa pada Mobil Terbaik pilihan Auto2000 dapat Anda miliki dalam jumlah dan waktu yang sangat terbatas.

Dapatkan kenyamanan bersama keluarga melalui keindahan motif batik Kukilo Sapanti yang dimiliki Toyota Kijang Innova Heritage Edition. Motif batik yang memiliki makna melambangkan kedamaian batin melalui hasil kerjasama Auto2000 dengan Iwan Tirta secara khusus dipadukan dalam interior dan eksterior Mobil yang akan menambah rasa eksklusivitas bagi pemiliknya.

Jadilah yang pertama untuk memiliki Toyota Kijang Innova Heritage Edition, sebuah karya eksklusif kolaborasi Auto2000 dan Iwan Tirta Private Collection. Daftar sekarang dengan mengisi formulir di bawah ini.

*Unit hanya tersedia dalam jumlah 65 unit, Anda yang berminat diwajibkan melakukan booking melalui form ini hingga 30 Juli 2022. Customer terpilih akan diumumkan pada minggu pertama Agustus 2022. 65 Customer terpilih diwajibkan melakukan pembayaran booking maksimal satu minggu setelah pengumuman daftar customer terpilih.

24 Juni 2022
Promo - Digiroom Hemat Berlipat
Waktunya belanja hemat, waktunya untung berlipat. Tersedia berbagai promo menarik untuk AutoFamily hanya di Auto2000 Digiroom. Nikmati kemudahan beli aksesoris dan suku cadang original Toyota langsung dari genggaman AutoFamily dengan diskon hingga 25%.* Yuk, klik button di bawah ini untuk dapatkan promonya sekarang juga!

31 Maret 2022
More News
digiroom
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF