LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Untuk Para Pemula Pengguna Mobil Transmisi Manual Pelajari Cara Mengemudi Ini Ya

Menyetir mobil dengan kopling memang terasa sulit pada awalnya, namun setelah beberapa kali latihan, Anda akan mampu mengendarai mobil manual dengan rasa percaya diri. Tentu saja mobil Anda akan sering mati pada awalnya, namun hal ini cukup lumrah. Hilangkan keraguan Anda, pelajari caranya, maka Anda akan dapat mengendarai mobil manual hanya dalam waktu beberapa hari saja atau bahkan dalam hitungan jam. Berikut ini caranya.

1.    Pastikan rem tangan dalam posisi on dan mobil berada di permukaan datar.

2.    Tekan pedal kopling dengan kaki kiri Anda secara penuh.

3.    Pastikan persneling gigi dalam posisi netral. Posisi netral berada di tengah-tengah sehingga Anda dapat memindahkan tuas persneling dengan bebas.

4.    Nyalakan mobil.

5.    Masukkan gigi satu ketika Anda masih menekan pedal kopling dengan kaki kiri.Posisi gigi satu biasanya berada di atas paling kiri.

6.    Letakkan kaki kanan Anda di atas pedal rem, dan lepaskan rem tangan.

7.    Lihat semua kaca spion dan periksa keadaan depan dan belakang mobil.

8.    Secara bersamaan angkat kaki kiri Anda dari pedal kopling dan tekan kaki kanan pada pedal gas dengan perlahan. Dengan demikian mobil akan bergerak. Hal mendasar dalam menjalankan mobil dengan memasukkan gigi adalah sebegai berikut: lepaskan pedal kopling ketika Anda menekan pedal gas. Anda harus menguasai langkah ini untuk menjalankan mobil.

9.    Apabila mesin mati, rem dan pindahkan tuas persneling gigi ke posisi netral.Tekan pedal rem dengan kaki kanan dan pedal kopling dengan kaki kiri Anda, kemudian hidupkan kembali mesin mobil. Jangan khawatir saat mobil Anda mati.

10.  Ketahui bagaimana cara memindahkan gigi. Hal mendasar dalam memindahkan gigi cukuplah mudah, namun harus dilakukan dengan benar setiap kali Anda memindahkan gigi agar dapat bekerja dengan benar.

  • Lepaskan kaki kanan dari pedal gas. Anda tidak boleh menekan pedal gas sebelum memindahkan gigi.
  • Tekan pedal. Ini akan memisahkan mesin penggerak dari roda penggerak sehingga Anda dapat mengunci geligi dari gigi yang berbeda.
  • Masukkan gigi dengan cara memindahkan tuas persneling ketika Anda masih menekan pedal kopling. Biasanya Anda dapat menambahkan atau menurunkan satu gigi.
  • Lepas pedal kopling. Lepas kaki kiri dari pedal kopling setelah Anda memindahkan gigi.

11.  Tambahkan gas pada gigi satu hingga mencapai antara 3000 hingga 4000 rpm. Setelah itu, lepas pedal gas, tekan pedal kopling, dan pindahkan tuas persneling ke gigi dua ketika kaki Anda masih menekan pedal kopling. Gigi dua biasanya terletak di bawah gigi satu.

12.  Saat gigi sudah masuk, lepas pedal kopling. Meletakkan kaki di atas pedal kopling akan menyebabkan tekanan yang tidak perlu sehingga tuas kopling cepat aus.

13.  Untuk menghentikan mobil, lepas kaki Anda dari pedal gas dan tekan pedal rem. Jika mobil sudah mulai terasa bergetar, tekan pedal kopling. Ketika mobil mencapai kecepatan di bawah 16 km/jam, Anda bisa memindahkan gigi ke posisi netral dan mengangkat kaki kiri dari pedal kopling sambil menekan pedal gas.

Anda bisa membaca cara penggunaannya pada buku panduan pemilik yang ada di kendaraan anda. Selamat berkendara ya.

(Mitha Purnama Dewi)

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia