LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Trik Mudah Berkendara Irit BBM Pakai Toyota Avanza

 

Auto2000.co.id – Memiliki mobil yang irit bahan bakar, tentu menjadi dambaan setiap orang. Dengan suplai bensin yang efisien, otomatis pengeluaran biaya operasional harian jadi bisa lebih murah.

Kebanyakan mobil baru saat ini juga menawarkan iming-iming irit bahan bakar, namun pada praktiknya konsumen banyak yang mengatakan biasa saja atau malah boros.

Anggapan ini perlu dikoreksi, pasalnya faktor efisiensi bahan bakar tidak hanya ditentukan dari teknologi mobil, tapi juga dari gaya berkendara.

BACA JUGA : Ini Cara Cegah Microsleep Saat Mengemudi di Jalan Tol Trans Jawa

Bila konsumen berkendara dengan metode yang irit, kemungkinan untuk menghemat penggunaan bahan bakar bisa lebih memungkinkan dibanding dari gaya berkendara yang agresif atau asal injak pedal gas.

Lantas seperti apa sih gaya berkendara yang hemat BBM itu?

Menjawab pertanyaan ini, Suparman selaku Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso, mengatakan, bila paling utama adalah dengan menjaga RPM alias putaran mesin.

Tentunya dilakukan dengan tidak terlalu berlebihan saat menginjak pedal gas, selain itu juga selalu memperhatikan kecepatan kendaraan dan perpindahan transmisi yang tepat.

BACA JUGA : Waspadalah! Inilah 6 Cara Aman Mengemudi Mobil Saat Musim Hujan

“Dengan menjaga RPM itu jadi patokan awal, usahakan tidak lebih dari 2.500 atau batasi sampai 3.000 rpm saja,” jelas Suparman.

‘Perpindahan transmisi juga perlu diperhatikan, khususnya bagi pengguna transmisi manual, karena bila tidak sesuai yang ada tarikan mesin justru menjadi berat, efeknya pada bahan bakar juga,” katanya beberapa hari lalu.

Namun bagi pengguna Toyota New Avanza atau New Veloz, menerapkan metode berkendara yang efisien sangat mudah dilakukan karena hadirnya fitur eco indicator pada panel instrumen.

Biasanya ditunjukkan dengan logo berbentuk daun dan bertuliskan “eco”. Fitur tersebut bisa dijadikan patokan untuk mendapatkan efisiensi bahan bakar yang lebih maksimal.

BACA JUGA : Ini Alasan Jadwal Servis Berkala Lebih Pas Ditentukan Berdasarkan Waktu

Saat lampu eco indikator menyala, hal tersebut menandakan bila gaya berkendara Anda sudah irit bahan bakar, biasanya fitur ini akan membaca saat berkendara secara konstan pada rpm yang tidak terlalu tinggi atau di bawah 3.000 rpm.

Menurut Suparman, hadirnya fitur eco indikator pada Avanza dan jajaran produk Toyota lainnya, secara tidak langsung juga mengedukasi pengemudi untuk melakukan eco driving. Efek pastinya membuat Anda tidak harus selalu mampir ke pom bensin.

“Bila berkendara mengikuti lampu indicator eco, misalnya untuk Avanza dan Veloz itu bisa mendapatkan angka antara sembilan sampai 11 kpl (kilometer per liter), artinya satu liter untuk sembilan sampai 11 kilometer di dalam kota,” jelas Suparman.

“Sementara di jalan tol dalam kondisi yang relatif tidak terlalu ramai bisa tembus hingga 14 kpl, ini untuk matik ya, kalau manual mungkin bisa lebih,” tutupnya.

Auto2000

Share this article
More News
toyota innova trd
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF