LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Trik Mengemudi Aman Saat Mudik di Jalan Tol untuk Pemula

Pertama kali berkendara dengan mobil alias masih pemula? Tentu akan merasa sedikit gugup dan khawatir jika diharuskan mengendarai mobil di jalan raya, terutama di jalur bebas hambatan atau jalan tol. Jalan tol emang sering kali dianggap sebagai jalur tantangan tersendiri bagi para pengemudi pemula.

Hal ini dikarenakan, tidak jarang kecepatan di atas-rata saat mengendarai mobil di jalan tol. Hal inilah yang menyebabkan kegugupan tersendiri dalam diri para pemula apalagi memutuskan untuk mudik dengan keluarga dengan mobil, ada baiknya untuk simak trik mengemudi aman di jalan tol untuk pemula.

Senang karena progres mengemudi lancar dan stabil. Tegang karena tuntutan bagi para pengemudi untuk berkendara dalam kecepatan yang konstan namun tetap lebih tinggi daripada jalan raya biasa karena karakter jalan tol yang bebas hambatan.

Nah, lantas bagaimana sih cara mengemudi yang aman dan benar ketika melewati jalur tol? Maka dari itu simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Perhitungan Jarak Aman

Perhitungkan dan jaga jarak aman kendaraan Anda. Selain karena menjadi suatu keharusan dan dipatuhi bagi setiap pengendara, hal ini guna keselamatan dan kenyamanan berkendara Anda maupun orang lain. Jarak aman berkendara adalah sekitar 10-20 meter, atau jarak selisih waktu dengan kendaraan di depan Anda 3 detik.

2. Fokus dan Konsentrasi Penuh

Seringkali bosan dan mengantuk menyerang para pengendara di jalan tol karena karakteristik yang lurus dengan kecepatan konstan yang harus dipenuhi. Kurangnya fokus dan konsentrasi karena rasa kantuk sangat beresiko bagi Anda maupun pengendara lainnya. Jika kantuk dan bosan menyerang, minum air putih atau mendengarkan musik untuk mengalihkan.

3. Gunakan Jalur Lambat

Apabila Anda kurang merasa yakin menggunakan jalur cepat tol atau jalur kanan, gunakan jalur lambat untuk kenyamanan diri Anda sendiri dan pengendara lainnya. Pada jalur kiri atau lambat kecepatan rata-rata hanya berkisar antara 60-80 km per jam saja.

Semoga bermanfaat. Selamat berkendara, semoga perjalanan mudik ke kampung halaman nanti aman, nyaman, dan lancar.

(Mitha Purnama Dewi)

Auto2000

Share this article
More News
toyota innova trd
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF