News_7.jpg

Toyota Resmikan Pabrik Kedua di Karawang

Diterbitkan21 Apr 2020

15 Mar 2013

Karawang, Indonesia, 15 Maret 2013 Toyota Motor Corporation (TMC) hari ini meresmikan pabrik Toyota Karawang Kedua yang beroperasi dibawah PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

Pabrik Karawang Kedua berada dilokasi yang sama dan bersebelahan dengan Pabrik Karawang Pertama. Pabrik Karawang Kedua ini akan memproduksi ETIOS VALCO1, city car terbaru Toyota yang didesain khusus untuk pelanggan Indonesia.

Hadir dalam acara peresmian ini, Menteri Perindustrian Republik Indonesia, MS Hidayat, Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Yoshinori Katori, Senior Managing Officer Toyota Motor Corporation (TMC) Jepang, Takahiro Iwase, Presiden Direktur TMMIN, Masahiro Nonami serta Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor, Johnny Darmawan.

Dalam acara peresmian ini Takahiro Iwase menegaskan bahwa Toyota menempatkan Indonesia sebagai basis produksi yang sangat penting yang dibuktikan dengan adanya penigkatan kapasitas produksi di pabrik Karawang. Kami juga berencana untuk menjadikan Indonesia sebagai basis eskpor kendaraan. Pabrik TMMIN Karawang akan memainkan peran yang vital dalam pertumbuhan Toyota secara global di masa mendatang, ujar Iwase dalam sambutannya.

Peresmian pabrik ini menandai babak baru dari komitmen Toyota dalam perkembangan industri otomotif Indonesia. Pabrik baru ini merupakan perpaduan antara kecanggihan teknologi yang ramah lingkungan dan nyaman bagi karyawan serta perwujudan dari ide-ide karyawan lokal, kata Masahiro Nonami.

Pada saat ini kapasitas produksi Pabrik Karawang Kedua adalah 70.000 unit per tahun. Toyota menginvestasikan 3,3 triliun rupiah untuk membangun fasilitas produksi terbarunya ini. Sekitar 1.100 orang tenaga kerja terserap dengan adanya pembangunan pabrik Karawang Kedua. Toyota memiliki rencana untuk meningkatkan kapasitas produksi hingga mencapai 120.000 unit per tahun di awal tahun 2014 mendatang. Dengan demikian total kapasitas produksi Pabrik Karawang Pertama dan Kedua akan menjadi 250.000 unit per tahun2.
Sejak awal pendiriannya di tahun 1971 sebagai distributor, Toyota selalu berupaya untuk dapat memenuhi kebutuhan kendaraan yang sesuai dengan harapan pelanggan di Indonesia selama lebih dari 40 tahun.

Di tahun 2012 lalu, pasar otomotif Indonesia telah menembus angka 1 juta unit untuk pertama kalinya sekaligus mencatatkan pencapaian tertinggi selama sejarah perkembangan otomotif Indonesia. Penjualan Toyota di Indonesia juga tumbuh secara konsisten hingga mencapai angka 400,000 unit. Lebih dari itu, arti penting Indonesia sebagai basis produksi dan pemasok terlihat dari semakin meningkanya angka ekspor Multi Purpose Vehicle (MPV) Kijang Innova dan Sport Utility Vehicle (SUV) Fortuner hingga mencapai 60,000 unit ke berbagai negara di ASEAN dan kawasan Timur Tengah.

Toyota akan terus melakukan pengembangan produk demi memenuhi kepuasan pelanggan Indonesia seiring dengan upaya untuk dapat ambil bagian dari pertumbuhan industi otomotif Indonesia berdasarkan prinsip pendiri Toyota yaitu memberikan kontibusi kepada masyarakat melalui kegiatan manufaktur kendaraan.

Auto2000

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.