TOYOTA MENDOMINASI DALAM AJANG INDONESIA MIDDLE CLASS BRAND CHAMPION
Diterbitkan21 Apr 2020
TIGA PRODUK TOYOTA RAIH PENGHARGAAN
PT Toyota Astra Motor meraih tiga penghargaan bergengsi dalam ajang Indonesia Middle Class Brand Champion Consumer Choice Award 2013. Penghargaan yang didasarkan pada survei Perilaku Kelas Menengah & Score Card Index 2012 yang dilakukan oleh perusahaan riset pemasaran Inventure, yang bekerja sama dengan majalah ekonomi SWA ini menjadi salah satu apresiasi publik atas kualitas produk-produk Toyota.
Ketiga penghargaan yang diterima Toyota adalah Kategori Mobil SUV <1.500cc untuk Toyota Rush, Kategori Sedan Besar >1.500cc untuk Toyota Camry, serta Kategori Mobil MPV <1.500cc untuk Toyota Avanza.
Produk-produk yang mendapatkan penghargaan ini merupakan line up andalan Toyota di masing-masing segmennya. Toyota Avanza, misalnya, hingga saat ini tercatat sebagai kontributor terbesar penjualan.
Sepanjang 2012, Toyota Avanza membukukan penjualan 192.146 unit dengan pangsa pasar 49,4%. Di lain pihak, Toyota Rush menjadi motor penjualan di segmen SUV medium, dengan total penjualan 34.033 unit dan market shares 48,5% pada tahun lalu.
Sementara itu, Toyota Camry menjadi market leader di segmen sedan medium dengan total penjualan 2.744 unit dan pangsa pasar 47,7% pada tahun lalu. Selain membukukan penjualan yang positif, Toyota Camry juga diakui sebagai mobil andalan dengan dinobatkannya sebagai Indonesia Car of The Year 2012 oleh majalah otomotif Mobil Motor.
Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor, Johnny Darmawan, menyebutkan penghargaan yang diraih Toyota kali ini menjadi apresiasi atas produk dan layanan terbaik yang secara kontinu tetap diberikan Toyota bagi pelanggan.
Terima kasih atas feedback positif yang diberikan kepada Toyota. Hal ini menjadi pendorong bagi Toyota untuk terus memberikan produk, teknologi, dan layanan terbaik bagi pelanggan setia, kata Johnny, hari ini.
Penganugerahan Indonesia Middle Class Brand Champion Consumer Choice Award 2013 didasarkan pada hasil riset yang dilakukan oleh perusahaan riset pemasaran Inventure, yang bekerja sama dengan majalah ekonomi SWA. Riset bertajuk Perilaku Kelas Menengah & Score Card Index 2012 tersebut diklaim sebagai survei kelas menengah pertama di Indonesia.
Berdasarkan survei, diperoleh data kualitatif gaya hidup (perilaku) kelas menengah dan peringkat merek-merek terbaik di kelas menengah atau merek-merek pilihan kalangan menengah dan Score Card Index 2012.
Survei ini melibatkan 2.510 responden dari sembilan kota besar di Indonesia. Responden yang ikut terdiri dari 47% pria dan 53% wanita, dengan rentang usia 20-54 tahun, serta mempunyai pengeluaran rumah tangga berkisar Rp4-17 juta/bulan.
Penghargaa ini melengkapi deretan penghargaan yang diterima Toyota sepanjang tahun ini. Mengawali tahun, Toyota berhasil meraih penghargaan bergengsi Top Brand Award dari Frontier Consulting Group yang bekerja sama dengan majalah Marketing.
Top Brand Award 2013 diraih Toyota Avanza, Toyota Kijang Innova, dan Toyota Yaris. Toyota Avanza dan Toyota Kijang Innova berhasil merajai kategori Multi Purpose Vehicle (MPV), sedangkan Toyota Yaris berhasil berkibar pada kategori City Car.
Auto2000
Promo Terkait
Lihat semuaArtikel Lainnya
Lihat semuaShare With:
AUTO2000 DIGIROOM
Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.