100kb_Event_46_Article_Image_200311.jpg

Toyota Indonesia: Harmonisasi Bisnis dan Pelestarian Lingkungan

Diterbitkan21 Apr 2020

10 Jul 2009

Jakarta Sejalan dengan meningkatnya kebutuhan dan kepedulian terhadap Lingkungan terkait dengan Pemanasan Global yang berakibat langsung pada perubahan iklim yang akhir-akhir ini dapat dirasakan secara langsung, serta mengisi bulan Lingkungan Sedunia yang jatuh pada bulan Juni setiap tahunnya, PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mengadakan Kampanye Lingkungan 2009 (Environment Campaign 2009) yang berlangsung sepanjang tahun 2009. Sebagai aktivitas pembuka, pada tanggal 2 Juni 2009, serentak di seluruh area kerja PT. TMMIN (Head Office, Sunter 1, Sunter 2 dan Karawang) diadakan tatap muka antara jajaran top management dengan seluruh karyawan untuk mendeklarasikan komitmen yang mengangkat tema Prevent Global Warming through Energy Saving and Plantation (Mencegah Pemanasan Global dengan Hemat Energi dan Penanaman Pohon).

Adapun kegiatan-kegiatan lingkungan yang akan diusung tahun ini terdiri dari Green Employee, Green Family dan Green Factory.

  • Green Employee: Membangun pola pikir hemat energi dalam melakukan aktivitas sehari-hari, dimulai dari diri kita sendiri
  • Green Family: Aktivitas untuk melakukan hemat energi bagi karyawan beserta keluarganya di rumah
  • Green Factory/Green Office: Melakukan aktivitas hemat energi dan penanaman pohon sebanyak 1.000 pohon dilingkungan kerja.

Kegiatan-kegiatan tersebut sebenarnya merupakan lanjutan dari kegiatan kampanye yang dilaksanakan sejak tahun lalu; diantaranya pembagian pohon sebanyak 6.500 kepada seluruh karyawan sebagai wujud kepedulian perusahaan terhadap kegiatan penghijauan dirumah karyawan dalam rangka usaha pencegahan dan mengurangi pemanasan global. Tahun ini, penghijauan akan difokuskan pada lingkungan kerja dengan membagikan 1.000 pohon untuk seluruh area kerja.

Selain itu masih ada juga kegiatan hemat energi di lingkungan kerja yang berlanjut dari kegiatan tahun lalu, yaitu Eco Workplace. Tahun ini, pabrik-pabrik Toyota Indonesia akan berkompetisi untuk menjadi yang terhemat dalam konsumsi energi. Para pemenang akan diberikan penghargaan dari pucuk pimpinan Toyota Indonesia.

Dari sisi manajemen, Toyota Indonesia telah menjalankan berbagai aktivitas dalam upaya mencegah pemanasan global dengan mengurangi emisi CO2. Di pabrik-pabrik PT. TMMIN pengunaan bahan bakar solar untuk peralatan produksi telah diganti menjadi gas alam.

Melengkapi program kampanye lingkungan, diselenggarakan pula talkshow yang menghadirkan keynote speaker pakar lingkungan Prof Dr Emil Salim dan Deputi VII Kementerian Lingkungan Hidup, Drs. Sudaryono. Dalam talkshow tersebut, kedua pembicara membawakan materi bagaimana upaya menyelaraskan bisnis dengan kelestarian lingkungan di tengah isu Global Warming yang kini menjadi perhatian seluruh warga dunia. Kegiatan ini baik sekali dilakukan, tapi jangan berhenti sampai di sini. Implementasinya harus dilaksanakan dengan baik. Demikian komentar Prof. Emil seusai memberikan materinya.

Keseluruhan upaya pelestarian lingkungan yang dirangkum dalam bentuk program Environment Campaign ini merupakan wujud komitmen Toyota dalam menjaga harminisasi bisnis dan kelestarian lingkungan demi bumi yang lebih hijau.

Sumber:Toyota-Astra Motor

Auto2000

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.