Toyota Astra Motor Berhasil Bukukan Total Penjualan 321.818 Unit Sepanjang 2015"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

*Harga yang tertera mengikuti wilayah DKI Jakarta

Toyota Astra Motor Berhasil Bukukan Total Penjualan 321.818 Unit Sepanjang 2015

"

Jakarta – PT Toyota-Astra Motor (TAM) berhasil mempertahankan posisinya sebagai market leader di tengah lesunya pasar otomotif nasional dan persaingan yang semakin ketat sepanjang 2015. TAM mencatatkan total penjualan whole sales sebanyak 321.818 unit dengan market share 31,8%.

“Kami berterimakasih kepada pelanggan, meski sama-sama menghadapi situasi perekonomian yang kurang mengembirakan, kepercayaan mereka terhadap Toyota masih sangat kuat sehingga kami bisa mempertahankan posisi sebagai market leader dengan pangsa pasar sesuai target dan masih sangat mengembirakan,” kata Vice President Director TAM, Henry Tanoto, hari ini.

Menurut Henry tahun 2015 merupakan periode yang berat bagi industri otomotif nasional. Hal itu terlihat dari pencapaian market secara total di mana penjualan mobil sepanjang 2015 merupakan yang terendah dalam 4 tahun terakhir atau sejak 2012.

Berdasarkan data Gaikindo, pada 2012 untuk pertama kalinya pasar otomotif nasional berhasil menembus angka 1 juta yaitu mencapai 1,116 juta unit kemudian naik menjadi 1,229 juta unit pada 2013 dan 1,208 juta unit pada 2014.

Dinamika perekonomian global seperti penurunan berbagai harga komoditas termasuk minyak bumi serta fluktuasi di pasar finansial berdampak kurang menguntungkan terhadap Indonesia, sehingga pertumbuhan perekonomian nasional terganggu. Kondisi ini mempengaruhi hampir semua sektor industri, tak terkecuali otomotif.

Namun demikian, kepercayaan sebagian besar masyarakat yang masih cukup kuat, berhasil menahan penurunan pasar otomotif tidak terlalu dalam. Ini terlihat dari data penjualan otomotif nasional yang sempat menyentuh angka terendah pada Juli ke level 55 ribu dan secara meyakinkan kembali naik sampai 73 ribu pada Desember lalu.

Sementara itu, dari data pasar ritel penjualan TAM di segmen kendaraan penumpang mencapai 310.314 unit, sehingga menempatkan pangsa pasar Toyota di posisi 41,2% dari total penjualan segmen kendaraan penumpang secara nasional.

Pada penjualan ritel, kontribusi terbesar dari segmen kendaraan Multy Purpose Vehicle (MPV) dengan total penjualan mencapai 181.730 unit dengan pangsa pasar 48,7%.  Di segmen ini, Toyota Avanza berhasil mempertahankan posisinya sebagai mobil terlaris dengan angka penjualan 133.153 unit.

Dengan angka penjualan tersebut, Toyota Avanza berhasil menguasai 45,7% penjualan di segmen low MPV. Khusus di Desember 2015, Toyota Avanza bahkan mencatatkan angka penjualan ritel hampir 16.000 unit, yang merupakan penjualan tertinggi MPV tersebut sepanjang 2015.

Sementara itu, Toyota Innova juga menjadi backbone lainnya di segmen MPV dengan total penjualan ritel 45.411 unit dan menguasai pangsa pasar 87,1% dari total penjualan di segmen medium MPV. Sejak diluncurkan pada 23 November hingga akhir Desember 2015, All New Kijang Innova mampu membukukan SPK hampir 13.000 unit.

Masih dari penjualan ritel, di segmen luxury MPV, angka penjulan Toyota Alphard tercatat mengalami pertumbuhan sangat signifikan menjadi 2.673 unit dengan pangsa pasar 83,5% dan di segmen high MPV Toyota NAV1 membukukan penjualan 493 unit dengan pangsa pasar 10,9%.

Sementara itu, di segmen Hatchback, total penjualan Toyota tercatat 80.700 unit yang berasal dari penjualan Agya, Etios, dan Yaris yang berhasil menjadi andalan Toyota di segmen masing-masing.

Toyota Agya berhasil mempertahankan posisinya sebagai mobil terlaris di segmen entry Hatchback dengan angka penjualan 56.583 unit sehingga memberikan kontribusi sekitar 38,8% terhadap pasar mobil Low Cost Green Car (LCGC) yang menjadi program pengembangan industri otomotif nasional oleh pemerintah.

Adapun Toyota Yaris menjadi mobil dengan penjualan mobil tertinggi di segmen medium Hatchback dengan angka 18.372 unit dengan pangsa pasar 39,1%. Sementara penjualan Toyota Etios tercatat 5.745 unit dengan pangsa pasar 16,5%.

Untuk segmen Sport Utility Vehicle (SUV) total penjualan mencapai 38.178 unit dengan pangsa pasar 29,4%. Angka ini berasal dari penjualan Rush dan Fortuner masing-masing sebanyak 26.422 unit dan 11.756 unit.

Di segmen Sedan, TAM membukukan total penjualan ritel 8.802 unit dengan pangsa pasar  51,1%. Di segmen entry Sedan, angka penjualan Toyota Vios sebesar 1.510 unit dan Limo 4.569 unit berhasil menguasai pasar sedan private dan public dengan pangsa pasar masing-masing 44,5% dan 96,7%.

Di lain pihak, di segmen low Sedan penjualan Toyota Corolla Altis tercatat sebanyak 1.239 unit dengan market shares 58,7% dan sedan medium Toyota Camry 1.419 unit dengan market shares 58,4%.

Henry mengakui, hasil yang diraih selama 2015 tersebut juga tidak lepas dari upaya Toyota mengimplementasikan semangat Let’s Go Beyond baik dari segi teknologi, produk, maupun layanan. Semangat ini mendasari komitmen TAM untuk senantiasa memberikan produk dan layanan  yang mampu melebihi ekspektasi konsumen.

Selain Beyond Technology dan Beyond Product untuk produk-produk baru yang diluncurkan, TAM juga menegaskan komitmennya untuk memberikan kualitas layanan yang lebih baik melalui semangat Beyond Service.

“Dengan semangat Let’s Go Beyond, TAM ingin memberikan kepuasan yang lebih tinggi kepada pelanggan atas produk-produk Toyota, melalui teknologi terbaru dan model terbaru, serta memperluas jaringan aftersales kami dengan kualitas yang lebih baik melalui layanan Toyota Mobile Service dan Express Maintenance,” tutur Henry.

PROYEKSI PASAR OTOMOTIF DI TAHUN 2016

Mengenai proyeksi pasar otomotif 2016 ini, menurut Henry meski tidak terlalu optimis kondisinya diharapkan dapat lebih baik dibandingkan dengan 2015 lalu. Dampak positif sejumlah paket kebijakan deregulasi yang dilakukan pemerintah sepanjang 2015 lalu diharapkan akan lebih terasa pada 2016 sehingga perekonomian nasional akan lebih dinamis.

Kebijakan pemerintah menurunkan harga BBM dan langkah mempercepat lelang proyek untuk mempercepat realisasi belanja pemerintah (APBN) diharapkan juga akan memberi dampak positif terhadap upaya mendorong pertumbuhan ekonomi.

“Memang kita tidak dapat terlalu optimis, namun proyeksi berbagai pihak menunjukkan angka pertumbuhan ekonomi 2016 bisa sedikit lebih baik dibandingkan dengan 2015,” tuturnya.

Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) memperkirakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2016 ini dapat mencapai 5,5% yang antara lain didukung oleh membaiknya emerging market di pasar global dan reformasi ekonomi di dalam negeri.

Tidak berbeda jauh dengan APINDO, Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) memperkirakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia 2016 bisa mencapai 5%.

Lembaga ini melihat, sektor konsumsi akan mengalami peningkatan dan akan menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi nasional beserta sejumlah realiasi proyek investasi swasta dan belanja pemerintah.

Untuk perekonomian global, Bank Dunia memperkirakan, angka pertumbuhan dapat mencapai 2,4% dengan penurunan pertumbuhan ekonomi China sebagai salah satu faktor penentu.

“Berdasarkan berbagai perkiraan yang ada, termasuk dari Gaikindo, kami berharap penjualan otomotif 2016 bisa sedikit lebih baik dan kami berharap dapat mempertahankan posisi sebagai pemimpin pasar otomotif,” tuturnya.

Auto2000

"
Share this article
Promosi Lainnya
Promo - Deal Cermat
Berita bahagia di bulan Februari! Sekarang AutoFamily bisa mendapatkan banyak kemudahan untuk punya mobil Toyota terbaru loh.

Melalui paket DEAL CERMAT Anda bisa mendapatkan mobil baru Toyota dengan pilihan DP 20%, 25%, 30%, atau 40% serta tenor hingga 4 tahun khusus model Innova dan Fortuner!

Selain itu, setiap pembelian melalui program DEAL CERMAT Anda juga akan mendapatkan cashback trade in senilai 5 JT rupiah untuk AutoFamily yang melakukan trade in mobil lamanya. Selain itu harga jual mobil Anda akan dijamin di awal pembelian! Promo ini berlaku khusus untuk AutoFamily yang bertempat tinggal di wilayah JABODETABEK dan Medan.

Tunggu apa lagi? Yuk isi formulir di bawah ini untuk ikutan promonya.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.

01 Februari 2021
Promo Beli Mobil Toyota, GRATIS UVC Lamp + Emoney 500rb
Menyambut tahun yang baru, tentu makin banyak kesempatan baru dengan beragam keuntungannya. Yuk jangan ketinggalan promo PADUKA, promo Auto2000 Dua Kali Untungnya!

Melalui penawaran ini, untuk AutoFamily yang melakukan pembelian mobil baru melalui Auto2000 Digiroom akan mendapatkan hadiah langsung berupa Phillips UV Light Disenfectant Lamp dan juga tambahan hadiah berupa uang elektronik 500 ribu rupiah khusus untuk Anda yang melakukan pembelian dengan kredit melalui Digiroom.

Ayo sambut tahun yang baru dengan semangat yang baru juga. Jangan lupa untuk tetap jaga kesehatan dan kebersihan untuk melindungi diri Anda dan orang orang yang Anda cintai.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.

14 Januari 2021
Promo - Kilau Sempurna
AutoFamily pasti pernah berandai-andai kan gimana caranya ya mobil Toyota kesayangan bisa terlihat seperti baru lagi? Tenang saja, Auto2000 punya solusinya!

Yuk ikutan program Kilau Sempurna Toyotaku, dijamin bakal bikin mobil Toyota Anda berkilau seperti baru lagi!

Melalui program ini AutoFamily bisa mendapatkan potongan harga jasa perbaikan bodi sebesar 300 ribu rupiah! Potongan ini bisa Anda dapatkan melalui perbaikan dan perawatan bodi kendaraan dengan transaksi minimal 1,5 juta rupiah dan untuk customer yang memegang asuransi dengan minimum jumlah claim sebesar 3,5 juta rupiah. Pembayarannya bisa menggunakan Cicilan 0% loh!

Anda juga berhak untuk mendapatkan potongan 5% untuk ratusan spare parts pilihan! Semakin mudah untuk memperoleh kembali kilau sempurna mobil Toyota kesayangan Anda kan?

Caranya mudah, AutoFamily hanya perlu menggunakan kode promo KILAU300 pada halaman check out untuk nikmati potongan harganya.

Promo ini hanya berlaku sampai 30 April 2021 ya. Yuk ikutan sekarang agar mobil Toyota Anda terlihat seperti baru lagi!

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.

03 November 2020
Promo - SPONTAN
Ikutan promo Paket SPONTAN yuk! SPONTAN atau Siaga Kupon Perawatan merupakan program yang menyediakan paket servis berkala dengan harga spesial khusus untuk AutoFamily!

Jika AutoFamily membeli paket servis ini, Anda bisa menghemat sampai dengan 34% dari biaya servis berkala Anda secara total loh! Paket servis ini juga tidak akan berpengaruh pada kenaikan biaya jasa servis maupun spareparts yg di butuhkan. Semakin hemat kan?

Berikut pilihan paket SPONTAN yang bisa AutoFamily pilih:


- SPONTAN A / 1,5 Tahun: 2x Servis Berkala Kecil mulai dari 1.8 juta*
- SPONTAN B / 1,5 Tahun: 1x Servis Berkala Kecil mulai dari 2.4 juta*
- SPONTAN C / 3 Tahun: 3x Servis Berkala Kecil dan 1x Servis Berkala Besar mulai dari 3.8 juta

Paket ini bisa AutoFamily dapatkan melalui website dan aplikasi Auto2000 Digiroom dengan menggunakan kode promo SPONTANHEMAT pada halaman check out. Paket SPONTAN bisa Anda dapatkan khususnya untuk kendaraan yang sudah tidak memiliki kuota Free Service atau sudah berada di atas 50.000km. Khusus untuk 20 pembeli pertama melalui Auto2000 Digiroom, Anda juga akan mendapatkan Free Die Cast loh!

Makin penasaran dengan promonya? Yuk klik Log In dan Beli Sekarang untuk nikmati hematnya servis menggunakan Paket SPONTAN!
10 September 2020
More News
toyota innova trd
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF