Tips Ringan Cara Merawat Sunroof dan Panoramic Roof Toyota"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Tips Ringan Cara Merawat Sunroof dan Panoramic Roof Toyota

"

Auto2000.co.id – Saat ini sunroof dan panoramic roof sudah menjadi fitur standar bagi sebagian mobil menengah ke atas. Selain melambangkan kemewahan, hadirnya kedua fitur ini membuat suasana interior menjadi lebih lapang dengan atap kaca.

Meski demikian, fitur ini sebenarnya tak boleh lepas dari perawatan. Mengingat fungsinya yang menggantikan atap solid dengan kaca, maka bila tak mendapat perawatan akan membuat kaca tampak kusam.

Menurut Suparman, Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso, ada beberapa sektor yang harus diperhatikan untuk mobil yang pakai sunroof dan panoramic roof. Mulai dari kaca, karet-karet sil pada bagian sisi, sampai kebersihannya.

“Perawatan kaca ini penting dilakukan seperti halnya kaca pada umumnya, fungsinya agar terhindari dari jamur yang bisa bikin kusam. Untuk karet, harus dicek kondisinya, jangan sampai getas yang bisa bikin bocor,” ujarnya.

BACA JUGA : Gunung Tangkuban Perahu Erupsi, Waspadai 6 Bagian Mobil Ini Agar Tidak Rusak

Menurut Suparman, untuk kebersihan kaca panoramic roof atau sunroof bisa dilakukan layakanya membersihkan kaca depan mobil. Pilih cairan yang tidak banyak mengandung zat kimia, dan usahakan minimal satu minggu sekali dibersihkan.

Sementara untuk menjaga keawetan karet-karet sil, pemilik mobil juga harus rajin menyingkirkan debu yang mengendap pada bagian sisi. Pastikan kondisi karet tak mengeras karena terlalu sering terpapar sinar matahari.

Karena bila sudah demikian, maka karet akan mudah getas dan harus diganti. Untuk bentuk perawatannya, pemilik bisa menyemprotkan permukaan karet dengan cairan silikon.

BACA JUGA : Musuh Bodi Mobil Yang Bikin Kotor dan Cara Membersihkannya

“Rutinnya bisa dilakukan satu minggu sekali, jangan malas agar komponen bisa lebih awet digunaan,” jelas Suparna.

“Selain kedua komponen tadi, khusus yang menggunakan sunroof juga harus memperhatikan kondisi motor dan rel untuk membuka tutupnya, biasanya karena jarang digunakan bisa macet karena ada karat dan lain-lain,” kata Suparna.

Suparna menganjurkan pemilik mobil untuk sering menyemprotkan cairan anti kotoran dan korosi seperti penetran pada bagian rel.

Selain itu jangan malas untuk sesekali mengaktifkan sunroof agar motor elektrik bisa bergerak sehingga tidak menimbulkan kemacetan ketika digunakan.

Auto2000

"
Share this article
Tanya Tasia